Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 10 November 2017

GAIKINDO Menyiapkan Pameran Otomotif Khusus Kendaraan Niaga Tahun 2018

GAIKINDO Menyiapkan Pameran Otomotif Khusus Kendaraan Niaga Tahun 2018

Pada tahun 2018 mendatang, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) telah berencana untuk menyelenggarakan pameran otomotif khusus kendaraan niaga . Hal ini dilakukan oleh GAIKINDO dengan tujuan untuk memberikan fasilitas kepada para anggotanya yang berasal dari kalangan Agen Pemegang Merk ( APM ) dalam mempromosikan kendaraan komersial andalan mereka.

Mengutip dari situs resmi GAIKINDO, Yohannes Nangoi yang merupakan ketua umum dari GAIKINDO ini mengatakan bahwa penyelenggaraan pameran khusus kendaraan komersial ini didasari dari pertumbuhan industri otomotif khususnya kendaraan komersial atau kendaraan niaga pada tahun 2017 ini mulai menggeliat dan mengalami pertumbuhan yang signifikan dibandingkan dengan tahun 2016 yang lalu.

Baca Juga : Akhirnya Nissan Kembali Diperbolehkan Memproduksi Mobil di Jepang

Rencana penyelenggaraan pameran ini juga kian diperkuat dengan data yang telah berhasil dikumpulkan oleh Frost & Sullivan yang merupakan sebuah lembaga survei yang memperkirakan bahwa pasar otomotif di Indonesia akan mengalami pertumbuhan dengan tren yang positif. Pertumbuhan pasar otomotif ini didasari oleh beberapa faktor yang mendukung antara lain adalah karena belanja pemerintah, pembangunan infrastruktur serta kegiatan operasional di seluruh wilayah Indonesia.

Ketiga faktor tersebut akan sangat berperan dalam peningkatan kebutuhan kendaraan komersial di tanah air. Hal ini diperkirakan akan mampu menambah pertumbuhan pasar otomotif di Indonesia khususnya kendaraan niaga sebesar 0,5 persen.

Yohannes Nangoi juga menambahkan bahwa pertumbuhan industri kendaraan komersial di Indonesia mempunyai prospek yang sangat positif ditengah – tengah pertumbuhan infrastruktur di wilayah Indonesia serta di ikuti dengan membaiknya beberapa harga komoditas maupun pertambangan. Sehingga pameran tersebut di anggap memiliki momentum yang sangat tepat untuk menyambut peluang emas ini.

Pameran yang akan di adakan oleh GAIKINDO tersebut bertajuk GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo ( GIICOMVEC ) 2018. Pameran ini rencananya akan di selenggarakan di Jakarta Convention Center ( JCC ) di Senayan – Jakarta pada tanggal 1 – 4 Maret tahun 2018 mendatang.

Rizwan Alamsjah yang merupakan Ketua III GAIKINDO dan bertugas dalam pengelolaan pameran memberikan penekanan bahwa penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS yang juga diprakarsai oleh GAIKINDO, selama penyelengaraannya dalam tiga tahun terakhir telah mampu memberikan efek yanag sangat positif bagi pertumbuhan industri otomotif nasional.

Rizwan juga menambahkan bahwa perlu diadakan pameran otomotif yang lebih fokus pada kendaraan komersial atau niaga di Indonesia yang merupakan pameran business to business ( B to B ) seperti pameran GIICOMVEC tahun depan. Konsep penyelenggaraan pameran GIICOMVEC adalah untuk membantu dan mendukung industri kendaraan komersial di Indonesia dalam menangkap peluang atau momentum positif yang ada.

GIICOMVEC merupakan ajang bagi para Agen Pemegang Merk ( APM ) untuk mempromosikan dan menghadirkan kendaraan komersial yang mereka miliki kepada para konsumen atau para pengunjung pameran yang tepat sasaran. Selain itu, para peserta pameran juga akan mendapatkan tempat dan waktu secara langsung untuk menunjukkan teknologi serta berbagai macam jenis kendaraan niaga produksi mereka kepada para pengunjung.

Baca Juga : Tata Motors Hadir Pada Gelaran Pameran Otomotif Surabaya 2017

Meskipun pameran ini baru akan digelar untuk pertama kalinya pada tahun depan, tetapi antusias dari para calon peserta pameran cukup tinggi dan mereka memberikan respon yang positif. Tercatat beberapa APM dari pabrikan otomotif ternama seperti Isuzu, DFSK, Daihatsu, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors dan juga Mercedes-Benz berminat untuk ikut berpartisipasi pada pameran tersebut. Selain itu beberapa industri karoseri kendaraan di Indonesia juga tak mau ketinggalan untuk turut berpartisipasi dan meramaikan pameran otomotif tersebut.

Terakhir Rizwan juga berharap bahwa penyelenggaraan GIICOMVEC untuk pertama kalinya tersebut mampu mendorong peningkatan permintaan terhadap industri kendaraan komersial di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar