Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 01 November 2017

Bahaya Yang Bisa Timbul Jika Terlalu Sering Memoles Ban Kendaraan

Bahaya Terlalu Sering Memoles Ban Kendaraan

Bahaya Terlalu Sering Memoles Ban Kendaraan
- Saat ini di Indonesia telah tersebar jutaan kendaraan yang berlalu lalang setiap hari di jalanan, baik daerah di perkotaan maupun pedesaan. Hal ini menjadi salah satu penyebab masalah polusi udara dan menyebabkan kotoran ataupun debu mudah menempel di kendaraan yang kita pakai sehari-hari, sehingga membuat kendaraan kita menjadi terlihat lebih cepat kusam dan kurang menarik. Terkadang mengelap kendaraan saja tidak bisa membuat kendaraan kita menjadi kembali terlihat kinclong.

Untuk menjaga kendaraan tetap dalam kondisi bersih dan mengkilap kita bisa mencuci kendaraan dan memolesnya. Terkadang pemilik kendaraan roda dua ataupun roda empat masih kurang puas jika yang terlihat bersih dan mengkilap hanya pada bagian body kendaraan mereka saja, sehingga bagian roda / ban kendaraan pun juga ikut dipoles agar terlihat mengkilap. Apalagi keadaan di daerah perkotaan yang panas dan berdebu bisa membuat kondisi kendaraan kita cepat kusam jika tidak sering-sering di cuci termasuk pada bagian ban kendaraan.

Baca Juga : Tips Penting Sebelum Memodifikasi Motor Anda

Bahaya Terlalu Sering Memoles Ban Kendaraan

Walaupun tak ada larangan memoles / menyemir ban kendaraan, ternyata memoles ban kendaraan terlalu sering bisa mengakibatkan hal buruk bagi ban tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada semir ban seperti silikon yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan semir serta bahan-bahan kimia lain dapat membuat ban kendaraan Anda menjadi cepat berubah warna seperti kusam ataupun belang-belang. Lebih parahnya lagi, ban kendaraan Anda bisa mengalami retak / pecah-pecah. Hal ini tentu saja bisa membuat ban kendaraan kesayangan Anda cepat bocor dan rusak.

Jika dirasa tidak terlalu penting, maka lebih baik biarkan ban Anda tetap dalam warna alaminya. Anda cukup mencucinya saja dan menyikatnya, Anda bisa menggunakan sabun colek ataupun sampo pembersih kendaraan tanpa perlu memoles ban kendaraan Anda. Walaupun nantinya kondisi warna ban menjadi terlihat tidak mengkilap atau kusam, hal itu jauh lebih baik karena bisa membuat kondisi ban menjadi lebih awet dan lebih aman untuk di pakai berkendara sehari-hari.

Tetapi jika Anda tetap menginginkan untuk memoles ban kendaraan Anda agar tetap terlihat bersih dan mengkilap, usahakan hanya memoles bagian pinggirnya saja tanpa memoles bagian telapak ban yang bersentuhan langsung dengan jalanan, khususnya bagi Anda pemilik kendaraan roda dua. Hal ini untuk menghindari ban menjadi licin dan berbahaya ketika di pakai berkendara, apalagi ketika menikung ataupun waktu mengerem kendaraan secara mendadak. Kondisi ban yang licin karena polesan semir juga bisa mengurangi daya cengkeram ban itu sendiri.

Baca Juga : Tips Merawat Sepeda Motor Agar Mesin Tetap Awet

Seandainya semir ban masih dirasa perlu untuk digunakan, usahakan jangan menyemir ban terlalu sering. Anda masih bisa menyemir ban sesekali saja untuk menjaga penampilan kendaraan Anda tetap kinclong khususnya di bagian roda serta Anda masih bisa mengikuti tren dengan tunggangan yang terlihat mengkilap. Satu catatan yang perlu di perhatikan, pilihlah semir ban yang memiliki bahan dasar air ( water based ) karena semir jenis ini di anggap lebih aman dan bersahabat bagi ban kendaraan Anda serta mudah untuk di bersihkan bila dibandingkan dengan semir ban yang berbahan dasar minyak ( oil based ).

Seiring perkembangan jaman dan teknologi, kini banyak di temui berbagai macam jenis semir ban yang berbahan dasar air maupun berbahan dasar minyak baik dalam kemasan sachet maupun semir ban yang di jual dalam kemasan botol maupun dijual secara literan. Anda bisa memilihnya sesuai keinginan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar