Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Minggu, 22 Oktober 2017

Mengenal Jenis Velg Sepeda Motor, Oktober 2017

Jenis Velg Sepeda Motor, Otomo.id - Velg sepeda motor atau sering disebut pelek motor merupakan salah satu komponen terpenting pada sebuah sepeda motor. Kalau tidak ada velg atau pelek, bagaimana bisa motor bisa jalan, hehehehe. Pemahaman tentang apa itu velg sudah pasti semua sobat otomo sudah pada tahu lah, apalagi sobat otomo yang suka memodif pelek atau mengganti velg sepeda motornya supaya kelihatan lebih keren atau kekinian gitu, hehehehehe.

Fungsi velg sepeda motor memang sangat penting, sama pentingnya dengan fungsi knalpot pada sepeda motor. Karena itu kita juga perlu teliti dalam memilih sebuah pelek motor yang sesuai dengan tipe motor dan sesuai kebutuhan. Misalnya jika kebutuhan kita hanya untuk transportasi dalam pekerjaan saja atau sekedar untuk transportasi keluarga, maka pemilihan velg standar atau velg bawaan sepeda motor saja sudah cukup. Lain halnya dengan sobat otomo yang hobi balap, biasanya menggunakan jenis velg motor jari-jari yang ukuran ban nya lebih kecil.
Baca Juga : Helm Sepeda Motor Terbaik Kelas Dunia
Akselarasi atau kecepatan maksimum sepeda motor juga dapat berpengaruh loh pada penggunaan jenis velg motor. Jika jenis pelek motor berbahan ringan dan ukuran ban yang lebih kecil, maka top speed nya juga lebih baik. Nah, kita kembali lagi ke topik mengenai jenis-jenis velg sepeda motor, simak ulasan dibawah ini.

Jenis Velg Sepeda Motor

1. Velg Jari-Jari (Pelek Besi)


Jenis Velg Sepeda Motor

Jenis velg sepeda motor yang pertama adalah pelek besi atau velg jari-jari. Disebut sebagai velg besi karena terbuat dari logam besi, dan pada bagian luarnya dilapisi krom agar tidak mudah berkarat. Jenis velg jari-jari sudah jarang kita temukan pada motor-motor terbaru, padahal velg jenis ini sudah terbukti akan kualitas dan ketahanannya. Pelek besi biasanya digunakan pada roda dua tipe motocross, karena velg besi terbukti lebih aman pada jalanan yang berlubang sekalipun.

Selain kuat dan aman, harga velg jari-jari juga jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis velg jenis lainnya. Hanya saja kekurangan pelek jari-jari ini karena tidak cocok digunakan untuk semua jenis ban. Misalnya pada jenis ban tebeless, velg besi ini sepertinya kurang macing dan kurang tepat, tapi jika sobat otomo ahli memodifikasinya, bisa-bisa saja sih.

2. Velg Aluminium

Jenis Velg Sepeda Motor

Jenis velg yang ini sangat terkenal dengan beratnya yang begitu ringan. Pelek aluminium ini jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan pelek besi, namun jangan salah, karena bahan dasarnya bukan dari besi, maka bisa dipastikan keawetannya karena anti karat. Jenis velg aluminium ini banyak dipakai pada jenis motor road race atau drag race, karena bobotnya yang sangat ringan sehingga cocok sekali untuk meningkatkan top speed atau akselarasi.

Berbicara soal harga, dimana harga velg aluminium ini dibandrol lebih mahal dari pelek besi. Tapi meskipun harga pelek jenis ini mahal, tetap saja menjadi pilihan dan banyak disukai. Hanya saja kekurangan velg aluminium ini karena tidak terlalu kuat ketika mengalami benturan keras, atau tidak kuat menahan bobot yang sangat berat, biasanya akan penyok, hahahahha.
Baca Juga : Knalpot Racing Keren dan Terlaris di Indonesia 2017
3. Velg Cast Whell (Pelek CW)

Jenis Velg Sepeda Motor

Jenis velg yang terakhir adalah velg cast whell atau pelek CW. Pelek CW ini juga dikenal dengan sebutan velg racing karena banyak dipakai pada jenis motor balap. Velg CW juga terbukti lebih kuat dan cocok untuk semua jenis ban, jadi tidak heran jika velg racing ini banyak diburu karena kualitasnya. Selain kuat dan awet, jenis velg yang satu ini juga sangat mudah dalam hal perawatannya.

Soal bobotnya, velg CW ini hampir sama beratnya dengan velg besi, tetapi ada juga velg CW yang lebih ringan yang biasanya menggunakan bahan logam magnesium. Harga velg CW ini juga dibandrol lebih mahal daripada velg besi atau velg aluminium.

Nah, itudia 3 jenis velg sepeda motor yang biasa dipakai di Indonesia. Kira-kira sobat otomo menggunakan jenis velg yang mana? Jangan lupa share juga pengalaman sobat otomo ya di kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar