Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 29 Agustus 2017

Cara Mendinginkan Mesin Mobil Yang Terlalu Panas Atau Overheat

Cara Mendinginkan Mesin Mobil Yang Overheat

Cara Mendinginkan Mesin Mobil Yang Overheat - Mendinginkan mesin mobil yang terlalu panas atau overheat merupakan salah satu keterampilan yang wajib di ketahui oleh pengemudi kendaraan roda empat. Ya, tentu ini sangat penting, apalagi jika sedang melakukan perjalanan jarak jauh. Pengemudi harus mampu mengatasi atau mendeteksi masalah-masalah seperti ini, sekaligus juga untuk mengurangi pengeluaran jika harus memanggil mekanik ahli atau mesti bawa ke bengkel.

Sobat otomo mungkin pernah mengalami hal seperti ini? dimana mesin mobil terlalu panas atau overheat dan harus berhenti di tengah jalan. Bagi yang belum mengerti masalah seperti ini mungkin sedikit bingung harus di apain ini mobil. Nah, mudah-mudahan dengan membaca artikel ini sampai akhir, sobat otomo sudah tidak khawatir lagi jika suatu saat mengalami hal seperti ini.

Baca Juga : Cara Mudah Membersihkan Radiator Mobil

Mesin mobil yang terlalu panas atau overheat merupakan kondisi di saat suhu mesin mobil terlalu tinggi melebihi suhu normal mobil tersebut. Biasanya terjadi jika kita melakukan perjalanan jauh, atau mesin nyala selama ber jam-jam. Mesin mobil juga butuh istrahat loh sobat otomo hehehehe, mungkin itu sebabnya di sediain rest area ( tempat istrahat ) di setiap berapa puluh kilo meter perjalanan. Tidak hanya mesin mobil juga sih yang butuh istrahat, pengemudinya juga harus istrahat agar tetap fit atau tidak ngantuk saat melanjutkan perjalanan.

Ok, langsung saja ya sobat otomo, berikut ini beberapa tips atau langkah awal yang harus sobat otomo lakukan untuk mendinginkan mesin mobil yang terlalu panas atau overheat saat sedang dalam perjalanan ;

1. Berhenti dan Matikan Mesin Mobil
Berhenti di pinggir jalan dan segera mematikan mesin mobil merupakan pilihan yang paling tepat untuk langkah awal mendinginkan mesin mobil yang terlalu panas atau overheat. Mematikan mesin mobil bertujuan untuk menghindari terjadinya kerusakan lainnya pada mesin mobil, agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

2. Buka Kap Mesin
Cara mendinginkan mesin mobil yang overheat selanjutnya adalah segera buka kap mesin mobil. Hal ini bertujuan agar suhu panas dalam kap mesin mobil bisa cepat keluar. Biarkan mesin mobil benar-benar dingin dan sudah bisa di sentuh, biasanya sekitar 30 menit saja sudah bisa di pegang kok. Tapi ingat, disaat mesin mobil masih panas, jangan coba untuk membuka penutup radiator karena bisa melukai tangan kamu.

3. Periksa Tabung Cadangan Air Radiator
Yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah dengan memeriksa tabung cadangan air radiator. Periksa apakah airnya kurang atau tidak, karena jika kurang akan berdampak pada kerusakan mesin. Tambahkan air pendingin sampai pada posisi garis atas. Tapi jika mobil sobat otomo tidak memiliki tabung cadangan, terpaksa deh harus menunggu mesin sampai benar-benar dingin baru bisa membukanya.

4. Periksa Apakah Ada Kebocoran Pada Sistem Pendinginan
Begitu mesin sudah dingin, periksa tangki pendingin. Jika tangki pendingin kosong, kemungkinan telah mengalami kebocoran. Lihatlah sekilas di bawah mobil, jika melihat tetesan atau genangan air, kemungkinan tangki pendinginnya bocor.

Baca Juga : Tips Beli Mobil Bekas Yang Berkualitas

Jika mengalami kebocoran , tutup dengan hati-hati tutup radiator. Letakkan kain di atas tutup radiator untuk melindungi tangan, dan miringkan tutupnya dari kamu karena akan terbuka. Isi kembali radiator yang didinginkan dengan pendingin cadangan atau air. Jangan menuangkan air dingin ke dalam radiator yang masih panas karena bisa menyebabkan blok mesin pecah karena perubahan suhu yang tiba-tiba. Jika Anda benar-benar harus menambahkan air saat mesin masih hangat, tuangkan secara perlahan saja.

Keempat hal di atas yang bisa kamu lakukan untuk mendinginkan mesin mobil yang terlalu panas atau overheat. Tapi jika sobat otomo merasa panasnya berlebihan atau overheating yang parah, usahakan jangan jalankan mobilnya atau jangan di paksakan. Lebih baik minta bantuan terdekat untuk menghindari kerusakan mesin yang lebih parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar