Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Minggu, 19 November 2017

Sekarang Pengurusan BPKB Bisa Dilakukan Secara Online

Sekarang Pengurusan BPKB Bisa Dilakukan Secara Online


Pengurusan BPKB Bisa Dilakukan Secara Online - Setelah sukses dengan program perpanjangan atau membuat Surat Ijin Mengemudi (SIM) secara online serta pemberlakuan tilang secara online, kini Polda Metro Jaya kembali meluncurkan program pengurusan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor ( BPKB ) secara online. Layanan yang bisa diakses melalui situs bpkb.net tersebut diberi nama Integrated BPKB System atau e-BPKB.

Sistem yang telah berjalan beberapa bulan ini baru diluncurkan pada hari Senin, 13 November 2017 yang lalu dan bertempat di gedung Ditlantas Polda Metro Jaya Jakarta. Sistem digitalisasi pelayanan BPKB secara online ini mengintegrasikan Ditlantas Polda Metro Jaya dengan beberapa pihak seperti Dinas Kependudukan Catatan Sipil ( Dukcapil ) , Agen Pemegang Merek ( APM ) , serta perusahaan pembiayaan.

Baca Juga : Ban Sepeda Motor Paling Awet, Terlaris di Indonesia

Layanan pengurusan BPKB secara online ini bisa memudahkan beberapa pihak yang terkait, seperti masyarakat pemilik kendaraan yang ingin melakukan penggantian data BPKB bisa mengakses situs tersebut. Selain itu, pihak APM yang ingin mendaftarkan BPKB baru maupun pihak pembiayaan yang ingin melakukan pemblokiran BPKB kendaraan nasabah juga bisa menggunakan situs ini.

Sistem layanan BPKB yang terintegrasi secara online ini akan membuat proses pengurusan BPKB mobil maupun motor akan menjadi semakin mudah, cepat, aman, transparan serta bisa menertibkan penyelewengan ataupun korupsi yang mungkin terjadi dilapangan dan masyarakat tidak perlu datang langsung serta menghindari antrian diloket untuk mendapatkan layanan pengurusan BPKB tersebut.

Ada beberapa macam fitur yang tersedia pada situs layanan e-BPKB tersebut seperti e-queue atau nomor antrian elektronik. Nomor antrian ini telah dilengkapi Radio Frequency Identification ( RFID ) agar bisa mengakses fasilitas e-form atau formulir elektronik. Setelah mengisi formulir secara online, para pemohon akan mendapatkan e-receipt signature yang merupakan tanda terima elektronik.

Setelah para pemohon mengisikan data – data mereka, maka data tersebut akan disimpan dalam e-archieve atau arsip digital. Dokumen digital tersebut dapat di akses dan ditampilkan dengan cepat pada menu pendaftaran, sehingga para pemohon dapat mengetahui perubahan data yang mereka ajukan.

Jika masyarakat ingin memberikan tanggapan atau testimoni tentang layanan e-BPKB ini, mereka bisa mengisi Indeks Kepuasan Masyarakat Digital ( e-IKM ) yang sudah tersedia pada halaman situs tersebut dan masyarakat juga bisa mendapatkan informasi yang di perlukan terkait dengan layanan e-BPKB ini.

Tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan online ini juga akan disurvei secara elektronik , dimana sistem akan membuat klasifikasi terhadap para responden berdasarkan pada jenis kelamin, usia, pendidikan serta pekerjaan mereka.

Sistem online ini juga menyediakan layanan e-blokir atau pemblokiran kendaraan secara elektronik yang di ajukan oleh pihak pembiayaan atau finance sehingga pihak kepolisian dapat menandai data kendaraan bermotor yang telah didaftarkan tersebut.

Selain yang tersebut diatas, masih ada beberapa fitur layanan lagi yang tersedia pada situs bpkb.net, seperti e-complain atau layanan pengaduan secara online, e-id ranmor yang merupakan pengecekan data BPKB secara online , serta e-cross check BPKB yang memudahkan pemohon melakukan pengecekan status dan proses penerbitan BPKB.

Baca Juga : Bahaya Yang Bisa Timbul Jika Terlalu Sering Memoles Ban Kendaraan

Program e-BPKB yang baru saja diterbitkan ini juga akan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia ( MURI ) dengan kategori Digitalisasi Penerbitan BPKB Pertama.

Layanan permohonan BPKB berbasis IT yang inovatif ini juga merupakan sebuah langkah dukungan terhadap program 2 prioritas Kapolri yang professional, modern dan terpercaya ( Promoter ) tentang peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat.

Dengan di luncurkannya program e-BPKB ini, tentunya akan semakin mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik dan memberikan efisiensi waktu karena permohonan layanan BPKB bisa dilakukan dari mana saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar