Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 28 Agustus 2017

Tips Beli Mobil Bekas Dengan Harga Murah Dan Kualitas Bagus

Tips Beli Mobil Bekas, Otomo.id - Mobil merupakan salah satu alat trasportasi yang sangat membantu kita dalam beraktivitas, apalagi bagi yang sudah berkeluarga, mobil akan sangat berarti dan sangat berguna. Mobil baru atau mobil bekas sama-sama memiliki fungsi yang sama, perbedaan hanya terlihat pada tampilannya saja. Memiliki mobil bekas dengan harga murah dan kualitas bagus tentu akan sangat membantu sobat otomo, baik itu dalam pekerjaan, bisnis, atau mengajak keluarga berlibur.

Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas

Banyak di antara kita mungkin ragu untuk membeli mobil bekas, karena sering mendengar isu bahwa sesuatu barang bekas itu akan cepat rusak, tidak bertahan lama, dll. Pemikiran seperti ini saya rasa wajar-wajar saja dan manusiawi, apalagi karyawan seperti saya yang pemasukan setiap bulannya tidak seberapa, dan sangat berat jika mengeluarkan uang yang cukup besar dengan barang yang tidak baru.

Nah, jika sobat otomo juga memiliki rasa ragu untuk membeli mobil bekas, berikut saya akan berbagi tips beli mobil bekas dengan harga murah dan kualitas bagus. Dengan mengetahui tips seperti ini mungkin akan membuat kita berani untuk membeli mobil bekas, dan tentunya yang sesuai dengan kantong kita,hehehehe. Untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas memang membutuhkan ketelitian, tidak terburu-buru, agar kita terhindar dari yang namanya kecewa.

Baca Juga : Ini Dia 4 Bagian Mobil Yang Bisa di Daur Ulang

Tips Beli Mobil Bekas

1. Cari Informasi Onlie Ataupun Offline

Tips pertama yang harus sobat otomo lakukan sebelum membeli mobil bekas berkualitas adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya, baik itu secara online, maupun offline. Sekarang ini sudah banyak situs online yang menyediakan mobil bekas, misalnya seperti Olx, Otosia, mobil123, dan masih banyak lagi lainnya. Informasi online seperti ini bisa membantu sobat otomo dalam perbandingan harga, spesifikasi mobil bekas atau kualitasnya.

Tips Beli Mobil Bekas Dengan Harga Murah Dan Kualitas Bagus
Salah satu situs online penjualan mobil bekas : Otosia.com

Secara offline juga kamu bisa menggali informasi dengan banyak membaca majalah yang berisikan otomotif, atau bisa juga dengan sharing sama mekanik yang tentunya ahli dalam bidang mesin mobil. Semua informasi yang kamu dapatkan secara online ataupun offline tersebut akan membantu kamu mengambil keputusan untuk membeli mobil bekas yang kamu mau.

2. Beli Mobil Bekas Dari Orang Pertama

Tips beli mobil bekas selanjutnya yaitu usahakan membelinya dengan orang yang pertama. Yang saya maksud denan orang pertama adalah di jual langsung oleh pemilik mobil bekas tersebut. Membeli mobil bekas dari orang pertama jauh lebih baik jika beli di dealer atau showroom, karena sobat otomo bisa bernegosiasi dan juga bisa mengetahui secara rinci tentang kondisi mobil tersebut dari pemiliknya langsung.

Membeli mobil bekas di showroom memang akan memberikan kamu banyak pilihan, tetapi sobat otomo tidak bisa mengetahui tentang asal mobil tersebut dan kondisi mobil tersebut seperti apa aslinya. Jadi saya sarankan untuk membelinya langsung dari pemilik pertama mobil tersebut, untuk mendapatkan kualitas terbaik dan juga harga yang murah, hehehehe.

3. Jangan Ragu Bertanya Tentang Kondisi Mobil

Dalam membeli mobil bekas tentu sobat otomo ingin mengetahu secara detail bagaimana kondisi fisik mobil bekas tersebut. Dalam hal ini kita mesti mengajukan beberapa pertanyaan kepada pemilik mobil bekas yang akan kita beli. Beberapa pertanyaan tersebut seperti usia mobil, kondisi mesin, dan alasan si pemilik mobil menjualnya.

Selain ke tiga pertanyaan diatas, kamu juga bisa menanyakan apakah mobil tersebut pernah tabrakan atau mengalami kecelakaan, apa ada yang di ganti dari bagian mesinnya, dan juga yang lebih penting adalah kelengkapan surat-surat mobil bekas tersebut.
Baca Juga : Cara Mudah Membersihkan Radiator Mobil

4. Cek Mesin dan Kondisi Fisik Mobil

Nah, setelah mengajukan beberapa pertanyaan kepada pemilik mobil bekas, lakukan juga pengecekan secara langsung tentang kondisi mesin dan kondisi fisik, tentunya dengan minta izin terlebih dahulu kepada pemilik mobil tersebut. Dengan mengetahui secara langsung bagaimana kondisi mesin dan bodi mobil, kamu akan lebih mudah mempertimbangkan apakah mau membelinya atau tidak.

Cek kondisi mesin disini merupakan hal yang sangat penting, karena percuma jika bodi mobil bagus kalau mesin mobil bekas tersebut tidak bagus atau sudah rusak. Jika sobat otomo kurang memahami tentang mesin mobil, bisa juga dengan memanggil teman yang paham betul tentang mesin mobil.

5. Lakuan Uji Coba ( Test Drive )
Tips Beli Mobil Bekas Dengan Harga Murah Dan Kualitas Bagus

Nah setelah puas bertanya kepada pemilik mobil, dan juga telah mengecek kondisi mesin dan kondisi fisik mobil, tips beli mobil bekas selanjutnya adalah dengan minta izin kepada pemilik mobil untuk melakukan uji coba ( test drive ). Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengetahui kondisi tenaga mobil, kondisi rem, dan fungsi fitur mobil lainnya.

Itulah beberapa tips yang bisa sobat otomo terapkan saat hendak membeli mobil bekas yang berkualitas, dengan menerapkan ke lima tips diatas, di jamin kamu akan mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang sangat bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar