Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 03 November 2017

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Busi Motor dan Mobil?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Busi Motor dan Mobil?


Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Busi, Otomo.id - Banyak komponen – komponen penting pada kendaraan baik mobil maupun sepeda motor yang memerlukan perawatan dan penggantian secara berkala, salah satunya adalah busi. Busi memiliki peranan yang sangat penting bagi dapur pacu kendaraan Anda, bila busi ini kotor ataupun sudah tidak bisa mengeluarkan percikan api yang maksimal maka bisa mengganggu kinerja mesin mobil ataupun motor kesayangan Anda. Lebih parahnya lagi, kendaraan tidak bisa dinyalakan karena busi sudah habis masa pakainya alias mati.

Busi pada kendaraan mesin bensin bertugas mengeluarkan percikan api yang berfungsi untuk membakar campuran bahan bakar bensin dan udara yang telah di kompresi pada ruang bakar. Jika percikan api yang di hasilkan oleh busi kecil atau bahkan busi tidak bisa mengeluarkan percikan api, maka proses pembakaran akan terganggu dan menyebabkan masalah pada mesin kendaraan Anda. Busi hanya terdapat pada motor berbahan bakar bensin saja, sedangkan pada mesin diesel tidak diperlukan busi untuk membakar campuran udara dan solar.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Busi ?

Sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk mengganti busi kendaraan?. Sebelum mengganti busi kendaraan, sebaiknya Anda mengenali gejala – gejala yang bisa timbul pada busi. Bila busi sudah melampaui masa pakainya, biasanya akan terjadi gejala mobil atau motor susah untuk dinyalakan, ketika waktu kendaraan jalan akan terasa brebet atau tersendat – sendat, dan bisa menyebabkan mesin tiba – tiba mati sendiri ketika dalam keadaan hidup.

Baca Juga : Tips Penting Sebelum Memodifikasi Sepeda Motor Anda

Bila terjadi gejala – gejala di atas, bisa jadi busi Anda sedang bermasalah. Oleh karena itu lakukan pengecekan secara rutin pada busi kendaraan Anda. Biasanya pada buku panduan manual kendaraan akan disertakan berapa lama masa pakai busi dan kapan harus di ganti, umumnya akan di cantumkan setiap beberapa ribu kilometer busi harus segera diganti karena performanya sudah mulai menurun.

Akan lebih baik jika Anda mematuhi aturan yang telah tersedia pada buku panduan manual kendaraan Anda. Walaupun busi masih dalam keadaan normal, tetapi jika sudah melewati batas waktu pemakaian ada baiknya untuk segera mengganti busi kendaraan Anda. Hal ini juga berfungsi untuk mengantisipasi kendaraan tiba – tiba mogok dijalan karena busi sudah tidak bisa lagi menjalankan tugasnya dengan baik.

Tetapi bila Anda sering menggunakan kendaraan untuk perjalanan jauh dan setelan busi tidak tepat juga bisa mempengaruhi masa pakai busi kendaraan Anda. Biasanya jika warna ujung elektroda busi berwarna hitam, tandanya campuran bensin lebih besar dari pada udara dan bisa mengakibatkan boros bahan bakar, dan apabila warna elektroda busi terlihat memutih bisa jadi campuran udaranya terlalu kaya yang mengakibatkan kondisi kendaraan menjadi terlalu panas. Kondisi ruang mesin / ruang pengapian yang terlalu panas dari semestinya bisa mempercepat kerusakan komponen kendaraan terutama busi.

Jika pembakaran busi optimal dengan ditandai elektroda memiliki warna merah bata atau berwarna kecoklatan, maka masa pakai busi kendaraan Anda akan awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, jenis busi juga menentukan masa pakai busi itu sendiri. Ada beberapa jenis busi yang dijual di pasaran , diantaranya busi tipe standar, tipe platinum dan busi iridium. Setiap jenis busi tersebut memiliki masa pakai yang berbeda – beda.

Baca Juga : Helm Sepeda Motor Terbaik Kelas Dunia 2017

Ketika Anda melakukan service rutin kendaraan Anda, ada baiknya Anda menanyakan tentang keadaan busi kendaraan kesayangan Anda pada mekanik yang sedang bertugas. Jika kondisi busi hanya kotor, maka cukup membersihkannya saja. Tetapi jika kondisi elektroda busi sudah kurang bagus, lebih baik Anda segera menggantinya dengan yang baru agar tidak terjadi hal – hal yang tidak di inginkan ketika dalam perjalanan seperti kendaraan tersendat – sendat ataupun sering mati secara tiba – tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar