Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 21 November 2017

Sejarah Singkat Mobil Toyota Kijang Di Indonesia Yang Melegenda

Sejarah Singkat Mobil Toyota Kijang Di Indonesia Yang Melegenda


Sejarah Singkat Mobil Toyota Kijang Di Indonesia Yang Melegenda, Otomo.id - Di Indonesia, dulu banyak produsen kendaraan khususnya mobil yang menggunakan nama binatang untuk menamai kendaraan andalan mereka . Sebut saja seperti Isuzu Phanter, Mitsubishi Kuda maupun Toyota Kijang. Pada masanya mobil – mobil tersebut merupakan kendaraan primadona masyarakat Indonesia. Kali ini kami akan menyajikan tentang sejarah singkat dari mobil Toyota Kijang yang begitu melegenda di Indonesia.

Sebenarnya pemberian nama “ Kijang “ tidak di ambil dari nama binatang, melainkan merupakan singkatan dari “ Kerjasama Indonesia - Jepang “ yang kemudian disingkat menjadi Kijang. Karena sejatinya pembuatan mobil Toyota Kijang ini memang merupakan jalinan kerjasama antara kedua negara Indonesia dan Jepang.

Dalam perjalanannya, Toyota Kijang merupakan salah satu merek kendaraan roda empat yang paling fenomenal di Indonesia. Mobil ini mampu mencatatkan penjualan yang tinggi dan memberikan nilai kepuasan yang tinggi pula bagi para konsumennya. Mobil ini pernah tercatat sebagai mobil terlaris di Indonesia dengan semboyan atau slogan “ Kijang Memang Tiada Duanya “. Slogan tersebut serasa pas dengan kenyataan yang ada bahwa pada masa – masa awal kemunculannya, Toyota Kijang bisa dibilang tiada tandingannya.

Baca Juga : Inilah Mobil Listrik Evhero Hasil Karya Anak Bangsa

Mobil Toyota Kijang ini pada mulanya diperkenalkan mulai tahun 1975 sebagai kendaraan angkutan barang atau pick up. Peluncuran pertama kendaraan tersebut dilakukan pada gelaran Pekan Raya Jakarta ( PRJ ) tahun 1975 yang di saksikan langsung oleh mantan presiden RI Soeharto dan juga gubernur DKI Jakarta saat itu yaitu Ali Sadikin.

Diawal – awal peluncuran, para perancang mobil ini sempat ragu apakah akan mampu bersaing dengan mobil Mitsubishi Colt yang merupakan kendaraan paling diminati saat itu. Tetapi seiring berjalannya waktu, mobil Toyota Kijang ini mampu mendominasi pasar dan mengalahkan kejayaan Mitsubhisi Colt.

Varian Toyota Kijang Dari Generasi Ke Generasi

Toyota Kijang Buaya
Untuk generasi awalnya yang berlangsung antara periode 1977 – 1981, mobil ini masih menggunakan model pick up dan dikenal dengan sebutan Kijang Buaya. Nama ini diambil karena memiliki kap mesin yang unik, tutup mesin depan ini dapat dibuka kearah samping sehingga terlihat seperti buaya yang sedang menganga. Walaupun peluncurannya sudah dilakukan sejak tahun 1975, tetapi untuk produksi perdananya baru dimulai bulan Juni tahun 1977. 

Pada awalnya, Toyota Kijang Buaya ini menggunakan mesin tipe 3K yang memiliki ukuran mesin 1.200 liter ( 1,166 cc ) serta menggunakan transmisi empat percepatan sama seperti yang digunakan oleh mobil Toyota Corolla saat itu. Mobil Kijang jenis ini tercatat mampu membukukan penjualan sebanyak 26.806 unit kendaraan di seluruh wilayah nusantara.

Toyota Kijang Doyok
Setelah masa Kijang Buaya berakhir, maka pihak Toyota mengeluarkan varian kijang generasi kedua mereka. Kijang generasi kedua ini mendapatkan julukan Kijang Doyok dan mulai di produksi dari tahun 1981 – 1986. Menurut berbagai sumber, nama Kijang Doyok tersebut diambil dari sebuah nama tokoh komik yang sangat popular pada saat itu. Dengan berbagai macam penyempurnaannya, pada generasi ini juga mulai diperkenalkan mobil Kijang berjenis Multi Purpose Vehicle ( MPV ) dan mulai merambah pasar mobil keluarga.

Pada generasi kedua ini, mesin Toyota Kijang mulai ditingkatkan dengan menggunakan mesin berkode 4K yang memiliki kapasitas 1.3 liter ( 1,290 cc ) , serta mesin berkode 5K dengan kapasitas mesin 1.5 liter ( 1,486 cc ). Kedua jenis mesin tersebut menggunakan penggerak bertenaga bensin. Selama kurun waktu 5 tahun, Kijang Doyok mampu mencatatkan penjualan yang fenomenal, tercatat lebih dari 100.000 unit kendaraan ini terjual selama periode 1981 – 1986.

Toyota Kijang Super
Pada kurun waktu tahun 1986 – 1997 , generasi ketiga dari mobil ini diluncurkan. Kijang genersi ketiga ini diberi nama KIjang Super yang merupakan langkah penyempurnaan dari model MPV generasi pertama. Pada generasi ke tiga ini juga mulai disematkan teknologi pressed body yang mampu mengurangi bobot kendaraan hingga 5 kg, serta mulai menghilangkan varian mobil Kijang Pick Up.

Pada generasi ini, Kijang Super mulai dibekali mesin baru yang mengusung perangkat transmisi 5 percepatan. Tetapi mobil Kijang dengan 4 transmisi juga masih diproduksi. Sehingga pada saat Kijang Super hadir, tersedia 2 pilihan transmisi. Mobil generasi ke 3 ini diklaim mampu terjual hingga 492.123 unit kendaraan.
Untuk menandai perubahan besar – besaran pada Toyota Kijang, maka diluncurkanlah generasi keempat dari Kendaraan Kijang yang mendapatkan julukan Kijang Kapsul. Pada generasi ini Toyota Kijang telah memperkenalkan mesin diesel berkapasitas 2.4 liter ( 2,446 cc ) mulai tahun 2000. Kemudian pada tahun yang sama, Kijang berteknologi Electronic Fuel Injection ( EFI ) berkapasitas 2.000 cc juga diluncurkan. Pada versi ini menggunakan mesin tipe baru berkode 1RZ-E dan memiliki dua varian yaitu Toyota Kijang Grand dan Toyota Kijang Krista.

Toyota Kijang generasi keempat ini diproduksi mulai tahun 1997 – 2004 dan mampu terjual sebanyak 269.226 unit. Berawal dari generasi keempat ini juga Kijang mulai merambah pasar luar negeri. Tetapi untuk keperluan ekspor, nama Kijang diganti sesuai dengan nama lokal negara tujuan. Untuk pasar Filipina menggunakan nama Toyota Revo, Malaysia dan Singapura menggunakan nama Toyota Unser, Vietnam bernama Toyota Zace, untuk pasar Taiwan bernama Toyota Zace Surf, dan Toyota Qualis untuk pasar India, sedangkan untuk pasar Afrika Selatan menggunakan nama Toyota Condor 4x4. Khusus untuk pasar Brunei Darussalam tetap menggunakan nama Toyota Kijang.

Toyota Kijang Innova
Pada generasi kelima ini, Toyota Kijang mulai mendapatkan beragam ubahan fitur yang mewah dan dikenal dengan nama Toyota Kijang Innova. Mobil generasi kelima ini masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi keempat berteknologi VVT-I 2000cc. Toyota Kijang Innova mulai diproduksi mulai dari tahun 2004 – 2013.

Toyota All New Kijang Innova
Pada tahun 2015 , Toyota mengeluarkan generasi kedua dari Toyota Innova atau generasi ke enam dari keseluruhan model Toyota yang pernah di produksi. Pada generasi terakhir ini, Kijang All New Innova memakai slogan “ The Legend Reborn “ dan menandai masuknya mobil Kijang kekelas mobil MPV yang lebih mewah. Mobil generasi terakhir ini masih diproduksi hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar