Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Kamis, 07 September 2017

Beli Motor Bekas Dengan Sistem Kredit? Ketahui tips Penting Ini !

Tips beli motor bekas dengan sistem kredit

Tips Beli Motor Bekas - Bukan hanya motor baru saja yang di jual dengan cara dicicil, kredit motor bekas juga banyak kita temui di Indonesia. Ada beberapa tips penting saat membeli motor bekas dengan sistem kredit, agar sobat otomo tidak tertipu, karena barang yang sudah bekas tentu tidak sama dengan motor baru. Jadi sama hal nya dengan tips beli mobil bekas, tips kredit motor bekas juga perlu dan sangat penting untuk kita ketahui.

Di Indonesia ada banyak lembaga perkreditan yang menawarkan berbagai kemudahan kepada masyarakat, salah satunya yakni dengan menjual sepeda motor tanpa harus dibayar lunas. Sepeda motor yang di jual dengan cara kredit tentu memiliki kualitas yang jauh berbeda dengan motor baru. Oleh karena itu, kita mesti teliti jika memiliki niat untuk membeli motor bekas dengan sistem kredit. Yang namanya motor bekas tentu saja adalah bekas pemakaian orang lain, dan kita juga tidak tahu pasti tentang hal apa saja yang di lakukan oleh lembaga perkreditan agar motor bekas terlihat lebih menarik.

Baca Juga : Cara Mendinginkan Mesin Mobil Yang Overheat

Disini saya bukan melarang sobat otomo untuk membeli motor bekas atau kredit motor bekas, karena tidak semua motor bekas memiliki kualitas yang buruk kok. Ada juga motor bekas yang masih berkualitas bagus, dan itu mungkin tidak banyak kita jumpai. Makanya kita harus mengetahui bagaimana tips beli motor bekas agar kita tidak di rugikan oleh siapapun.

Yang perlu kita pahami bahwa motor bekas yang dijual biasanya sudah dipoles sedemikian rupa, agar terlihat menarik dan memiliki harga jual yang tinggi. Oleh karena itu, jika sobat otomo beli motor bekas dengan cara kredit sekalipun, jangan pernah tergiur dengan bagian luarnya saja. Dibutuhkan ketelitian menyeluruh agar kita mendapatkan motor bekas yang masih bagus kualitasnya,  terutama pada bagian mesinnya.

Tips Beli Motor Bekas

1. Harus teliti memilih motor bekas
Seperti yang saya katakan di atas bahwa motor bekas merupakan bekas dari pemakaian orang lain, jadi tips beli motor bekas yang pertama yakni dengan memilih motor bekas secara teliti. Jika sobat otomo membeli motor bekas dengan cara kredit, ada baiknya untuk melihat secara detail atau lebih teliti tentang komponen atau bagian mesin motor tersebut.

Jika perlu bawalah teman yang ahli mekanik atau mengetahui tentang bagian-bagian motor yang masih bagus. Yang paling utama adalah bagian mesin dan juga bodi motor, lihat dengan teliti apakah masih original atau telah di ganti. Jika perlu lakukan juga test drive untuk mengetahui tenaga mesin motor bekas tersebut.

2. Pilih lembaga kredit terbaik
Tips beli motor bekas dengan sistem kredit berikutnya adalah dengan memilih lembaga kredit terbaik atau memiliki reputasi yang tidak buruk di pandangan masyarakat. Sering kali kita tergiur dengan cicilan perbulan yang sangat ringan, padahal jika kita kalkulasi dengan cermat, sebenarnya kita membayar bunga yang terlalu tinggi. Jadi saya mengajak sobat otomo untuk lebih teliti dalam memilih dealer atau lembaga perkreditan yang terbaik. Jangan sampai menjadi beban karena harus membayar bunga yang terlalu tinggi.

Tips beli motor bekas dengan sistem kredit

3. Beli motor bekas sesuai kemampuan
Beli motor bekas sesuai kemampuan juga salah satu tips penting jika kita ingin kredit motor bekas atau kredit barang apapun. Hal ini sangat penting agar kita tdak merasa terbebani nantinya dengan biaya angsuran perbulannya. Pilihlah motor bekas yang dp nya sesuai dengan isi kantong saja, dan juga perhatikan biaya perbulannya atau angsurannya. Pikirkan ke depan apakah sesuai dengan kemampuan untuk biaya angsuran bulanannya, dan kalau bisa ambil angsuran yang pendek agar tidak terlalu lama memiliki utang, hehehehe. Biasanya juga semakin lama kita memilih angsurannya, maka semakin besar bunga yang kita bayar.

4. Pahami apa tujuan beli motor bekas
Tps beli motor bekas selanjutnya adalah dengan memahami betul apa tujuan sobat otomo untuk membeli motor bekas. Setiap beli barang, baik itu barang bekas ataupun yang baru, tentu kita sudah mengetahui fungsi dari barang tersebut untuk apa. Ada baiknya jika kita membeli motor bekas dengan alasan atau tujuan yang jelas, apakah itu kita gunakan untuk transportasi saja atau untuk kelancaran bisnis. Memahami tujuan yang pasti tentu sangatlah penting agar kita tidak membuang uang begitu saja tanpa ada manfaatnya, hehehehe.

Baca Juga : Cara Mudah Membersihkan Radiator Mobil

5. Periksa kelengkapan surat kendaraan
Tips beli motor bekas yang terakhir adalah dengan memeriksa kelengkapan surat-surat motor bekas tersebut, seperti STNK atau BPKB nya. Meskipun itu motor bekas juga harus memiliki surat-surat yang lengkap agar kita bisa mengunakannya dimana saja. Saran saya untuk tidak membeli motor bekas yang tidak lengkap surat-suratnya, atau mungkin si pemilik motor bekas telah menggadaikan BPKB nya. Lebih baik carilah motor bekas yang masih lengkap surat-suratnya.

Nah, itulah beberapa tips beli motor bekas dengan sistem kredit yang perlu kita ketahui. Dengan menerapkan beberapa tips diatas, maka kita tidak akan mudah tertipu atau rugi untuk membeli motor bekas yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar