Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 01 November 2017

Bagaimana Nasib Sepeda Motor Bebek Honda Sekarang?

Bagaimana Nasib Sepeda Motor Bebek Honda Sekarang?

Nasib Motor Bebek Honda, Otomo.id - Motor bebek Honda sudah sangat familiar di telinga penduduk Indonesia. Selain terkenal dengan keiritan bensin nya juga terkenal dengan desain yang selalu membuat pecinta motor Honda dengan setia nya sabar menunggu. Namun, semua berubah ketika negara api menyerang, (stand by please) kejayaan motor bebek Honda semakin meredup ketika motor skuter matik muncul di pasaran Indonesia dan bisa terbilang sukses merebut hati pecinta motor Indonesia.

Di era 90’an sangat ngetren sekali sepeda motor bebek Honda bagi pecinta motor di waktu itu. Baik di kota maupun di desa, sepeda motor ini selalu membawa kenyamanan hingga mempunyai tempat tersendiri bagi penduduk Indonesia. Dengan mengandalkan Honda Astrea, sepeda motor bebek Honda mampu membuat gebrakan baru dalam dunia industri motor Indonesia yang dulu-dulu di kuasai oleh motor jantan yaitu Honda CB atau pun GL max hingga Tiger 2000.

Baca Juga : Sejarah Sepeda Motor Honda Masuk Ke Indonesia

Dengan mengusung desain yang cukup nyaman untuk di lihat pada masa dulu dengan adanya striping menjadikan motor bebek ini cukup memukau pecinta Honda. Pada masa tersebut bisa di bilang muncul nya persaingan yang ketat antara sepeda motor jantan Honda dan sepeda motor bebek Honda. Hingga pada tahun 2006, muncul lah motor matic Vario dengan model iklan yang ngehits saat itu Agnes Monica.

Dengan mengandalkan keunikan nya dalam mesin berpendingin cair yang berkapasitas 110cc pertama, Matic mampu membuat pecinta Honda yang setia pada motor bebek beralih ke motor matic. Terbukti dengan muncul nya Honda Vario Series di Indonesia, angka penjualan Honda Vario pada bulan oktober 2016 menyentuh 9 juta unit lebih, hal ini dapat dipastikan sepeda motor bebek Honda yang dulu nya mempunyai nama sekarang terancam hilang di produksi nya.

Meskipun data dari AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia) mencatatkan kenaikan dalam penjualan motor per unit nya yakni 418.931 dengan presentase pemasaran mencapai 75,49% namun dalam persaingan di tubuh Honda sendiri sepeda motor bebek yang di wakilkan oleh Supra GTR150 dengan segala kelebihan nya baik dalam desain dan keiritan nya, namun sepeda motor matic tetap lebih unggul di pasaran. Dulu sepeda motor matic yang dikenal dengan ke otomatisan nya sekarang telah berevolusi baik dalam mesin dan juga pasti nya desain yang jauh lebih elegan.

Banyak nya permintaan konsumen akan motor matic Honda baik Vario maupun Honda Beat telah menjadikan sepeda motor bebek Honda semakin tertinggal jauh dalam persaingan nya. Meskipun Honda telah meluncurkan sepeda motor bebek terbaru namun pemisimistis dalam penjualan nya selalu membayangi sepeda motor bebek Honda. Hingga tidak dapat di pungkiri lagi, untuk jangka waktu 7 atau 10 tahun ke depan nasib sepeda motor bebek Honda mungkin sirna.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Honda Revo X 2017

Namun dalam produksi sepeda motor bebek Honda masih aktif memproduksi untuk target di pulau Kalimantan dan Sumatra yang masih menjanjikan prospek yang stabil ke depan. Permintaan produksi sepeda motor Honda di tanah Kalimantan dan Sumatra masih efektif. Meskipun di pulau Jawa sendiri sepeda motor bebek Honda tidak begitu menjanjikan untuk persaingan penjualan ke depan nya. Namun pihak Honda sendiri masih optimis untuk jangka ke depan nya masih stabil dalam kurun waktu 7 sampai 10 tahun.

Demikian coretan saya tentang nasib sepeda motor bebek Honda sekarang yang tersisihkan oleh keberadaan sepeda motor Matic di Indonesia. Semoga pecinta motor bebek Honda masih eksis untuk tetap setia akan keberadaan sepeda motor bebek Honda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar