Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 09 Oktober 2017

Mesin Bensin atau Mesin Diesel, Mana Yang Anda Pilih?

Mesin Bensin atau Mesin Diesel, Mana Yang Anda Pilih?

Mesin Bensin atau Mesin Diesel? - Ketika kita berbicara tentang kendaraan khususnya mobil, maka tak akan lepas dari masalah performa yang dimilikinya. Performa suatu mobil bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah jenis mesin yang di gunakannya. Ada banyak jenis dan tipe mesin yang di pakai seperti mesin listrik, bensin, diesel dan juga hybrid.

Jika di Indonesia, mobil pribadi yang di beli masyarakat  kebanyakan bermesin bensin. Sedangkan mesin diesel banyak di temukan pada kendaraan niaga seperti truk maupun kendaraan angkutan umum seperti bus. Lalu sebenarnya apakah mesin bensin lebih bagus daripada mesin diesel?
Baca Juga : Tips Berkendara Yang Aman Saat Musim Penghujan
Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan ,kelebihan dan kekurangan yang di miliki oleh mesin jenis diesel dan bensin. Selengkapnya mari kita simak ulasan dibawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel

Kendaraan bermesin diesel yang berbahan bakar solar lebih irit dalam konsumsi bahan bakar. Sehingga untuk melakukan perjalanan jauh akan lebih efisien dan harga perliternya juga lebih murah. Solar lebih tahan panas tidak seperti bensin yang lebih mudah terbakar. Selain itu, mesin diesel lebih bisa diandalakan untuk mengangkut beban berat dan sangat handal untuk medan offroad. Mesin diesel juga memiliki torsi yang jauh lebih bagus daripada mesin bensin.

Dikala berkendara di bawah hujan yang lebat bahkan saat melibas banjir sekalipun, mesin diesel akan lebih unggul. Hal ini dikarenakan ruang mesin diesel tidak memiliki komponen kelistrikan seperti distributor maupun kabel busi yang bisa menyebabkan korsleting. Mesin diesel juga terkenal bandel, jika Anda merawatnya dengan benar maka kendaraan bermesin diesel akan lebih tahan lama dari pada mesin bensin.

Sementara itu, mesin diesel memiliki rancangan yang lebih rumit sehingga perlu dana yang cukup besar untuk melakukan perawatan secara berkala. Mesin diesel memiliki suara yang lebih berisik, sehingga akan terasa kurang nyaman bila dikendarai. Selain itu mesin diesel juga memiliki biaya pajak yang lebih mahal , karena biasanya mesin diesel memiliki kapasitas mesin besar diatas 2000cc. Mesin diesel memiliki tingkat polusi yang tinggi. Serta memiliki harga jual yang lebih mahal.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Bensin

Kendaraan bermesin bensin rata-rata memiliki ukuran mesin di bawah 2000cc, sehingga pajak kendaraannya pun bisa lebih murah.  Mesin bensin juga memiliki akselerasi  lebih responsif jika di bandingkan dengan mesin diesel. Suara mesin bensin jauh lebih halus dan tingkat polusinya lebih rendah. Konstruksi mesin bensin lebih mudah dipahami dan memiliki biaya perawatan yang lebih murah. Pilihan kendaraan yang tersedia jauh lebih banyak daripada mesin diesel.

Walaupun mesin bensin lebih responsif, tapi biasanya torsi puncaknya di dapat pada RPM yang lebih tinggi sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih boros. Mesin bensin lebih rentan terhadap air karena memiliki komponen kelistrikan yang banyak, juga memiliki busi. Bahkan untuk mobil – mobil terbaru sudah dilengkapai ECU yang membuatnya lebih rentan terhadap air.
Baca Juga : Tips Memilih Sarung Mobil Cover Bodi Yangg Benar
Beberapa jenis kendaraan bermesin bensin memiliki spesifikasi bahan bakar beroktan 92 keatas, sehingga jika dipaksakan menggunakan bahan bakar di bawah 92 seperti pertalite atau bahkan premium, akan mengalami penurunan tenaga yang signifikan, selain itu bisa mempercepat kerusakan pada mesin kendaraan Anda.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kendaraan bermesin bensin maupun bermesin diesel. Sebelum anda memutuskan untuk membeli kendaraan, ada baiknya Anda mempertimbangkan faktor-faktor di atas sebaik mungkin agar Anda mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak menyesal dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar