Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 22 November 2017

Cara Menyesuaikan Katup Mesin Motor

Cara Menyesuaikan Katup Mesin Motor

Cara Menyesuaikan Katup Mesin Motor, Otomo.id
- Katup di mesin motor Anda tertutup dan terbuka ratusan kali setiap menitnya. Terdiri dari logam, mereka menjadi panas saat Anda mengemudi dan mereka berkembang. Akibatnya, kursi katup turun seiring waktu, menyebabkan katup bergerak ke atas ke kepala aluminium. Hal ini mengurangi jarak antara lobus cam dan ujung batang katup, sehingga mempengaruhi cara katup tertutup dan terbuka.

Saat Anda membeli motor baru, clearance katup tetap stabil untuk jam 80-120 pertama, dan kemudian mulai memakai ke bawah. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menyesuaikannya secara teratur. Jika dibiarkan tanpa dijaga, katup tidak akan diikat sepenuhnya, dan Anda akan mendengar suara katup dengan lebih jelas. Jika Anda telah memutuskan untuk melakukannya sendiri, artikel kami kali ini akan memberi tahu Anda bagaimana cara menyesuaikan katup mesin motor Anda.
Baca Juga : 5 Ban Sepeda Motor Paling Awet, Terlaris di Indonesia
Sebelum kami memberi tahu Anda langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menyesuaikan katup mesin motor, mari kita simak gejala yang mengindikasikan bahwa ban motor Anda memerlukan pembersihan atau penyesuaian katup :
  • Anda mungkin mendengar suara jenis knocking di area katup
  • Motor Anda akan mulai kehilangan daya
  • Perubahan suara pada sepeda motor Anda
Untuk mempersiapkan pekerjaan, pertama Anda harus tahu bahwa sepeda motor harus benar-benar dingin. Jadi, pastikan Anda meninggalkan sepeda motor di garasi Anda semalaman dan jangan menggunakannya sebelum Anda mencoba menyesuaikan katup.

Lepaskan penutup katup. Gunakan obeng untuk melonggarkan baut tutup katup Anda dan lepaskan kepalanya secara merata dari setiap sisi. Juga, Anda harus mengeluarkan banyak barang dari area penutup katup motor, sehingga Anda dapat dengan mudah bekerja dengan katup dan camshaft.

Ukur Clearance
Setelah melepas penutup, Anda akan bisa melihat iklan camchain camshaft. Sekarang matikan alternator anti searah jarum jam setelah melepaskan penutup alternator. Anda akan bisa melihat 'T' di dekat garis bak mesin. Sekarang Anda harus mengukur empat jarak bebas untuk katup piston. Cobalah dengan alat pengukur rasa minimal dan kerjakan sampai Anda mengenali yang tidak masuk. Cengkraman yang Anda inginkan adalah yang kurang dari yang ini. Buatlah tabel semua pengukuran. Setelah Anda mengukur piston pertama Anda, lakukan dengan piston lain juga dengan memutarnya 180 derajat searah jarum jam. Setelah melakukan ini, Anda akan dapat mengidentifikasi berapa banyak katup mesin yang tidak sesuai.

Lepaskan camshaft, panduan camchain, tensioner camchain dan tutup camshaft sampai Anda melihat ember atau pengangkat katup. Anda akan menemukan shim di bawah masing-masing. Tarik semua lifter yang ingin Anda ganti. Letakkan mereka di atas selembar kertas beserta shims mereka, dan catat ukurannya sehingga Anda bisa mendapatkan penggantinya. Jika Anda tidak yakin dengan ukurannya, Anda bisa menggunakan mikrometer untuk mengukur ketebalannya . Oleskan beberapa minyak majemuk atau minyak moly ke shims baru, masukkan kembali ke mesin, dan tutupi dengan pengangkat yang sebelumnya Anda singkirkan.
Baca Juga : Apa Arti Overdrive Pada Mobil Otomatis?
Pasang kembali camshaft, pasang kembali rantai itu di atas mereka, pasang spidol dengan tutup camshaft, kencangkan tutupnya, dorong camchain antara dua sprocket, putar rotator dengan perlahan dan pastikan semuanya berbaris. Sekarang, pasang kembali tensioner dan pastikan semuanya sempurna.

Dan yang terakhir pasang kembali alternator dan penutup katup. Anda dapat mempertimbangkan untuk mengganti bushing karet tua dan baut dengan yang baru, dan juga mengisi kembali pendingin dan minyak yang dikeringkan. Seperti Anda telah menghapus pendingin Anda, ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan pendingin juga. Sekarang, mulailah menyalakan sepeda motor Anda dan nikmati perjalanan yang lebih baik dari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar