Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 30 Oktober 2017

Tips Penting Sebelum Memodifikasi Sepeda Motor

Tips Penting Sebelum Memodifikasi Sepeda Motor

Tips Penting Sebelum Memodifikasi Sepeda Motor, Otomo.id
- Tampilan modif dan kekinian sudah menjadi hal lumrah ketika seseorang mempunyai kendaraan pribadi sendiri, baik mobil ataupun sepeda motor. Rasa puas dan senang pun tidak dapat di pungkiri ketika kita mempunyai kendaraan pribadi sendiri tanpa ada rasa takut kalau ada yang memarahi kita. Apalagi kalau kita sudah memodifikasi kendaraan kita seperti sepeda motor, tentunya hal tersebut akan membuat kita mendapatkan kepuasan tersendiri.

Namun karena keinginan kita yang terkandang menggebu, sering kali kita memodifikasi sepeda motor atau kendaraan kita sendiri tanpa menghiraukan keselamatan dan kenyamanan untuk orang lain. Pernah saya melihat salah satu saudara saya yang memiliki sepeda motor matic yang memang dari pabrikan nya sudah memiliki desain yang sangat bagus namun di rubah oleh pemilik kendaraan nya dengan mengganti ban yang sudah sesuai ukuran nya menjadi “ban cacing” yang ukurannya jauh lebih kecil dari ban asli nya yang sangat riskan dengan kecelakaan.

Tidak hanya ban yang telah diganti atau dimodifikasi, namun memodifikasi knalpot dan jok sepeda motor yang memang sudah sesuai dengan standard nya di ganti dengan kualitas dan kenyamanan yang sangat berkurang. Ketika saya tanyakan alasan nya kenapa harus di modif dengan desain seperti itu yang hanya bermodalkan tutorial dari Youtube, saudara ku dengan enteng nya menjawab karena ingin beda saja.

Baca Juga : Bayar Tol Wajib Pakai Kartu e-Tool Mulai 31 Oktober 2017

Hal sepele hanya karena gengsi dan kekinian seperti itu saja bisa menjadikan kesalahan fatal karena dalam segi bahaya juga sangat rentan. Dan, selang beberapa bulan benar saja apa yang saya khawatirkan terjadi. Saudara saya mengalami kecelakaan dan harus di amputasi kaki nya karena kondisi kaki nya yang sudah sangat parah karena tabrakan dan kaki nya terlindas ban truck.

Dari kejadian tersebut bisa mengajarkan kita setidaknya ketika kita hendak memodifikasi kendaraan pribadi kita khususnya sepeda motor, hendaklah melihat aspek kenyamanan dan keselamatan. Dan di coretan kali ini, saya akan menjelaskan 2 hal penting atau bisa berupa tips penting sebelum memodifikasi sepeda motor kita sendiri.

Tips Sebelum Memodifikasi Sepeda Motor

1. Ketahui arah sepeda motor mu
Tips sebelum modifikasi motor kesayanganmu yang pertama adalah ketahui arah sepeda motormu. Baik buruk nya dari sepeda motor mu tergantung dari anda sebagai pemiliknya. Terkadang dengan alasan ingin tampil beda saja bisa mendatangkan bahaya dalam memodifikasi sepeda motor anda sendiri. Ketika anda hendak memodifikasi sepeda motor anda sendiri, tentukan arah kiblat nya mau kemana, apakah anda ingin gunakan sepeda motor anda untuk kontes atau untuk aktifitas sehari-hari.

Kalau memang motor anda ingin di gunakan untuk ajang kontes ataupun balapan, anda bisa memodifikasi sepeda motor anda dengan mengutamakan kecepatan dan kegesitan sesuka hati anda. Namun, jika anda memilih untuk memodif sepeda motor anda untuk aktifitas sehari-hari, maka kenyaman dan keselamatan harus benar-benar anda utamakan sekalipun itu adalah sepeda motor anda sendiri. Anda harus memperhatikan mulai dari lampu, jok motor yang terlalu tipis, hingga lampu sein dan lain sebagainya.

Baca Juga : Chevrolet Cruze Hyperwide Dengan 360 Motoring

2. Berdiskusilah dulu dengan pakar nya
Tips sebelum memodifikasi sepeda motor selanjutnya adalah dengan berdiskusi dengan pakar atau ahlinya. Ketika anda merasa sudah waktu nya untuk memodifikasi sepeda motor anda dan anda sudah mengetahui model atau desain yang akan anda perbarui pada sepeda motor anda, jangan lah terburu-buru untuk memodifikasi nya sendiri atau dengan teman yang tidak begitu mengetahui luar dalam nya sepeda motor anda, karena hal tersebut akan berdampak pada mesin dan performa sepeda motor anda kedepan nya.

Sempatkanlah untuk berdiskusi dengan pakar sepeda motor. Meskipun memungkinkan untuk merogoh uang, namun ilmu dan profesionalisme akan anda dapatkan sehingga kepuasan yang anda inginkan akan terwujud dengan baik nya. Dengan adanya pakar sepeda motor, anda bisa berdiskusi tentang bagian-bagian sepeda motor mana saja yang ingin anda modifikasi sehingga anda akan tahu kelemahan dan kelebihan ketika anda ingin memodifikasi sepeda motor anda.

Nah itulah kedua tips penting sebelum anda memutuskan untuk memodifikasi sepeda motor anda. Semoga bermanfaat, dan yang terpenting utamakan keselamatan berkendara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar