Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 07 Juni 2017

Matic Ngebut? Ini Tips Motor AutoMatic Kencang Tanpa Bore Up

Dunia Otomotif - Ada yang bilang kalau sepeda motor matic itu sangat mudah untuk dimodifikasi, ini tergantung dari tingkat pengetahuan anda untuk merombak sepeda motor. Sepeda Motor Auto-matic memerlukan tindakan khusus, sehingga tidak boleh asal-asalan melakukan modifikasi, apalagi buat biker yang ingin buat motor matic-nya semakin ngebut dan kencang.

Motor Matic Cepat tanpa BoreUP
Motor Matic Cepat tanpa BoreUP

Ok mungkin sebagian kita ada yang memiliki sepeda matic ini dan saat ini merasakan ada penurunan kecepatan alias matic sobat biker menjadi lambat. Nah pada artikel ini kita akan mengupas tips dan triknya, khususnya buat yang punya motor matic lambat dan tak bertenaga, apalagi pas ditanjakan dan berboncengan, emang bisa membuat sepeda motor matic lebih cepat dan lebih bertenaga di segala kondisi jalan ? Ya bisalah, karna sudah banyak yang membuktikan cara ini sangat efektif.

Tips dan trik Agar Motor Automatic anda Lebih Kencang

Tips ini khusus bagi Anda yang bertekad untuk memperbaharui kecepatan motor matik supaya lebih kencang dan bisa menyaingi motor standar sekelasnya, Tips dan trik berikut ini cukup aman untuk diterapkan pada matic biker, apalagi tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam dan juga tanpa perlu melakukan bore up. Cara sederhana dan mudah dengan beberapa setingan juga sedikit penggantian pada beberapa bagian kecil komponen pada motor matic yang dirasa lambat.

1. Matic dengan Roller Weight yang lebih Ringan dari Standart

Bagian atau komponen ini tepatnya berada di balik puli depan dan biasanya ada 6 buah. Adapun Berat standart Roller Weight Motor Matic adalah sekitar 10,6 gram, Nah bayangkan jikalau Roller ini kita ganti dengan bobot yang lebih ringan dari standar, tentu saja efek akselerasi di putaran bawah jadi lebih ringan bukan? Nah kalau ingin mendapatkan akselerasi atas lebih cepat, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan keinginan saja. Saat ini Roller Weight banyak dipasaran otomotif / bengkel / shorum motor. Tersedia dengan bobot 5-12 gram, harga setiap satu roller weight matic ini sangat murah yaitu sekitar 15ribuan saja.

Mengurangi bobot roller merupakan upaya untuk menyelaraskan setingan peningkatan performa non bore-up yang susah dibuat. Dengan catatan jangan juga anda terlalu banyak menurunkan bobot roller weight ini, disarankan maximal cukuplah sekitar 2 gr dari roller stadart motor matic anda.

2. Optimalisasi Primary Sliding Shave atau Rumah Roller

Masih terkait dengan komponen pertama tadi, Komponen PSS matic ini juga merupakan tempat dari roller, Adapun cara untuk ptimalisasi bisa dilakukan dengan cara menghaluskan alur dari roller weight dmenggunakan amplas. Setelah itu dipoles menggunakan autosol, sehingga hasilnya adalah alur Roller akan menjadi licin.

Adapun hasilnya setelah melakukan cara ini adalah komponen Roller lebih mudah terlempar, dan kembali menghasilkan akselerasi menjadi lebih ringan. Oh ya beberapa review menyebutkan kalau "Kitaco" adalah merek yang bagus dan praktis dimana satu paket produk ini berisikan puli beserta 2 macam bobot roller(7,5 gram dan 10 gram).

3. Menggunakan Noken AS Racing pada Motor Matic Anda

Sebagaimana disarankan oleh teknisi bahwa seharusnya tutup klep disesuaikan. Sebagai solusi untuk hal ini dapat menerapkan langkah dan cara yang paling sederhana saja yaitu dengan mengganti noken as standar dengan racing.

Catatan: mengganti noken as standar dengan racing bisa diterapkan bagi yang menggunakan motor matic jenis Yamaha Mio saja. Sedangkan bagi yang menggunkan motor jenis Honda Beat, cara yang cukup ampuh hanya denganmenyetel ulang kerenggangan klep saja sudah cukup. Caranya, dengan fuller gauge, setting ulang klep inlet pada angka 0,15-0,20 mm... dan bagian exhaust dibikin lebih rapat (0,07-0,1 mm).

4. Gunakan belt dengan endurance tinggi ( tidak mudah kendur )

Tips agar motor automatic cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan komponen belt yang memiliki endurance tinggi juga tidak mudah slip atau kendur. Dengan begitu diharapkan bisa mengurangi power lost. Adapun Harga Belt aftermarket yang beredar dipasar saat ini masih sekitar 70rb hingga 250rb saja. Dengan Cara ini diyakini akan meningkatkan tenaga motor matic sekitar 5% dan bahan bakar motor anda akan lebih hemat 8-10%.

5. Melakukan Penyesuaian Pada Knalpot Motor Matic

Cara untuk menaikkan performa motor matik dengan metode tanpa bore up ini tidak harus menggunakan knalpot racing loh. lalu bagaimana seharusnya?  nah, ada saran dari teknisi berpengalaman merekomendasikan untuk pembuangan lebih lancar maka knalpot bawaan (standart) motor matic tersebut mesti dimodifikasi lagi. Tapi jika modifikasi knalpot adalah sesuatu yang tidak bisa bagi biker maka bisa juga dengan menggantikan knalpot aftermarket yang standart.

6. Settingan pada Kopling Sentrifugal dan Tromol

Untuk dipahami bahwa cara kerja dari kopling sentrifugal CVT sebenarnya hampir sama dengan sepeda motor bebek pada umumnya, perbedaannya  adalah pada kopling sentrifugal CVT ini oli tidak akan terendam (kering). Bekerja dengan Kampas yang menempel pada tromol lalu berputar berbarengan. Sedangkan tinggi rendahnya RPM agar bisa melempar kampas akan dipengaruhi oleh kekuatan pegas. Khusus pada motor matic Pada mio standar bekerja pada 3.000 rpm,  Nah agar lebih responsif gunakanlah pegas yang kekerasannya lebih rendah dari standart.

7. Meningkatkan Rasio Komprose Motor Matic 

Dengan cara meningkatkan atau menambah rasio kompresi pada motor auto-matik jelas akan menghasilakan kekuatan power matic yang meningkat. Ketika gas dibuka peningkatan yang perbandingan kompresinya telah naik akan terasa dari RPM bawah sampai atas. Oleh sebab itu khusus motor Jenis Yahama Mio yang memiliki komponen piston yang berbentuk cekung, untuk meningkatkan kompresinya bisa dengan cara melakukan papas silinder head.

Berapa peningkatan yang diperlukan? Yang wajar saja dan tidak usah berlebihan,  cukup 1 - 1,5 mm saja disetiap hari. Namun berbeda dengan motor matic jenis Honda Beat dimana proses untuk meningkatkan rasio kompesinya bisa denagn mengganti piston saja. Misalkan cara sederhan nya cukup hanya dengan memasukan piston Honda Vario yang berukuran jenong.

Nah jadi itulah beberapa tips dan trik cara untuk mengubah motor matic lambat Anda menjadi lebih cepat proses tanpa bore up. Aar mendapatkan hasil maximal maka direkomendasikan untuk mengukiti dan mempraktekkannya langsung pada motor matic anda. Semoga tips ini bermanfaat bagi bikers semuanya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar