Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Minggu, 02 Juli 2017

Ini Dia 4 Bagian Mobil Yang Bisa di Daur Ulang

Ini Dia 4 Bagian Mobil Yang Bisa di Daur Ulang

Bagian-bagian yang sudah rusak pada mobil biasanya di buang atau menumpuk di bengkel, padahal ada beberapa bagian mobil yang rusak yang bisa bermanfaat dan bisa di daur ulang. Bagian mobil yang rusak memang sudah tidak bisa digunakan tapi bisa di daur ulang menjadi sesuatu yang sangat berguna.

Mungkin sahabat fispol juga sering membuang bagian mobil yang telah rusak atau meninggalkannya begitu saja di bengkel langganan. Tapi kali ini saya akan memberikan informasi mengenai beberapa bagian mobil yang bisa di daur ulang agar dapat bermanfaat.

Bagian Mobil Yang Bisa di Daur Ulang

1. Ban Bekas
Daur Ulang Ban Bekas

Jika sahabat fispol lihat di beberapa bengkel mobil, ada banyak sekali ban bekas yang menumpuk begitu saja. Ban bekas sebenarnya masih bisa di gunakan untuk dijadikan sebagai pot tanaman hias di halaman rumah sahabat fispol.

Bagian dari mobil yang satu ini bahkan bisa digunakan sebagai bahan bakar aspal karet seperti yang dilakukan oleh beberapa negara maju. Ban bekas juga bisa di jadikan sebagai bahan ayunan buat si kecil atau sahabat fispol bisa pergunakan sebagai alat latihan jinjit untuk melatih otot,hehehehe.

2. Oli Bekas
Daur Ulang Oli Bekas

Kebanyakan oli bekas dibuang begitu saja, padahal ada banyak sekali cara yang bisa di lakukan agar oli bekas mobil dapat berguna. Salah satu manfaat oli bekas yaitu bisa digunakan sebagai pelumas rantai motor, atau rail pagar rumah sahabat fispol.

Oli bekas juga bisa digunakan untuk mengobati kudis yang ada pada ternak atau hewan peliharaan. Hanya dengan mengoleskan oli bekas pada kudis ternak, dapat mempercepat kesembuhan kudis pada ternak tersebut. Selain itu oli bekas juga bisa digunakan sebagai bahan bakar pada mesin diesel atau mesin seperti jenset.

Baca Juga : Cara Mudah Membersihkan Radiator Mobil

3. Baterai atau Aki
Daur Ulang Aki Bekas

Bagian ketiga dari mobil yang bisa di daur ulang adalah baterai atau yang kita kenal sebagai aki. Di beberapa negara maju, aki yang sudah rusak atau sudah tidak terpakai biasanya mereka kembalikan ke dealer untuk di daur ulang.

Aki bekas bahkan bisa digunakan atau di ubah menjadi panel surya yang berkualitas. Seperti yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas IMT, yaitu dengan cara memanfaatkan zat perovskite yang terdapat di dalam aki menjadi lapisan panel surya.

4. Kaca Depan Mobil
Daur Ulang Kaca Mobil Bekas

Bagian terakhir dari mobil yang bisa di daur ulang yakni kaca bagian depan. Kaca depan mobil yang sudah rusak atau pecah masih bisa di gunakan sebagai bahan untuk fiberglass. Bahkan banyak yang menggunakan sebagai bahan ubin atau dijadikan menjadi sebuah gelas air minum.

Nah, itu dia 4 bagian mobil yang masih bisa di daur ulang menjadi sesuatu yang berguna. Jadi jika beberapa bagian mobil yang rusak sebaiknya jangan buru-buru di buang begitu saja, karena masih bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang lebih berguna.

2 komentar: