Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 09 Oktober 2017

Vespa Sei Giorni, Kembalinya Sang Legenda Balap

Vespa Sei Giorni, Kembalinya Sang Legenda Balap

Vespa Sei Giorni, Otomo.id
- Vespa merupakan kendaraan roda dua yang melegenda. Bahkan di Indonesia, klub-klub vespa bertebaran dimana-mana dan memiliki basis yang cukup kuat. Piaggio, perusahaan asal Italia ini merupakan pabrikan yang menaungi nama besar Vespa. Hingga kini Piaggio terus berinovasi meluncurkan berbagai macam tipe Vespa bagi para penggemarnya.

Baru-baru ini Vespa merilis kembali produk lawasnya yaitu Vespa Sei Giorni yang berarti enam hari dengan tampilan yang lebih modern mengikuti tren masa kini. Sekilas tentang Sie Giorni, sekitar tahun 1951 Vespa mengeluarkan motor sport mereka yang dikenal dengan sebutan Vespa Sport Squadra Corse ( yang juga merupakan nama tim balap mereka saat itu) yang dirancang khusus untuk mengikuti ajang balap ketahanan selama enam hari yang di selenggarakan di Varese Italia.
Baca Juga : Review Harley Davidson Heritage Classic 2018
Perlombaan tersebut dinamakan dengan International Six Days Enduro (ISDE), sebuah ajang balapan offroad terganas saat itu. Pada awalnya banyak yang meremehkan keikut sertaan Vespa dalam ajang balap tersebut. Tapi pada kenyataannya, Vespa mampu memenangkan kejuaraan tersebut sebanyak 9 kali. Hal itu merupakan torehan yang luar biasa yang di dapatkan oleh Vespa.

Kini, Vespa telah melahirkan kembali motor legenda mereka dengan desain yang lebih modern tetapi tetap menampilkan aura balap dari model Vespa Sport Squadra Corse mereka. Vespa ini dinamai Sei Giorni (enam hari) karena terinspirasi dari keikutsertaan mereka diajang lomba paling fenomenal selama enam hari di kala itu.

Untuk urusan dapur pacu, Vespa Sei Giorni tidak lagi menggunakan mesin 2 langkah seperti model legendarisnya, motor ini telah dilengkapi mesin 278cc 4 langkah yang mampu menghasilkan tenaga sekita 15.6 kw (21,2 hp) pada putaran mesin 7.750 RPM serta memiliki torsi sekitar 22Nm pada putaran mesin 5.000 RPM. Motor ini juga di lengkapi dengan corak nomor khas motor balap di bodi motornya. Sei Giorni adalah salah satu model Vespa paling sporti yang pernah dibuat.

Motor Vespa Sei Giorni ini merupakan motor Vespa model sport touring dari keluarga Vespa GTS yang sudah memenuhi standar emisi euro 4. Vespa Sei Giorni tetap mempertahankan model lawas mereka dengan bodi gendut yang merupakan ciri asli motor Vespa tapi telah mendapatkan sentuhan modern. Lampu utama menyatu dengan spakbor depan serta telah dilengkapi sistem pengereman ABS. Motor dengan satu silinder ini juga telah dilengkapi dengan pendingin cairan serta menggunakan sistem injeksi elektronik.
Baca Juga : Suzuki Siap Luncurkan SV650X Motor Ala Cafe Racer
Vespa Sei Giorni ini juga telah dilengkapi dengan port USB yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Memiliki kapasitas penyimpanan bahan bakar yang besar sekitar 8,5 liter serta menggunakan jok tunggal berlapis kulit. Untuk mengikuti perkembangan jaman, maka transmisi otomatis pun dipilih. Walaupun merupakan motor matic, tapi dengan torsi dan tenaga yang besar maka kemampuan untuk melibas jalanan tak perlu untuk diragukan.

Untuk aksesorisnya, Sei Giorni telah dilengkapi dengan pelindung angin, ruang penyimpanan yang lega yang memiliki kapasitas hingga 42 liter, dilengkapi dengan fitur anti maling, serta yang tidak kalah modern adalah telah disematkan sebuah unit GPS Tom Tom Vio.

Vespa ini merupakan produk limited edition, hanya di produksi secara terbatas dan eksklusif sekitar 300 unit saja. Jadi para pemilik Sei Giorni ini merupakan orang – orang yang beruntung karena telah mendapatkan motor Vespa edisi spesial yang kental aura balap sebagai titisan dari motor balap legendaris Vespa Sport Squadra Corse. Harga Vespa Sie Giorni ini dibanderol dengan harga sekitar £ 5,399.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar