Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Minggu, 26 November 2017

Inilah Perbedaan Mobil Hybrid Dan Mobil Listrik

Perbedaan Mobil Hybrid Dan Mobil Listrik

Perbedaan Mobil Hybrid Dan Mobil Listrik, Otomo.id
- Saat ini industri otomotif dunia telah memulai revolusi mereka untuk menciptakan kendaraan rendah emisi sehingga pada saatnya nanti bahan bakar fosil akan ditinggalkan oleh pengguna kendaraan bermotor. Hal tersebut juga dipicu oleh isu pemanasan global yang semakin hari semakin meningkat sehingga bisa membahayakan kondisi bumi kita.

Saat ini telah beredar dua jenis kendaraan ramah lingkungan yaitu berjenis hybrid dan kendaraan bermesin listrik atau biasa disebut dengan electric vehicle ( EV ). Kedua jenis kendaraan tersebut sama – sama menyematkan mesin listrik pada dapur pacunya, tetapi walaupun demikian sebenarnya ada perbedaan yang cukup mendasar dari kedua jenis kendaraan tersebut. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini.
Baca Juga : Tips Beli Mobil Baru Yang Perlu Kita Ketahui

Perbadaan Mobil Listrik Dan Mobil Hybrid

Mobil Listrik
Sama seperti namanya, mobil ini ditenagai oleh mesin yang menyematkan motor listrik sebagai penggerak utamanya. Motor listrik tersebut merupakan sebuah komponen utama untuk menggerakkan mobil dan mendapatkan pasokan energi dari sebuah baterai yang disambungkan melalui kabel atau mendapatkan pasokan energi listrik dari sumber listrik lainnya. Mobil listrik ini memiliki beberapa komponen utama yang sangat penting, diantaranya adalah motor listrik, baterai sebagai sumber listrik, komponen pengontrol motor listrik, platform mobil listrik, serta sebuah sistem pengisian baterai.

Mobil Hybrid
Sementara itu, mobil hybrid adalah sebuah mobil yang menggunakan tenaga penggerak gabungan antara motor listrik dan mesin konvensional berbahan bakar minyak. Mobil hybrid ini dibagi menjadi dua jenis atau kategori, yaitu paralel dan series. Untuk mobil hybrid jenis paralel, maka mobil ini akan menggunakan dua jenis sumber energi dan dua jenis penggerak. Sumber energi untuk mobil hybrid jenis paralel ini berasal dari mesin pembakaran dalam atau internal combustion engine ( ICE ).


Perbedaan Mobil Hybrid Dan Mobil Listrik

Mesin tersebut fungsinya bisa disesuaikan dan bisa digunakan secara bersamaan dengan motor listrik untuk menggerakkan mobil, selain itu juga berfungsi untuk memutar generator agar dapat memberikan suplai aliran listrik untuk mengisi baterai yang digunakan sebagai energi penggerak motor listrik. Contoh mobil yang menggunakan teknologi ini adalah Toyota Prius.

Sedangkan untuk mobil hybrid yang berjenis series, mobil ini menggunakan ICE hanya untuk menggerakkan atau untuk memutar generator dan tidak bisa menjalankan mobil. Listrik yang dihasilkan oleh generator akan disalurkan untuk mengisi baterai yang berguna untuk memutar motor listrik sehingga tenaganya dapat disalurkan untuk menjalankan mobil. Mobil yang menggunakan jenis hybrid series ini adalah mobil BMW i3.

Itulah perbedaan dari mobil listrik dan mobil hybrid. Setelah mengetahui perbedaan dari keduanya, saatnya kita ulas kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis mobil tersebut.

Berikut keuntungan menggunakan mobil listrik :
  • Mobil listrik akan menghemat biaya perjalanan Anda karena mobil listrik tidak memerlukan bahan bakar minyak untuk menjalankan mobil.
  • Tidak menyebabkan polusi udara sehingga dapat mengurangi masalah pemanasan global. Serta hemat energi dan tidak boros bahan bakar ketika berada dikemacetan.
  • Perawatan mobil cenderung lebih mudah karena tidak perlu penggantian oli mesin dan hanya perlu merawat baterai saja.
  • Suara mesin sangat halus dan hampir tanpa suara maupun getaran

Adapun kekurangan dari penggunaan mobil listrik, yaitu :
  • Jarak tempuh baterai masih terbatas hanya mampu bertahan beberapa ratus kilometer saja atau akan habis dalam waktu beberapa jam saja sehingga kurang praktis untuk digunakan dalam perjalanan yang sangat jauh.
  • Pengisian baterai memerlukan waktu yang cukup lama.
  • Penggunaan komponen baterai masih menggunakan ukuran yang besar agar memungkinkan untuk mendapatkan energi yang besar. Bentuk baterai yang besar akan mempengaruhi daya gerak kendaraan karena akan menambah berat kendaraan.
  • Harga baterai dan mobil secara keseluruhan masih terbilang sangat mahal
  • Cukup berbahaya jika digunakan untuk melaju kencang karena orang lain hampir tidak bisa mendengar suara kendaraan.
Baca Juga : Apa Arti Overdrive Pada Mobil Otomatis?
Setelah membaca tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan mobil listrik, dibawah ini kami sajikan ulasan singkat tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan mobil jenis hybrid.

Kelebihan Mobil hybrid
  • Mobil hybrid lebih hemat bahan bakar jika dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional karena menggabungkan dua tenaga penggerak sehingga bisa meminimalisir penggunaan bahan bakar minyak.
  • Penggunaan mobil hybrid juga termasuk ramah lingkungan karena rendah emisi gas buang sehingga bisa meminimalisir pencemaran udara.
  • Mobil hybrid terkenal minim getaran dan memiliki tingkat kebisingan yang rendah sehingga tidak menyebabkan polusi suara.
  • Kinerja mesin bensin dan juga motor listrik yang bisa dipadukan secara bersama – sama mampu menambah tenaga mobil.

Kekurangan Mobil Hybrid
  • Saat ini mobil hybrid masih mempunyai harga jual yang cukup mahal dan masih memiliki sedikit varian, tidak seperti jenis mobil konvensional yang memiliki jenis dan tipe beragam serta memiliki harga lebih murah.
  • Mobil hybrid memiliki sistem kelistrikan yang sangat rumit, sehingga Anda perlu mengeluarkan biaya yang cukup tinggi untuk melakukan perawatan dan perbaikan mobil jenis ini. Dan jika ada kerusakan pada motor listrik yang menghasurkan Anda menggantinya, maka harganya masih sangat tinggi.
  • Seperti mobil listrik, mobil hybrid juga memiliki suara yang minim sehingga cukup berbahaya jika digunakan dalam jalanan yang padat. Oleh karena itu National Highway Traffic Safety Administration ( NHTSA ) Amerika mewajibkan para produsen mobil hybrid dan listrik membuat kendaraan produksi mereka mampu mengeluarkan suara yang bisa didengar oleh orang lain, dan peraturan ini mulai berlaku pada tahun 2019 mendatang.

Itulah ulasan singkat kami tentang mobil hybrid dan juga mobil listrik. Jadi diantara kedua jenis mobil tersebut, Anda lebih memilih mobil listrik atau mobil hybrid?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar