Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 18 Oktober 2017

4 Tips Membeli Sepeda Motor Bekas, Nomor 4 Sering Kita Abaikan

4 Tips Membeli Sepeda Motor Bekas


4 Tips Membeli Sepeda Motor Bekas, Otomo.id - Memiliki kendaraan pribadi sendiri adalah suatu kebanggan bagi kita apalagi kendaraan tersebut adalah hasil dari jerih payah kita sendiri bukan dari pembelian orang tua atau pun keluarga. Ada perasaan bahagia ketika kita bisa membeli nya, entah sepeda motor, membeli mobil bekas, atau bahkan pesawat. Semua itu bisa terwujud asal kita terus berusaha dan pantang menyerah. Cuma kebanyakan penduduk Indonesia bisa membeli sepeda motor saja sudah bahagia sekali apalagi bisa membeli mobil pribadi. Pernyataan ini di dukung dengan data di lapangan dimana penjualan sepeda motor di Indonesia jauh lebih cepat dari pada penjualan mobil atau kendaraan pribadi lain nya.

Namun, terkadang kendala biaya yang kurang mencukupi atau gaji yang tidak mencukupi untuk mencicil sepeda motor mengarahkan para pembeli untuk membeli sepeda motor bekas pakai atau bisa di bilang second. Selain faktor harga yang murah bahkan bisa dinego, faktor keinginan kita untuk memiliki sepeda motor yang kita idamkan bisa terwujud dengan harga yang terjangkau.
Baca Juga : Fungsi Knalpot Sepeda Motor Yang Tidak Kalah Penting
Kalau kita merujuk pada Oxford Dictionary maksud dari kata second itu mempunyai beberapa penjabaran, di mana makna yang lebih mendekati sebagai kata penentu yang berarti “selanjutnya setelah yang pertama dalam sebuah rangkaian atau seri”. Dari penjelasan tersebut bisa kita simpulkan bahwa barang yang sudah berlebel bekas pakai atau second beresiko dengan mudah rusak nya barang tersebut karena sudah pernah terpakai sebelum nya entah itu kerusakan yang sedang atau parah bahkan kita tidak tahu sepeda motor tersebut hasil curian atau bukan. Untuk itu, kita sebagai calon pembeli di tuntut untuk berhati-hati sebelum membeli sepeda motor bekas atau second.

Dalam coretan ini, saya akan menjelaskan 4 tips membeli sepeda motor bekas pakai atau second di mana pada nomer 4 sering luput dari pantauan kita ketika membeli nya dan berujung pada penyesalan. So, let’s check this out!
Baca Juga : Tips Beli Motor Bekas Dengan Sistem Kredit

4 Tips Membeli Sepeda Motor Bekas

1. Harga pasar mempengaruhi pembelian
Tips membeli sepeda motor bekas Yang pertama adalah dengan mencari informasi tentang harga pasar. Terkadang kita malas untuk memperbarui informasi tentang harga sepeda motor di pasaran, padahal dengan semakin canggih nya teknologi sekarang kita hanya perlu untuk mengaktifkan paket internet kita di HP dan kita bisa mengetahui harga pasar sepeda motor baik yang masih baru ataupun sudah terpakai atau second. Hal itu sangat penting, karena ketika seorang calon pembeli mengabaikan hal sederhana seperti ini, makan bisa jadi anda akan membeli sepeda motor bekas atau second dengan harga yang tidak seharusnya anda keluarkan.

2. Pilihlah penjual yang terpercaya
Tempat jual beli sepeda motor bekas pakai atau second sekarang sudah eksis baik di kota maupun di desa, bahkan ada tempat jual beli hanya tersedia di toko online saja dimana tingkat keamanan dan kualitas nya sangat sering di ragukan. Untuk itu, anda sebagai calon pembeli harus teliti untuk memilih penjual sepeda motor bekas atau second. Tingkat reputasi penjual adalah kunci agar anda bisa nyaman dan aman dalam membeli sepeda motor bekas, juga penjual yang bonafid menjadi referensi anda membeli sepeda motor bekas dengan aman dan nyaman.
Baca Juga : Hal Penting Ketika Membangun Bisnis Bengkel di Pedesaan
3. Periksalah kelengakapan surat
Memeriksa kelengkapan surat juga salah satu tips membeli sepeda motor bekas. Terkadang ketika kita mendengar teman atau saudara kita membeli sepeda motor bekas pakai atau second yang bagus dengan harga di luar nalar kita, kita seakan-akan tergiur untuk membeli nya juga. Namun, jangan segampang itu juga anda tergiur dengan iming-iming harga murah, karena bisa jadi sepeda motor tersebut adalah sepeda motor hasil curian. Ketika anda hendak membeli sepeda motor bekas atau second, hendaklah cek cocok atau tidak nya antara nomer rangka dengan nomer mesin yang ada di body motor dengan nomer yang ada di surat. Karena ketika anda menemukan ketidak cocokan meskipun hanya 1 digit saja bisa di ketahui bahwa motor tersebut adalah hasil pencurian. Sekarang sudah banyak pencuri yang memanipulasi nomer yang ada di badan motor dengan yang ada di surat. Jadi, lebihlah teliti dalam mengecek surat-surat nya.

4. Teliti baik-baik kondisi luar dalam motor
Tips membeli sepeda motor bekas yang terakhir yaitu dengan meneliti kondisi luar dalam motor. Dewasa ini, banyak penjual sepeda motor bekas pakai atau second yang di poles agar nampak baru dengan tujuan menutupi kekurangan sepeda motor tersebut yang mungkin dulu nya pernah mengalami kecelakaan. Dengan meminta kepada penjual untuk melakukan test ride lebih lama, anda bisa meneliti dan merasakan apa terjadi dengan motor yang akan anda beli. Amati baik-baik di setiap bagian motor nya dan jadilah pembeli yang agak cerewet karena ini juga demi kebaikan anda sebagai calon pemilik dari motor tersebut. Dan kalau perlu, ajaklah teman atau saudara anda yang lebih mengerti dunia motor karena anda akan mengetahui seluk beluk luar dalam motor yang akan anda beli sehingga faktor penipuan bisa di cegah.

Demikian coretan yang bisa saya sampaikan kepada para pembaca, semoga dengan ada nya coretan ini bisa membuat para pembaca yang ingin membeli sepeda motor bekas tahu dan teliti sebelum membeli sepeda motor bekas pakai atau second.

by  Sahrul_Azman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar