Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 04 Oktober 2017

Tips Berkendara Yang Aman Saat Musim Penghujan

Tips Berkendara Yang Aman Saat Musim Penghujan

Tips Berkendara Yang Aman Saat Musim Penghujan - Sebentar lagi musim hujan akan segera tiba. Bagi Anda para pengendara, baik yang menggunakan mobil ataupun kendaraan roda dua sebaiknya Anda mempersiapkan kelayakan kendaraan Anda sebaik mungkin agar perjalanan Anda tetap aman dan lancar. Berkendara di musim penghujan lebih rentan kecelakaan dikarenakan berbagai macam faktor, diantaranya karena jalan licin ataupun jarak pandang yang semakin terbatas.

Untuk meminimalisir kejadian yang tidak di inginkan, berikut ini kami sajikan tips berkendara yang aman di kala musim hujan tiba.

1. Periksalah Lampu Kendaraan Anda.
Sebelum Anda melakukan perjalanan, periksalah keadaan lampu kendaraan Anda. Pastikan semua berfungsi normal, dan nyalakan lampu utama ketika dalam perjalanan. Hal ini sangat bermanfaat membantu Anda melihat pada jarak pandang yang terbatas karena hujan. Selain itu, juga akan membantu pengendara lain untuk melihat kendaraan Anda.

2. Pastikan Kondisi Ban Kendaraan Anda Layak Jalan.
Tips aman berkendara saat hujan berikutnya adalah dengan memastikan kondisi ban kendaraan, apakah layak jalan atau tidak. Periksa kondisi tekanan udara pada ban kendaraan  Anda , jika ternyata ban Anda kurang angin maka segeralah tambah. Periksa juga alur / kembangan ban, jika sudah gundul ada baiknya untuk segera mengganti dengan yang baru. Kondisi tekanan udara pada ban yang cukup dan alur ban yang masih bagus mampu menghindarkan kendaraan tergelincir pada saat melewati jalanan licin.
3. Periksa Kondisi Pengendali Utama Kendaraan Anda.
Pastikan keadaan stang motor ataupun roda kemudi mobil, pedal rem, gas, tuas perseneling maupun kopling berfungsi lancar. Komponen – komponen tersebut sangat penting diperhatikan agar Anda dapat mengontrol laju dan arah kendaraan Anda sebaik mungkin.

4. Pastikan Kondisi Fisik Anda Prima.
Tips berkendara yang aman saat musim hujan selanjutnya yakni dengan memastikan kondisi fisik yang fit. Berkendara dengan kondisi fisik yang kurang sehat dapat mengganggu konsentrasi Anda dalam berkendara. Karena berkendara di saat penghujan memerlukan kondisi fisik yang prima untuk menghadapi cuaca dingin.

5. Gunakan Jas Hujan Dan Jaket Tebal.
Bagi Anda pengendara motor, selalu siapkan jas hujan ketika Anda melakukan perjalanan. Ketika hujan turun kenakanlah jas hujan yang layak agar tubuh Anda tidak basah dan bila perlu kenakan jaket yang tebal agar tubuh Anda tidak menggigil kedinginan saat di perjalanan. Jangan menggunakan jas hujan yang bisa menghambat gerakan Anda, maka pilihlah jas hujan yang sesuai seperti jas hujan berbentuk baju dan celana.

6. Gunakan Sepatu Atau Alas Kaki Yang Tidak Licin.
Gunakan sepatu yang tahan air jika perlu gunakan sepatu boot agar terlindung dari percikan atau rendaman air sehingga kaki Anda tidak kedinginan.

7. Waspadai Genangan Air.
Usahakanlah jangan asal menerobos genangan air, karena kita tidak tahu konsisi jalan di balik genangan tersebut. Bisa saja terdapat lubang yang dalam pada genangan air tersebut yang bisa membuat kendaraan kita mogok atau bahkan terperosok kedalamnya. Jika terpaksa harus melewati genangan air, maka perlambatlah laju kendaraan Anda.

8. Jaga Jarak Aman Kendaraan Anda.
Jagalah jarak kendaraan anda dengan pengendara lain di depan Anda. Karena di saat hujan, daya cengkeram rem akan berkurang sehingga Anda memerlukan jarak yang lebih panjang untuk mengurangi atau menghentikan laju kendaraan Anda.
9. Jangan Menghidupkan Mesin Ketika Terjebak Banjir.
Ketika kendaraan Anda mogok saat melewati banjir dan knalpot Anda terendam, usahakan jangan menghidupkan kembali kendaraan Anda karena di khawatirkan sistem pengapian kendaraan Anda bisa mengalami korsleting dan juga bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. Oleh karena itu ada baiknya dorong kendaraan Anda ketempat yang kering dan aman.

10. Jangan Berkendara Dengan Tergesa-gesa.
Biasanya ketika hujan turun para pengendara terutama pengendara roda dua sering memacu kendaraannya untuk mecari tempat berteduh ataupun ingin segera sampai tujuan. Hal ini sangat berbahaya karena dapat memicu kecelakaan.

11. Parkirlah Kendaraan Anda Ditempat Yang Aman.
Ketika Anda mencari tempat berteduh untuk menghindari hujan, jangan parkir sembarangan seperti di badan jalan agar tidak mengganggu para pengendara lain dan mencegah terjadinya kecelakaan. Serta hindari parkir di bawah pohon untuk menghindari pohon tumbang.

Itulah beberapa tips berkendaraan aman yang bisa kami sampaikan, dan selalu jaga kewaspadaan Anda ketika berkendara atau dimanapun Anda berada. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar