Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 18 Oktober 2017

Sejarah Sepeda Motor Honda Masuk ke Indonesia

Sejarah Sepeda Motor Honda Masuk ke Indonesia

Sejarah Sepeda Motor Honda Masuk ke Indonesia - Ketika penduduk Indonesia di ajukan pertanyaan,”merk sepeda motor apa yang anda sukai?” pasti kebanyakan dari mereka akan menjawab “Honda!”. Hal ini sudah pasti dengan mudah nya di tebak oleh khalayak ramai di karenakan sepeda motor Honda memang lebih melekat di hati orang Indonesia dari pada merk sepeda motor lain, seperti Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan lain sebagainya. pernyataan ini juga di perkuat oleh data statistik dari AISI “Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia” dimana pada tahun 2017 menyebutkan sepeda motor Honda mengalami peningkatan dari 74,97% (bulan Juli) menjadi 75,49% (bulan Agustus) . Bahkan saking kuat nya pasaran Honda di Indonesia, saya jadi teringat masa kecil saya dimana semua orang di desa memukul rata segala jenis merk sepeda motor dengan sebutan Honda padahal jelas-jelas sepeda motor nya bukan lah pabrikan Honda.

Banyak nya orang yang lebih memilih Honda dari pada merk sepeda motor lain memang di dasari oleh banyak nya kelebihan yang di miliki oleh Honda seperti keiritan, spare parts dengan harga yang terjangkau, dan lain sebagainya. pelayanan di bengkel yang di berikan oleh Honda terhadap masyarakat juga menjadi alasan banyak nya pelanggan lebih memilih Honda. Sehingga bisa di bilang Honda akan selalu menjadi legenda otomotif di tanah Nusantara.

Honda sendiri di dirikan pada 24 September1948 di Minato,Tokyo Jepang. Honda selain membuat dan memproduksi sepeda motor, mereka membuat dan produksi mobil, robot, skuter, jet, generator elektrik, dan lain sebagai nya. Di Jepang, Honda bersaing keras dengan Nissan di bagian industri mobil hingga selang beberapa tahun Honda mencatatkan prestasi gemilang hingga mampu menggeser Nissan sebagai perusahaan mobil nomer dua di Jepang.
Baca Juga : Vespa Sei Giorni, Kembalinya Sang Legenda Balap
Datangnya Honda di Indonesia datang sekitar tahun 1960’an dimana Honda memprioritaskan mobil sebagai produksi andalan mereka di Indonesia dengan tujuan untuk menggeser dominasi mobil pabrikan Amerika dan Eropa yang telah lebih dulu mengambil alih dunia otomotif di Indonesia. Setelah mampu menyesuaikan bahkan mengalahkan dominasi Amerika dan Eropa. Dan pada tahun 1971, PT. Federal Motor (sekarang ASTRA HONDA MOTOR) mengenalkan Honda S90 (1964-1969) sebagai sepeda motor pertama yang kemudian di susul oleh Honda S90z (1969-1970) dengan kapasitas 89,6cc yang mempunyai kelebihan sistem transmisi manual four speed yang mempunyai kelebihan dalam kecepatan dan berdampak pada meningkatnya permintaan pasar pada era 70’an.

Dan pada era millennium, munculah model baru dari Honda yang bisa di katakan booming pada era tersebut yaitu Honda Tiger 2000/GL2000 dan di susul oleh Honda Mega Pro (1999-2013). Honda semakin memanjakan pelanggan nya dengan inovasi yang selalu membuat meningkat nya permintaan pasar, hingga yang terbaru Honda meluncurkan Honda CBR 250 RR sebagai bentuk baru dari sepeda motor yang elegan, irit dan nyaman.

Muncul nya sepeda motor Matic Honda di pasar Indonesia, menjadikan pesaing terberat Honda yaitu Yamaha di buat pusing karena sebelum nya Yamaha lebih dulu unggul karena motor Matic nya. Muncul nya Vario yang booming di Indonesia menjadikan persaingan di industri motor Matic sangat ketat hingga sekarang. Hingga muncul lah inovasi-inovasi baru dari berbagai jenis sepeda motor Matic Honda di Indonesia lengkap dengan kelebihan-kelebihannya.

Demikian sejarah datang nya Honda dan sepeda motor nya di Nusantara. mulai dari mobil hingga sepeda motor Honda selalu menjadikan Honda lebih unggul dari pada pesaing nya. Dan kemungkinan kedepan nya, Honda akan menjadi sebuah nama yang melekat bagi para pecinta otomotif di Indonesia.

By : Sahrul_Azman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar