Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 21 November 2017

Apa Arti Overdrive Pada Mobil Otomatis?

Apa Arti Overdrive Pada Mobil Otomatis?

Arti Overdrive Pada Mobil Otomatis, Otomo.id
- Mobil otomatis menjadi lebih populer dan diminati di kalangan pengemudi mobil selama beberapa tahun terakhir. Mereka lebih mudah bermanuver, dan pengemudi bisa melaju dengan nyaman tanpa mengatur roda gigi. Mereka lebih mudah dikendarai untuk driver pemula juga. Jika Anda juga mendapat mobil otomatis baru, Anda pasti sudah memperhatikan bahwa masih ada sejumlah roda gigi yang menunjukkan gigi mana yang dikendarai mobil Anda. Anda juga pasti pernah melihat tombol overdrive. Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang apa artinya overdrive pada mobil otomatis.

Sebagian besar mobil otomatis berjalan pada empat kecepatan, dan memiliki perlengkapan tambahan overdrive. Pada dasarnya, gigi ke-5 ini bermaksud untuk menurunkan rpm mobil Anda , yang merupakan putaran per menit di mana mesin mobil Anda beroperasi. Selanjutnya, overdrive memberikan jarak tempuh gas yang lebih baik untuk jelajah raya. Jika Anda menghidupkan overdrive Anda, mobil Anda akan masuk ke gigi overdrive ke-5 secara otomatis. Jika Anda tidak menyalakannya, mobil Anda akan terus berjalan di gigi ke-4 dan Anda akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar. Selain itu, menggunakan overdrive juga akan menghemat rem saat Anda melambat, karena proses pengereman akan dilakukan dengan putaran yang kurang, sehingga membuat rem Anda lebih lambat dan akan bertahan lebih lama.
Baca Juga : Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Busi Motor dan Mobil?

Apa yang terjadi saat overdrive button on / off?

Saat tombol overdrive Anda aktif dan lampu dimatikan, transmisi mobil Anda melewati semua roda gigi sistem, termasuk roda gigi tertinggi yang overdrive. Perlengkapan ini berhasil digunakan untuk menyalip, menderek dan mendaki bukit. Bila Anda menekan tombol overdrive, lampu yang overdrive akan menyala. Sekarang, mobil Anda tidak akan masuk ke perlengkapan yang overdrive dan performa mobil Anda hanya akan terbatas pada tiga roda gigi saja. Hal ini menyebabkan downshift dari gigi tertinggi Anda saat Anda melaju kencang dan Anda menekan tombol overdrive.

Bagaimana cara kerja overdrive?

Overdrive memiliki kereta gigi episiklik yang terletak di belakang unit transmisi mobil. Mungkin pasangan poros output langsung ke driveshaft masukan, atau meningkatkan kecepatan untuk membuatnya berputar lebih cepat daripada poros input. Kemudian Anda bisa mengatakan bahwa poros output telah overdriven ke poros input. Kecepatan overdrive pada dasarnya adalah hasil integrasi gearsets planet dan episiklik ke dalam transmisi mobil . Mobil otomatis memiliki overdrives elektronik di mana sistem komputer secara otomatis menyesuaikan diri dengan kondisi kebutuhan beban dan daya mobil.

Sebelum Anda mengaktifkan overdrive, Anda harus waspada terhadap situasi saat Anda dapat menggunakannya. Misalnya, ini bisa digunakan saat Anda mengemudi dengan kecepatan tinggi dan mesin Anda menegang dengan RPM tinggi, seperti jalan bebas hambatan atau jalan raya. Tapi bukan tombol yang tepat untuk ditekan saat Anda mengemudi di kota, atau jika Anda berlari dengan kecepatan kurang dari 50, itu juga tidak konsisten. Biasanya, Anda ingin mematikan overdrive saat Anda memerlukan downshift mendadak dari gigi ke-4 ke posisi ke-3, seperti saat menyalip. Bila digunakan dengan tepat, mobil ini akan memperpanjang mesin mobil Anda dan tidak memberi tekanan pada kereta penggerak Anda.

Manfaat menggunakan overdrive

Bila Anda menggunakan overdrive, kecepatan mesin mobil Anda berkurang, yang berakibat pada penghematan dan pengurangan keausan . Selama beberapa tahun terakhir, hampir semua kendaraan, baik otomatis maupun manual, sudah termasuk overdrive dalam model mereka. Semua mesin mobil memiliki tingkat kinerja puncak, dan overdrive dapat membantu dalam menjaga mesin menjauh dari jangkauan ini. Jika diaplikasikan pada kecepatan yang sesuai, Anda bisa menghemat bahan bakar meski saat mengemudi dengan kecepatan rendah.
Baca Juga : Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Kopling Mobil?
Apalagi dengan menggunakan overdrive dengan benar, seperti di jalan raya, bisa mengurangi jumlah polusi yang dipancarkan mobil Anda hingga 1/3 kurang dari itu dengan gigi normal.

Menggunakan overdrive juga bisa menguntungkan beberapa aksesoris mobil Anda dengan memperbaiki masa pakai mereka. Aksesoris ini yang akan mendapatkan umur lebih panjang adalah seperti pompa kemudi, kompresor AC, pompa asap, pompa air, alternator.

Overdrive memiliki kecepatan input lebih rendah dari pada kecepatan output. Kecepatan meningkat bukannya menurun. Bila Anda melakukan overdrive, Anda akan memperbaiki efisiensi mobil dan menghemat bahan bakar juga. Turbin tetap terputus dari segala hal, dan satu-satunya masukan yang datang difasilitasi oleh perumahan konverter.

Anda harus mencatat bahwa, walaupun ada banyak keuntungan menggunakan overdrive, mobil Anda akan memiliki daya lebih rendah jika Anda menuntutnya saat menanjak. Matikan overdrive Anda saat Anda sedang menderek. Selain itu, Anda juga harus mematikannya saat Anda menggunakan downgrade kecil saat menggunakan rem mesin. Jangan gunakan overdrive di jalan yang licin atau kondisi jalan bersalju / hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar