Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 06 Oktober 2017

Fungsi Knalpot Sepeda Motor Yang Tidak Kalah Penting

Fungsi Knalpot Sepeda Motor Yang Tidak Kalah Penting

Fungsi Knalpot Sepeda Motor, Otomo.id - Fungsi knalpot pada sepeda motor mungkin sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, yakni untuk meredam suara mesin motor. Tetapi selain untuk sekedar meredam suara mesin, fungsi knalpot motor masih ada yang lebih penting dan sama pentingnya dengan meredam suara mesin. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis knalpot, mulai dari knalpot racing paling keren dan terlaris, hingga knalpot yang dibandrol dengan harga yang sangat fantastis.

Perlu diketahui bahwa settingan knalpot yang kurang tepat pada sepeda motor justru dapat mengurangi tenaga mesin loh, jadi buat sobat otomo yang hobi modifikasi knalpot motornya agar lebih teliti, dan kalau perlu bertanya kepada ahlinya ya hehehehe. Tetapi sebaliknya, jika pemasangan knalpot sepeda motor sesuai dan tepat justru dapat mendongkrak tenaga yang dikeluarkan oleh sepeda motor.
Baca Juga : Ini Dia Oli Motor Terbaik di Indonesia
Kebanyakan sobat otomo lainnya menggunakan knalpot racing pada sepeda motornya untuk mendongkrak kekuatan atau tenaga mesin motornya. Karena selain mengeluarkan suara yang lebih gahar, knalpot racing juga memiliki desain yang lebih keren jika dibandingkan dengan yang standard atau knalpot bawaan sepeda motor. Nah, untuk lebih jelasnya, sebenarnya apa sih fungsi knalpot yang lebih penting pada sebuah sepeda motor?.

1. Yang Pertama Meredam Suara Mesin
Fungsi knalpot yang pertama dan yang utama adalah sebagai peredam suara mesin. Hal ini bukan tanpa alasan, karena fungsi mesin yang membakar bahan bakar kemudian mengubahnya menjadi tenaga penggerak. Jika tanpa adanya spare part seperti knalpot, maka suara yang keluar dari mesin motor tentu sangat keras dan bising.

Jenis peredaman suara pada sepeda motor juga bervariasi, misalnya pada motor balap atau motor sport, biasanya menggunakan knalpot yang disetting dengan suara yang lumayan keras, gahar, namun tetap indah di dengar. Ada juga peredaman suara knlapot yang malah nyaris tidak bersuara atau sangat pelan, knalpot seperti ini biasanya digunakan pada motor biasa saja, atau bawaan pabrikan.

2. Mendongkrak Tenaga Mesin
Seperti yang saya katakan diatas tadi, bahwa jika penyettingan knalpot yang tepat atau sesuai maka akan mendongkrak tenaga yang dikeluarkan oleh mesin sepeda motor. Tetapi jika tidak tepat maka akan sebaliknya, dimana justru mengurangi performa mesin motor. Maka dari itu, bisa kita simpulkan bahwa salah satu fungsi knalpot sepeda motor adalah mendongkrak tenaga mesin.

3. Untuk Mengurangi Polusi Udara
Jika dibandingkan dengan zaman dahulu, zaman sekarang tentu lebih baik dimana perkembangan teknologi semakin canggih. Kalau dulu mungkin ada banyak knalpot sepeda motor yang mengeluarkan asap sampai ngebul di jalanan, dan hal ini tentu menambah polusi udara bukan dan dapat membuat pengendara lainnya terganggu.
Baca Juga : Tips Berkendara Yang Aman Saat Musim Penghujan
Tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi canggih, sekarang knalpot diracik dengan sangat canggih, yakni dengan menggunakan teknologi catalityc converter. Teknologi terbaru ini berfungsi untuk mengkonversi karbon melalui gas buang pada sepeda motor, sehingga emisi gas pembuangan menjadi lebih sedikit atau bahkan nyaris takterlihat. Jadi fungsi knlapot sepeda motor yang termasuk penting adalah untuk mengurangi polusi udara.

4. Mempercantik Tampilan Motor
Fungsi knalpot sepeda motor yang satu pasti sudah tidak asing lagi bagi para pencinta otomotif yang hobi memodifikasi sepeda motornya. Sekarang ada banyak sekali jenis atau desain knalpot yang begitu menarik dan keren. Sebagian orang mengganti knalpot motornya hanya untuk mempercantik tampilan sepeda motor saja, tapi tentu saja yang sesuai dengan tipe motornya.

Itulah beberapa fungsi knalpot sepeda motor yang tidak kalah penting lainnya. Mungkin masih ada fungsi knalpot lainnya yang sobat otomo ketahui? bisa langsung saja ya untuk menambahkannya di kolom komentar yang kami sediakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar