Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 21 Juni 2017

Ini Dia Cara Mudah Dalam Membersihkan Radiator Mobil

Ini Dia Cara Mudah Dalam Membersihkan Radiator Mobil

Tidak hanya oli saja yang rutin kita periksa dalam merawat mobil, air radiator juga perlu sering kita lihat karena air radiator sangat penting dalam menjaga panasnya mesin. Seringkali kita malas memeriksa air radiator pada mobil kita, padahal ini sangatlah penting untuk menghindari terjadinya berbagai gejala kerusakan pada mesin mobil.

Selain rutin memeriksa air radiatornya, sobat otomo juga perlu memperhatikan kebersihan radiatornya sendiri agar tetap bersih. Sobat otomo mungkin tidak perlu repot-repot lagi ke bengkel, karena membersihkan radiator bukanlah pekerjaan yang berat dan bisa sobat otomo lakukan sendiri koq. Hitung-hitung menghemat biaya pengeluaran juga kan, hehehehe.

Mungkin sobat otomo sudah memahami apa itu radiator serta bagian-bagiannya seperti tangki atas (upper tank), tangki bawah (lower water tank), dan juga inti radiator atau core tank. Dalam membersihkan radiator, ada baiknya jika sobat otomo memakai air yang khusus untuk radiator, misalnya seperti radiator coolant. Menggunakan air biasa juga bagus dalam membersihkan radiator mobil, hanya saja akan lebih baik jika sobat otomo menggunakan air yang khusus.

Cara Mudah Membersihkan Radiator Mobil

1. Pastikan Mesin Mobil Sudah Tidak Panas
Hal pertama yang perlu sobat otomo lakukan sebelum membersihkan radiator adalah memastikan mesin mobil dalam keadaan mati. Hal ini sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena sangat berbahaya jika sobat otomo melakukannya dalam kondisi mesin masih panas.

2. Membuang Air Pada Radiator
Untuk membuang atau menguras air dalam radiator, sobat otomo bisa memutar kran yang terletak dibawah tangkinya. Atau bisa juga dengan menggunakan selang dibagian bawah, tapi terlebih dahulu sobat otomo harus melepaskan selang dari aliran yang menuju ke mesin mobil. Pastikan semua air sudah terkuras habis dalam radiator.

3. Bersihkan Selang Air Radiator
Langkah selanjutnya yang perlu sobat otomo lakukan adalah membersihkan selangnya. Sobat otomo ambil selang yang arahnya menuju mesin kemudian bersihkan dengan cara menyemprotkan air kedalam selang. Pastikan selang benar-benar bersih dan tidak ada sisa kerak yang tertinggal.

Baca Juga : 5 Mobil Antik Paling Mahal di Dunia

4. Bersihkan Bagian Inti Radiator
Dalam membersihkan bagian inti pada radiator, sobat otomo juga bisa menggunakan air galon. Tapi akan lebih baik jika sobat otomo memiliki air yang khusus seperti radiator coolant. Hindari penggunaan air yang mengandung kapur yang terlalu tinggi seperti air kran atau air dari sumur.

5. Menyalakan Mesin Untuk Menguras Air Radiator
Setelah mengisi air radiator menggunakan air khusus atau air galon, pasang kembali tutup tangki kemudian nyalakan mesin kurang lebih 15 menit. Perhatikan thermostat dan pastikan naik hingga ke posisi setengah. Setelah semua air terkuras habis, matikan kembali mesin dan sobat otomo bisa bersantai sejenak hingga mesin mobil sudah dingin.

6. Mengulangi Pembersihan
Jika mesin sudah dingin, isi kembali radiator dengan air galon atau air khusus sampai penuh, jangan lupa untuk menutup rapat menutup tangkinya. Kuras kembali air dalam radiator sampai habis dengan menyalakan mesin kembali. Hal seperti ini bisa sobat otomo ulangi sampai dua kali untuk mendapatkan hasil yang benar-benar bersih.

7. Memasang Selang Dan Tutup Kran Kembali
Setelah selesai membersihkan radiator dan tentu saja selalu sobat otomo pastikan mesin sudah dingin, pasang selang kembali dan juga kran harus ditutup kembali. Seperti yang saya katakan diatas tadi, untuk mengisi air radiator hingga penuh kembali, sebaiknya menggunakan air khusus seperti radiator coolant atau setidaknya air galon.

Itu dia sobat otomo cara mudah yang bisa sobat otomo lakukan dalam membersihkan radiator mobil. Cara mudah ini sangat sederhana dan sobat otomo tidak perlu repot lagi membawa mobil ke bengkel, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar