Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 25 September 2017

Cara Memperpanjang dan Membuat SIM Online, Terbaru 2017

Cara Memperpanjang dan Membuat SIM Online - Cara memperpanjang SIM online atau membuat SIM online mungkin menjadi kendala bagi sobat otomo yang sibuk dengan pekerjaan. Sebenarnya tidak susah kok untuk memperpanjang atau membuat SIM asal kita memenuhi semua syarat yang diminta dan mengisi semua data dengan benar. Nah, jika sobat otomo terlalu sibuk, sekarang sudah bisa kok membuat SIM online dirumah, atau sekedar memperpanjang SIM secara online.

Cara Memperpanjang dan Membuat SIM Online

Layanan SIM online ini sebenarnya sudah diresmikan oleh Korlantas Polri sejak akhir tahun 2015, tujuannya untuk membantu masyarakat agar lebih mudah dalam pengurusan SIM baru atau dalam hal memperpanjang SIM. Jadi, dengan adanya layanan ini, sobat otomo bisa melakukan pendaftaran SIM online tanpa harus antri lagi di Samsat. Tapi terkadang masyarakat masih mengeluhkan cara memperpanjang dan membuat SIM online ini, karena banyaknya syarat yang diminta oleh Korlantas Polri.

Sebenarnya mengakses layanan SIM online ini sangat mudah kok sobat otomo, cukup menyiapkan semua persyaratan yang diminta dan mengikuti panduannya saja. Namun sebelum itu ada beberapa persyaratan yang perlu sobat otomo siapkan sebelum menggunakan layanan SIM online ini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan dibawah ini.
Baca Juga : Tips Beli Motor Bekas Dengan Sistem Kredit

Syarat Membuat SIM Online

Sebelum kita masuk ke dalam cara membuat SIM online, sobat otomo perlu memahami beberapa syarat yang wajib berikut ini ;

  • Sobat otomo sudah berusia 17 tahun (Untuk SIM A,C, dan SIM D). Sementara untuk SIM B I sobat otomo harus berusia min 20 tahun, dan SIM B II (harus berusia minimal 21 tahun).
  • Untuk SIM A Umum, harus berusia min 20 tahun.
  • Untuk SIM B I Umum berusia min 22 tahun.
  • Untuk SIM B II Umum berusia min 23 tahun.

''Persyaratan usia dalam membuat SIM online tersebut diatas berlaku untuk Warga Negara Indonesia dan juga Warga Negara Asing''

Selain persyaratan usia, syarat selanjutnya yang harus sobat otomo ketahui dalam membuat SIM online yakni bagian administrasi. Syarat administrasi dalam membuat SIM online berupa KTP asli yang masih berlaku atau masih aktiv. Selain itu surat keterangan sehat dari dokter juga perlu sobat otomo siapkan, disini perlu tes kesehatan mata (penglihatan), pendengaran, dan juga kesehatan fisik.

Cara Membuat SIM Online

Setelah sobat otomo mengetahui persyaratan dalam membuat SIM online, sekarang tinggal mengikuti panduan selanjutnya. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya :

1. Cara membuat SIM online pertama yaitu sobat otomo masuk ke website resmi dari Polri, yaitu http://sim.korlantas.polri.go.id. Nanti akan muncul 4 pilihan menu, seperti gambar dibawah ini.
Cara Memperpanjang dan Membuat SIM Online

2. Kemudian pilih menu Pendaftaran SIM Online (akan muncul info pendaftaran). Kemudian klik lanjut untuk pengisian data permohonan, pada pilihan jenis permohonan, pilih SIM BARU. Isi semua data permohonan seperti alamat email yang valid, dan semua data lainnya tanpa terkecuali.
Cara Memperpanjang dan Membuat SIM Online

3. Klik tombol lanjut untuk melanjutkan ke pengisian data pribadi. Data pribadi harus diisi dengan benar dan valid, seperti NIK, jenis kelamin, tanggal lahir, dll. Jika sobat otomo yang Warga Negara Asing, akan muncul tambahan isian data seperti nomor pasport, nomor kitas,dll.
Cara Memperpanjang dan Membuat SIM Online

4. Setelah mengisi semua data pribadi dengan valid, langkah selanjutnya dalam tata cara membuat SIM online adalah dengan klik tombol lanjut untuk mengisi form data keadaan darurat. Data keadaan darurat ini sangat penting jika terjadi keadaan darurat. Isi semua data keadaan darurat dengan benar dan tanpa ada yang di kosongkan.
Cara Memperpanjang dan Membuat SIM Online

5. Setelah itu klik tombol lanjut dan akan tampil konfirmasi data input berupa informasi semua data yang sobat otomo isi tadi. Pada form konfirmasi data input ini, sobat otomo pilih tanggal kedatangan sesuai yang diinginkan dan jangan lupa mengisi kode konfirmasinya juga. Pastikan semua data yang tampil adalah data yang benar dan sesuai.
Cara Memperpanjang dan Membuat SIM Online

6. Setelah memastikan bahwa semua data yang tampil benar, langkah selanjutnya dalam tata cara pembuatan SIM online yaitu dengan klik tombol kirim. Nanti akan muncul tampilan data input berhasil, yang berarti bahwa sobat otomo sukses registrasi SIM online.
Cara Memperpanjang dan Membuat SIM Online

7. Kemudian periksa email masuk karena secara otomatis Korlantas POLRI akan mengirimkan email berupa bukti registrasi SIM Online Polri.
Cara Memperpanjang dan Membuat SIM Online

''Perlu di ketahui bahwa untuk golongan SIM yang dilayani pada website SIM Online Polri, untuk sementara hanya melayani SIM A dan SIM C''

Cara Memperpanjang SIM Secara Online

Cara memperpanjang SIM online juga hampir sama dengan langkah yang sobat otomo lakukan dalam tata cara membuat SIM online yang baru. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah atau panduan dalam perpanjangan masa berlaku SIM secara online :

  • Sama seperti pada cara membuat SIM online, langkah pertama untuk memperpanjang SIM secara online yaitu dengan masuk ke website resmi Polri http://sim.korlantas.polri.go.id. Nanti akan muncul 4 pilihan menu, dan pilih menu pendaftaran SIM online.
  • Setelah klik menu pendaftaran SIM online, akan muncul informasi pendaftaran SIM online. Kemudian klik tombol lanjut pada bagian kanan paling bawah.
  • Kemudian akan tampil form data permohonan perpanjangan SIM. Pada pilihan jenis permohonan, pilih menu ''Perpanjangan SIM'', dan isi semua data yang diminta tanpa terkecuali.
  • Kemudian tekan tombol lanjut untuk melanjutkan pengisian data pribadi. Isi semuat data pribadi kamu dengan benar dan sesuai, jangan ada form yang dikosongkan.
  • Selanjutnya klik tombol lanjut untuk mengisi form data keadaan darurat. Data keadaan darurat ini sama dengan pengisian data darurat dalam pembuatan SIM baru.
  • Klik tombol lanjut, kemudian akan tampil konfirmasi data input, yakni data yang telah sobat otomo masukkan tadi. Disini kamu pilih tanggal kedatangan sesuai keinginan serta input kode verifikasi.
  • Setelah itu klik tombol kirim, dan akan muncul tampilan data input berhasil, yang berarti bahwa sobat otomo sukses registrasi perpanjangan SIM online.
  • Kemudian cek email kamu untuk mendapatkan bukti registrasi perpanjangan SIM online.
Baca Juga : Tips Beli Mobil Bekas Dengan Harga Murah dan Kualitas Terbaik
Setelah mendapatkan bukti registrasi yang dikirim via email oleh Korlantas Polri, baik itu dalam pengurusan SIM baru maupun perpanjangan SIM. Jangan lupa untuk di print dan melakukan pembayaran di ATM atau Teller Bank BRI terdekat. Kemudian sobat otomo datang ke Satpas yang dipilih saat pendaftaran dengan membawa bukti registrasi, dan persyaratan lainnya seperti KTP asli dan fotocopynya minimal 2 lembar, bukti pembayaran, dan surat keterangan sehat.

Nah, seperti itulah cara memperpanjang dan membuat SIM online, untuk langkah selanjutnya nanti sobat otomo akan diarahkan oleh pihak kepolisian yang bertugas pada saat sobat otomo datang ke Satpas yang dipilih saat pendaftaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar