Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Kamis, 09 November 2017

Akhirnya Nissan Kembali Diperbolehkan Memproduksi Mobil Di Jepang

Akhirnya Nissan Kembali Diperbolehkan Memproduksi Mobil Di Jepang

Nissan yang merupakan pabrikan otomotif ternama asal negeri matahari terbit Jepang, beberapa waktu yang lalu diketahui terlibat skandal dalam proses produksi mobil mereka. Seperti yang dikutip dari Reuters, kementerian transportasi Jepang telah menemukan bahwa ada teknisi yang tidak memiliki sertifikat kelayakan kerja pada pabrik yang memproduksi kendaraan Nissan di Jepang. Para pekerja tersebut dipekerjakan oleh pihak Nissan untuk melakukan inspeksi akhir pada mobil – mobil yang akan dijual untuk pasar domestik Jepang.

Hal ini tentu saja mencoreng nama besar Nissan sebagai produsen mobil terbesar kedua di Jepang. Sejak saat itu mereka telah menghentikan proses produksi di enam pabriknya yang berada di Jepang untuk melakukan pengkajian ulang terhadap kualitas produksi mobil – mobil buatan mereka agar sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah Jepang.

Pada bulan Agustus yang lalu, Nissan tercatat memproduksi sekitar 79.300 kendaraan penumpang dan juga kendaraan komersial di beberapa pabriknya yang tersebar di negeri itu. Dan sekitar 27.600 unit kendaraan tersebut dibuat untuk pasar domestik, jumlah ini setara dengan 6% dari produksi mereka secara global.

Baca Juga : Tata Motors Hadir Pada Gelaran Pameran Otomotif Surabaya 2017

Nissan juga telah mengakui kesalahan mereka dan berjanji untuk memperbaiki kualitas produksi di semua pabrik yang mereka miliki. Kesalahan tersebut akhirnya memaksa Nissan untuk menarik kembali semua mobil yang telah di produksi selama tiga tahun terakhir yang jumlahnya mencapai 1,2 juta unit mobil.

Sebagaimana diketahui, setiap kendaraan yang telah di produksi di Jepang wajib di daftarkan atau diregistrasikan ke pemerintah dan salah satu syarat lolosnya pendaftaran adalah mobil – mobil tersebut harus telah melalui inspeksi akhir oleh teknisi yang telah memiliki sertifikat khusus.

Namun pada bulan September lalu pemerintah Jepang melakukan sidak dan mendapati bahwa pihak Nissan telah melakukan kecurangan. Hal inilah yang mendasari pemerintah Jepang mengeluarkan keputusan agar Nissan menarik seluruh produksi mobilnya yang dijual untuk pasar domestiknya selama 3 tahun terakhir ini, sedangkan kendaraan untuk pasar internasional tidak dipermasalahkan.

Nissan Kembali Diijinkan Produksi Mobil di Jepang

Setelah melakukan pembicaraan dengan pemerintah, akhirnya pihak kementerian transportasi Jepang memberikan persetujuan kepada pihak Nissan untuk memulai produksi mereka kembali awal bulan November ini. Saat ini perusahaan otomotif tersebut sedang melakukan pelatihan ulang terhadap para teknisi yang mereka miliki dan nantinya hanya para teknisi yang lulus tes saja yang boleh melakukan pengecekan akhir pada kendaraan buatan mereka.

Karena kejadian ini, pihak Nissan memperkirakan penjualan kendaraan penumpang mereka pada bulan Oktober menurun sekitar 50 persen bila dibandingkan dengan penjualan mereka pada bulan Oktober tahun lalu. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa pabriknya di Fukuoka, Kanagawa dan Tochigi serta pabrik yang dioperasikan oleh pihak afiliasi mereka Nissan Shatai di Fukuoka dan Kanagawa telah beroperasi hari selasa yang lalu. Sedangkan satu pabrik lagi yang dioperasikan oleh pihak afiliasi mereka yang lain yaitu Kyoto Auto Works masih menunggu persetujuan dari pihak kementerian.

Baca Juga : Bayar Tol Wajib Pakai Kartu e-Toll Sejak 31 Oktober 2017

Pihak Nissan juga menjelaskan bahwa mereka juga akan melakukan pemeriksaan ulang terhadap 34 ribu kendaraan yang telah mereka produksi selama kurun waktu tanggal 20 September sampai dengan tanggal 18 Oktober tahun ini. Pihak Nissan juga memberikan pernyataan bahwa produksi kendaraan mereka selama tiga tahun terakhir untuk pasar domestik tetap aman digunakan.

Namun demikian, mereka akan tetap menarik kembali 1,2 juta kendaraan yang telah mereka produksi tersebut sebagai kepatuhan mereka terhadap hukum yang berlaku dan sebagai wujud komitmen mereka kepada para konsumen setia Nissan untuk memberikan pelayanan terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar