Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 21 November 2017

Penjualan Sepeda Motor Oktober 2017 Mengalami Peningkatan Yang Cukup Signifikan

Penjualan Sepeda Motor Oktober 2017 Mengalami Peningkatan Yang Cukup Signifikan

Data penjualan sepeda motor di Indonesia masih menunjukkan tren positif sepanjang bulan Oktober tahun 2017 ini. Penjualan kendaraan roda dua ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan bulan September yang lalu. Dari data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ( AISI ) , tercatat sebanyak 579,552 unit kendaran telah terjual selama bulan Oktober 2017. Jumlah ini meningkat sebesar 32,945 unit kendaraan atau mengalami kenaikan penjualan setara dengan 5,6 % jika di bandingkan bulan September yang membukukan penjualan sebanyak 546,607 unit kendaraan roda dua.

Dari total keseluruhan penjualan tersebut, sepeda motor Honda masih memimpin pasar kendaraan roda dua yang mampu menyumbang penjualan hingga 436,974 unit sepeda motor. Jumlah tersebut juga mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan bulan September yang lalu dengan catatan penjualan sebesar 408,116 unit.
Baca Juga : Sekarang Pengurusan BPKB Bisa Dilakukan Secara Online
Rival terdekat Astra Honda Motor yaitu Yamaha hanya mampu membukukan penjualan untuk bulan Oktober sebanyak 129,636 unit kendaraan. Disusul di urutan ketiga oleh Suzuki yang hanya mampu menjual sebanyak 6,658 unit sepeda motor. Kemudian Kawasaki mampu menyumbang penjualan jajaran sepeda motornya sebanyak 6,172 unit. Diurutan terakhir ada TVS yang merupakan pabrikan motor asal India mencatat penjualan bulan Oktober sebanyak 112 unit.

Jumlah penjualan sepeda motor keseluruhan untuk periode bulan Januari – Oktober 2017 adalah sebanyak 4,919,804 unit kendaraan , jumlah tersebut masih kalah jika dibandingkan dengan total penjualan pada periode yang sama tahun lalu yang mampu mencatatkan penjualan sepeda motor sebanyak 5,931,285 unit. Dengan demikian ada penurunan penjualan sekitar 17 % selama tahun 2017 ini jika dibandingkan pada tahun 2016.

Dari total penjualan sepeda motor selama periode Januari – Oktober 2017, Astra Honda Motor mampu membukukan penjualan sebesar 3,673,452 unit yang mengalami penurunan penjualan sebanyak 707,436 unit kendaraan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2016 yang lalu. Kemudian diurutan kedua ada Yamaha dengan total penjualan sebanyak 1,113,119 unit. Diurutan ketiga ada Kawasaki yang mampu mengungguli Suzuki dengan menjual kendaraan roda dua mereka sebanyak 66,424 unit.

Walaupun pihak Suzuki mampu mengungguli Kawasaki pada penjualan bulan Oktober, namun mereka hanya mampu berada diurutan ke empat untuk total penjualan sepanjang tahun ini dengan catatan penjualan sebanyak 65,762 unit. Di posisi terakhir ada TVS yang hanya mampu memberikan kontribusi sebesar 1,047 unit saja.

Data Penjualan Sepeda Motor Terlaris Sepanjang Bulan Oktober

Untuk mengetahui jenis sepeda motor apa saja yang paling laris sepanjang bulan Oktober tahun ini, dibawah ini telah kami rangkum daftar sepeda motor yang menduduki peringkat 10 besar bagi Anda pembaca setia otomo.id :

1. Honda Beat
Diurutan pertama ada sepeda motor Honda Beat yang masih meimpin seperti biasanya mampu terjual sebanyak 198,763 unit.

2. Honda Vario
Kemudian disusul diurutan kedua ada Honda Vario yang meliputi Vario 110cc, 125cc dan 150cc tercatat membukukan penjualan sebesar 122.114 unit kendaraan.

3. Honda Scoopy
Selanjutnya ada Honda Scoopy yang mampu terjual sebanyak 63,707 unit. Disini terlihat bahwa jajaran produk – produk Astra Honda Motor masih merajai pasar sepeda motor Indonesia dan mampu menyapu bersih posisi 3 besar.

4. Yamaha Nmax
Diurutan ke empat baru muncul sepeda motor besutan Yamaha yaitu Yamaha Nmax yang mampu membukukan penjualan sebanyak 34.788 unit

5. Yamaha Mio M3
Untuk urutan ke lima, Yamaha Mio M3 berhasil mencatatkan penjualan sepeda motor di bulan Oktober tahun 2017 ini sebanyak 32,608 unit kendaraan.

6. Yamaha Fino
Ketika Honda Scoopy yang bergaya retro modern mampu berada di urutan 3 besar penjualan sepeda motor Honda, ternyata di posisi ke enam ini atau di urutan ke tiga untuk merk sepeda motor yang berhasil di jual oleh Yamaha menghadirkan Yamaha Fino yang juga berdesain retro dengan total penjualan sebanyak 15.407 unit.
Baca Juga : Suzuki Intruder 155cc Telah Hadir di India, Akankah Masuk Pasar Indonesia?
7. Yamaha Aerox 155
Andalan pabrikan sepeda motor Yamaha selanjutnya yaitu Yamaha Aerox berada di posisi ke tujuh dengan membukukan total penjualan sebesar 15,299 unit kendaraan.

8. Honda Revo
Sepertinya kejayaan sepeda motor bebek di Indonesia yang beberapa tahun lalu menjadi andalan dan pilihan utama masyarakat serta mampu merajai jalanan di Indonesia, kini sudah mulai memudar. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan sepeda motor jenis bebek yang di wakili oleh Honda Revo yang hanya mampu menduduki posisi ke delapan dalam penjualan sepeda motor bulan Oktober yang lalu, dan hanya mampu menyumbang penjualan sebanyak 12,205 unit saja.

9. Honda Supra X 125
Selanjutnya disusul oleh Honda Supra X 125 yang berhasil meduduki peringkat ke sembilan dan mampu memberikan kontribusi penjualan sebesar 11.822 unit kendaraan.

10. Honda Verza
Diurutan ke sepuluh ada satu – satunya wakil dari sepeda motor berjenis sport yaitu Honda Verza yang menyumbangkan penjualan mencapai angka 6.985 unit kendaraan saja.

Dengan semakin bergesernya permintaan para konsumen tentang jenis kendaraan roda dua yang mereka butuhkan, maka saat ini para produsen sepeda motor berlomba – lomba menciptakan sepeda motor jenis matic untuk memikat para konsumennya.

Jika dilihat dari daftar diatas, maka posisi tujuh besar di isi oleh jajaran sepeda motor bertipe matic, dan bisa jadi tahun depan akan semakin banyak varian sepeda motor keluaran terbaru berjenis matic yang akan berseliweran di jalan – jalan tanah air. Motor matic jenis apa saja yang akan meluncur tahun depan, kita tunggu saja kabar terbaru selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar