Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 17 Oktober 2017

Hal Penting Ketika Membangun Bisnis Bengkel di Pedesaan

Membangun Bisnis Bengkel di Pedesaan - Banyak dari orang orang-orang yang pernah merasakan namanya merantau baik ke kota lain atau bahkan ke negara lain dan terbilang cukup sukses pasti akan mempunyai pemikiran ataupun angan-angan untuk membuka bisnis atau usaha di kampung halaman mereka sendiri khusus nya di desa yang terbilang masih identik dengan situasi tenang, nyaman nan asri.

Hal Penting Ketika Membangun Bisnis Bengkel di Pedesaan

Ada banyak alasan kenapa mereka mempunyai pemikiran seperti itu, selain tidak jauh dari keluarga juga faktor persaingan bisnis yang tidak begitu ketat yang tidak seperti di kota menjadi salah satu alasan nya. Dan satu dari sekian banyak bisnis yang cocok untuk di bangun di pedesaan adalah bisnis bengkel. Dewasa ini, dari data penjualan sepeda motor di negara kepulauan ini grafik nya lebih mengarah ke peningkatan, dimana data dari AISI ( Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia ) mencatatkan ada sekitar 554.923 unit angka yang terbilang naik dari pada penjualan pada bulan juli yakni 538.176 unit nya. Melihat data tersebut, tidak di pungkiri lagi kalau bisnis otomotif yang berupa bengkel di pedesaan menjanjikan untuk di perhitungkan ke depan nya.
Baca Juga : Mesin Bensin Atau Mesin Diesel, Mana Yang Anda Pilih?
Membangun sebuah bisnis di desa sendiri bukan berarti hanya identik dengan baik atau untung nya saja, karena pada prinsip bisnis sendiri menjelaskan bahwa untung dan rugi itu adalah hal yang lumrah di dunia bisnis. Jika kita melihat dari pemahaman bisnis bengkel di sini, menurut “Oxford Dictionary” menjelaskan bahwa bengkel yang mempunyai kelas kata sebagai kata benda (Workshop) adalah ruangan atau bangunan dimana benda-benda di buat atau di perbaiki. Dan menurut “K.B.B.I” bengkel adalah tempat memperbaiki mobil, sepeda, dan sebagainya. Juga pabrik kecil; tempat tukang kerja.

Dari penjelasan tersebut, dapat di simpulkan bahwa membangun bisnis bengkel tidak cukup hanya dengan modal saja tapi ada beberapa hal yang harus anda ketahui ketika memulai bisnis bengkel di pedesaan, karena hal ini akan berdampak pada bisnis anda ke depan nya. Dan di coretan ini, akan saya jelaskan tentang hal-hal yang harus anda ketahui ketika memulai bisnis bengkel di pedesaan.

3 Hal Penting Ketika Memulai Bisnis Bengkel di Pedesaan

1. Layanan adalah yang pertama
Banyak nya bengkel yang muncul baik di desa, menjadikan bisnis ini mulai banyak di geluti oleh banyak orang. Akan tetapi, sering nya pelayanan buruk pada sebuah bisnis bengkel akan berdampak pada kurang atau sepi nya pelanggan yang datang. Ketidakpuasaan pelanggan ini terjadi dari hal yang sangat sederhana. Mulai dari penyambutan yang kurang ramah dan fasilitas yang seadanya terkadang menjadikan pelanggan enggan untuk datang kembali ke bengkel anda.

2. Pilihlah karyawan terbaik
Terkadang banyak pemilik bisnis bengkel di pedesaan memberikan pekerjaan kepada seseorang yang belum begitu mahir di dunia otomotif dengan alasan meminimalisir pengangguran atau alasan iba saja. Hal tersebut memang sah-sah saja tapi lihat dampak ke depan nya, dimana anda akan di tinggal oleh pelanggan anda karena faktor karyawan atau pekerja nya yang belum begitu mahir untuk urusan memperbaiki mesin sepeda motor. Memang banyak orang yang bilang belajar sambil praktek itu bagus tapi untuk urusan bisnis anda jika masih perduli dengan hal itu maka profesionalisme dalam bisnis anda akan berkurang di mata pelanggan anda. Oleh karena itu, ada nya seleksi dalam merekrut karyawan sangatlah di anjurkan di sisi lain kesejahteraan karyawan anda juga harus di perhatikan.
Baca Juga : Fungsi Knalpot Sepeda Motor Yang Tidak Kalah Penting
3. Lihatlah lingkungan sekitar
Memulai bisnis bengkel di pedesaan memang bukanlah hal yang sederhana, karena faktor lingkungan dan juga interaksi dengan warga sangat di haruskan agar bisnis kita bisa berjalan dengan baik tanpa ada kendala berarti. Pencemaran dengan adanya limbah dari oli dan lain nya di lingkungan pedesaan akan sangat mengganggu kenyamanan warga. Untuk itu, ada nya persyaratan yang sesuai dengan standar kualitas dan pelayanan sangat membantu agar bisnis bengkel anda bisa di terima oleh warga setempat dan pelanggan anda khusus nya.

Demikian hal-hal yang perlu anda ketahui ketika membangun bisnis bengkel di pedesaan. Semoga dengan adanya coretan ini akan membuat anda semakin termotivasi untuk menjadi pebisnis yang lebih baik kedepan nya.

By : Sahrul_Azman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar