Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 23 Oktober 2017

Cara Membuat Sepeda Motor Tetap Awet dan Tahan Lama

Cara Membuat Sepeda Motor Tetap Awet dan Tahan Lama

Cara Membuat Sepeda Motor Tetap Awet dan Tahan Lama - Sepeda motor terbaru dibuat lebih baik dari sebelumnya. Desain, material dan machin-ing mereka lebih akurat dan tepat dan keandalannya lebih besar dari sebelumnya. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips bagaimana menjaga agar motor Anda tetap berjalan selama Anda mau dan juga menghemat uang.

Tiga prinsip dasar untuk memastikan umur panjang sepeda motor adalah simpan dengan benar, pertahankan dengan baik, dan jangan naik seperti pencuri motor. Bersihkan dan lilin secara teratur. Saat diparkir, jauhkan motor Anda dari sinar matahari dan cuaca. Gunakan penutup, tamankan di tempat teduh, atau sebaiknya di bawah atap.

Sebelum berkendara, centang checklist pre-ride. Periksa ban, tingkat cairan, lampu, kontrol dan kencang pengencang. Ikuti panduan servis dan perawatan di manual pemilik, simpan buku catatan pemeliharaan dan simpan kwitansi. Jika Anda berencana melakukan perawatan sendiri, dapatkan manual layanan pabrik atau manual aftermarket.
Baca Juga : Tips Merawat Sepeda Motor Baru Agar Mesin Tetap Awet
Ride defensif dan sanely. Menggunakan kopling dan rem konservatif dan akselerasi dengan lancar akan membantu membuat motor bertahan lebih lama. Dan itu mungkin tampak jelas, tapi jangan macet! Ikuti pelatihan pengendara tingkat lanjut, tingkatkan kemampuan Anda dan hindari mengambil risiko yang mungkin menyebabkan kecelakaan.

Pelumasan
Bergantung pada model sepeda motor, bantalan kemudi, swingarm, hubungan suspensi dan bantalan roda mungkin perlu dilubangi, bersamaan dengan berbagai kontrol dan kabel. Perlahan belokkan bantalan dengan tangan, periksa titik-titik kasar, ikatan dan kelonggaran. Periksa (dan kembalikan dan atur service-type) bantalan roda setidaknya setahun sekali. Untuk menjaga air keluar, hindari menggunakan mesin cuci tekanan untuk membersihkan area ini. Dan jangan lupa untuk memeriksa minyak garpu Anda dan mengubahnya setiap beberapa tahun sekali.

Bergantung pada jenis drive akhir yang Anda miliki, Anda perlu memonitor tas berantai dan sproket, retakan dan ketegangan pada sabuk, atau tempat duduk di belakang. Jaga agar rantai tetap bersih, dilumasi dan disesuaikan dengan benar. Biasanya saat rantai sudah aus sprocket juga, dan harus diganti. Jika rantai rusak maka bisa mengeluarkan kasus mesin dengan itu, jadi jangan abaikan saja. Sepeda motor poros juga memiliki drive akhir tertutup yang seharusnya diperiksa oleh minyak secara teratur dan diubah sesuai jadwal perawatan.

Transmisi
Kasus transmisi dan kasus rantai primer pada beberapa sepeda motor memiliki persediaan minyak yang terpisah dan perlu diperiksa dan pelumas diperiksa secara terpisah. Beberapa rantai primer juga perlu disesuaikan. Periksa jadwal layanan sepeda Anda untuk interval.

Rem
Mencuci sepeda dan berkuda atau parkir dalam hujan menyebabkan korosi eksternal pada bagian rem yang menyebabkan seret, keausan dan kepanasan. Hilangkan kaliper sesekali - selama penggantian rem dan perubahan ban, misalnya - dan bersihkan dan periksa untuk korosi, lengket atau kebocoran. Oleskan minyak caliper khusus secukupnya ke bagian yang meluncur.

Cairan rem menyerap kelembaban dan ini menurunkan titik didih fluida, yang akan menyebabkan korosi internal kaliper, master dan silinder roda, dan komponen ABS. Pembilasan cairan rem sangat penting untuk komponen rem hidrolik dan cairan harus diganti dan sistem berdetak sekitar dua tahun sekali.

Penyesuaian Valve
Banyak motor membutuhkan penyesuaian katup, jadi periksalah jadwal perawatan. Kegagalan untuk melakukan penyesuaian katup bisa mengakibatkan berkurangnya performa, dibakar katup dan engine failure, jadi jangan abaikan saja.

Saringan minyak
Pemeliharaan yang terabaikan dapat menyebabkan kerusakan, kerusakan - dan penolakan garansi jika terjadi kerusakan dan Anda tidak dapat membuktikan bahwa layanan yang diperlukan telah dilakukan. Ikuti jadwal layanan yang disarankan oleh pabrikan, atau bahkan lebih sering lagi jika Anda melakukan perjalanan singkat atau dalam kondisi yang keras atau berdebu. Banyak pengendara menunda perubahan oli, dan beberapa yang mengganti minyak mereka sendiri mengabaikan layanan lain pada daftar yang direkomendasikan pabrik. Item seperti pemeriksaan kabel kontrol dan pemasangan lube dan clutch-cable harus dilakukan saat terjadi penggantian oli. Dan jika Anda benar-benar ingin membuat motor Anda bertahan, beralihlah ke minyak dan cairan sintetis sepeda motor premium, yang memberikan pelumasan yang superior.

Bersihkan Filter Udara
Jika saringan udara Anda hilang, longgar pas, kotor, atau dalam beberapa kasus tidak diminyaki dengan benar, Anda bisa membiarkan kotoran atau pasir menggerogoti mesin Anda. Sekali lagi, ikuti jadwal perawatan dan jika Anda mengendarai di area yang berdebu bersih atau mengganti filter lebih sering.
Pendingin
Baca Juga : Mengenal Jenis Velg Sepeda Motor, Oktober 2017
Sepeda motor berpendingin cair menggunakan pendingin etilen-glikol, yang mengandung zat aditif yang memburuk dan menjadi asam setelah beberapa tahun. Hal ini menyebabkan karat dan korosi dan mengikis logam di mesin dan sistem pendingin, menyebabkan overheating, kegagalan pompa air dan perbaikan yang mahal. Tiriskan, siram dan ganti cairan pendingin setiap dua tahun sekali dan gunakan campuran 50/50 cairan pendingin anti-dingin dan suling.

Ban
Ban sangat penting untuk keamanan. Sebelum setiap perjalanan memeriksa tekanan ban saat mereka kedinginan dan mengembangkannya ke tekanan yang disarankan yang tercantum dalam manual pemilik. Carilah pengukur tekanan udara kualitas karena pompa bensin sering rusak atau tidak akurat.

Ganti ban sebelum mencapai indikator wear-bar. Ban juga memburuk seiring berjalannya waktu dan meski tapaknya terlihat halus, penuaan, sinar matahari dan ozon menyebabkan retakan di dinding samping. Juga, ketika tapak telah diratakan terlalu banyak mil lurus ke atas, inilah saatnya penggantian.

Baterai
Baterai sering sulit diakses dan oleh karena itu diabaikan sampai ada masalah. Baterai konvensional dengan tutup yang dapat dilepas memerlukan penambahan elektrolit dengan air suling dan membiarkan level terlalu rendah mengurangi kapasitas dan membunuh baterai. Hilangkan masalah ini dengan baterai bebas perawatan yang tertutup rapat. Baterai juga rusak saat dilepas saat penyimpanan. Gunakan charger pemeliharaan agar tetap siap mengendarainya. Jika baterai tertinggal saat lemah, pengisian ulang yang konstan diperlukan membuat permintaan berat pada sistem pengisian daya, yang dapat menyebabkan kegagalan prematur pada penanda dan regulator.

Sebagai penutup, jaga sepeda motor kamu dengan baik, dan ia pun akan menjagamu. Paman saya memiliki satu motor yang berusia 45 tahun, dan masih berjalan seperti baru dan Anda juga bisa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar