Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 03 November 2017

Motor Listrik Yamaha E-Vino Mulai Diperkenalkan Untuk Pasar Indonesia

Motor Listrik Yamaha E-Vino Mulai Diperkenalkan di Indonesia

Motor Listrik Yamaha E-Vino, Otomo.id
- Perkembangan teknologi kendaraan semakin hari semakin pesat dan canggih. Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor yang dulunya hanya mengandalkan mesin bensin untuk tenaga penggeraknya, kini sudah mulai dikembangkan teknologi kendaraan bermesin listrik / elektrik. Di Indonesia, sudah ada beberapa merek sepeda motor listrik yang di jual dipasaran dan memiliki peminat yang cukup banyak.

Melihat fenomena ini, pabrikan motor Yamaha juga tidak ingin ketinggalan untuk memperkenalkan dan memasarkan sepeda motor listrik buatan mereka. Beberapa waktu yang lalu mereka telah memperkenalkan motor listrik buatannya yang mereka beri nama Yamaha E-Vino. Nama motor ini mirip dengan motor Yamaha Fino yang sudah beredar terlebih dahulu di Indonesia. Walaupun sama-sama mengusung desain motor retro, tetapi mereka memiliki tenaga penggerak yang berbeda. Yamaha Fino menggunakan tenaga penggerak mesin bensin, sedangkan Yamaha E-Vino yang baru saja di perkenalkan tersebut di bekali dengan motor listrik.

Baca Juga : Review Harga dan Spesifikasi Motor Listrik Viar Q1 Terbaru 2017

Sebenarnya motor listrik Yamaha E-Vino ini sudah sejak lama di pasarkan di negara Jepang, tepatnya pada tahun 2015 yang lalu. Tetapi di Indonesia baru mulai di perkenalkan pada akhir tahun ini. Walaupun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing ( YIMM ) selaku pemegang merk dan produsen kendaraan Yamaha di Indonesia mengaku siap untuk memproduksi motor listrik ini, tetapi kali ini mereka hanya memperkenalkan Yamaha E-Vino ini untuk uji coba pasar ( market trial ) saja dan belum mulai menjualnya untuk masyarakat umum.

Mereka beralasan bahwa saat ini masih mempelajari pangsa pasar motor listrik di Indonesia agar kedepannya dapat memproduksi sepeda motor listrik yang handal, berkualitas serta cocok dengan selera masyarakat Indonesia. Selain itu, mereka juga masih mempertimbangkan tentang kondisi iklim di Indonesia yang sering mengalami banjir di berbagai daerah ketika hujan melanda. Karen jika motor listrik terendam banjir akan rawan terjadi korsleting dan hal ini bisa membahayakan bagi pengendaranya.

Seperti di kutip dari laman resmi Yamaha Motor Indonesia, dalam waktu sebulan kedepan mereka sedang melakukan tes pasar dan bekerjasama dengan beberapa pihak seperti Kebun Raya Bogor, The Breeze BSD Tangerang, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, serta Universitas Pelita Harapan ( UPH ). Motor listrik Yamaha E-Vino ini akan di gunakan sebagai sarana transportasi didalam kawasan dari empat institusi tersebut.

Tes pasar ini sebagai bentuk kepedulian dan dukungan YIMM kepada pemerintah terhadap program percepatan kendaraan listrik untuk transportasi jalan di Indonesia yang kini telah direncanakan oleh pemerintah pusat. Setelah melakukan uji coba pasar, pihak Yamaha Indonesia akan melakukan analisa sebagai persiapan akhir untuk produksi masal motor listrik Yamaha E-Vino ini.
Motor listrik Yamaha E-Vino ini dibekali baterai lithium ion yang memiliki spesifikasi 50V-12Ah. Ketika baterai dalam keadaan terisi penuh, motor ini di klaim mampu berjalan hingga jarak 30 km dengan catatan dikendarai dengan kecepatan konstan sekitar 30 km/jam. Untuk kecepatan maksimalnya Yamaha E-Vino ini bisa berlari hingga menyentuh angka 44 km/jam. Jika baterai nya sudah kosong, maka baterai perlu dicopot agar bisa di isi ulang sampai penuh dan memerlukan waktu sekitar tiga jam pengisian. Untuk berat kendaraannya sendiri tergolong cukup ringan karena hanya memiliki bobot sekitar 66 kg saja.

Karena motor ini belum di jual secara umum, maka untuk harga motor listrik ini belum bisa di pastikan. Tetapi bila melihat teknologi yang di usungnya, kemungkinan harga Yamaha E-Vino motor ini akan di banderol dengan harga di atas 20jutaan rupiah. Untuk kepastiannya kapan motor ini akan dijual secara masal, kita tunggu saja kabar terbaru dari pihak Yamaha Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar