Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Minggu, 26 November 2017

Ban Kendaraan Yang Bisa Berputar 360 Derajat Produksi Hankook

Ban Kendaraan Yang Bisa Berputar 360 Derajat Produksi Hankook

Ban Kendaraan Yang Bisa Berputar 360 Derajat Produksi Hankook
- Hankook Tire yang merupakan produsen ban kendaraan terkemuka di dunia asal negeri gingseng Korea Selatan telah meluncurkan inovasi terbaru mereka yaitu sebuah ban kendaraan yang dapat berputar sebesar 360 derajat penuh. Perusahaan tersebut menampilkan sebuah terobosan baru di dunia otomotif dengan menciptakan ban kendaraan berbentuk bulat menyerupai bola . Hal ini merupakan bagian dari kampanye “ The Next Driving Lab “ Hankook yang telah dimulai sejak tahun 2013 yang lalu dan merupakan salah satu proyek besar mereka dalam berinovasi.

Hankook memperkenalkan ban mobil generasi terbarunya tersebut pada ajang Frankfurt Motor Show 2017 yang berlangsung di Jerman. Ban tersebut mereka juluki dengan sebuatan “ Ball Pin Tire “ dan memiliki perputaran sudut hingga 360 derajat. Hankook memiliki komitmen yang kuat untuk mengembangakan teknologi mutakhir yang mampu memberikan pengalaman berkendara yang futuristik.

Hankook telah mengeluarkan sebuah video yang menunjukkan bahwa ban tersebut mampu berputar sebesar 360 derajat, lalu berbelok dan melakukan gerakan zig – zag . Pada model ball pin tire ini, Hankook telah memasangkan teknologi giroskop canggih dan tiga buah sistem omni wheel pada sebuah kendaraan . Sensor yang terdapat pada giroskop tersebut berfungsi untuk menjaga keseimbangan yang sempurna antara bodi kendaraan dan ban sehingga kendaraan tidak akan terguling ketika di ajak untuk melakukan manuver yang ekstrim.

Selain itu, sistem kontrol yang presisi dari ketiga buah sistem omni wheel tersebut dapat memeberikan keleluasaan bagi pengendara untuk mengarahkan kendaraan mereka ke arah manapun dan pada kecepatan berapapun. Dengan demikian, produsen ban Hankook telah menjaga komitmen mereka untuk terus melakukan pengembangan inovasi tanpa batas secara jangka panjang dan dalam mengejar misi mereka untuk menjadi pemimpin dalam industri otomotif khususnya ban pada masa yang akan datang.

Baca Juga : 5 Ban Sepeda Motor Paling Awet, Terlaris di Indonesia

Jika melihat kenyataan saat ini, teknologi ban konvensional memiliki pergerakan yang sangat terbatas dan hanya mampu digerakkan kearah kanan dan kiri saja. Sementara itu, jika sebuah kendaraan telah menggunakan model ban yang dapat berputar 360 derajat seperti inovasi yang dimiliki oleh perusahaan ban Hankook ini, maka kendaraan akan mampu melakukan gerakan berputar pada porosnya tanpa memerlukan radius putar yang sangat besar, kemudian kendaraan juga bisa bergerak kearah samping untuk memudahkan parkir secara paralel hingga melakukan manuver zig – zag dengan sangat lincah dan mudah.

Dengan teknologi ball pin tire yang dimiliki oleh Hankook ini, maka menciptakan sebuah kendaraan seperti yang ada pada film – film fiksi bukan lagi menjadi sesuatu yang mustahil atau sulit dilakukan. Walaupun perusahaan ban tersebut sudah memperkenalkan ban ciptaan mereka kepada publik, tetapi pihak Hankook belum mengeluarkan pernyataan kapan model ban yang dapat berputar sebesar 360 derajat ini akan diterapkan pada kendaraan produksi masal.

Saat ini pihak Hankook masih melakukan pengembangan dan penyempurnaan terhadap ban tersebut agar tetap aman dan nyaman ketika nanti sudah mulai diproduksi secara masal. Selain itu, salah satu produsen ban kelas dunia lainnya yaitu Goodyear juga telah merilis sebuah konsep ban berbentuk bola buatan mereka yang diberi nama Eagle 360 Urban. Namun demikian, pihak Goodyear juga masih belum memastikan kapan ban futuristik mereka akan masuk kedalam jajaran produksi masal.

Saat ini pihak Hankook juga sedang mengembangkan inovasi mutakhir mereka yang lain seperti menciptakan sebuah ban yang mampu merespon perintah yang dikeluarkan oleh gelombang otak manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar