Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 29 November 2017

Sokon Siap Bersaing Dan Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia

Sokon Siap Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia

Sokon Siap Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia, Otomo.id
- Setelah pabrikan otomotif asal China Wuling terjun di pasar otomotif nasional, kini giliran DongFeng Sokon ( DFSK ) yang juga merupakan pabrikan otomotif asal negeri tirai bambu tersebut telah siap mencoba keberuntungannya di Indonesia. PT. Sokonindo Automobile ( Sokonindo ) yang bertindak sebagai produsen mobil DFSK di Indonesia baru saja meresmikan pabrik mereka di Kawasan Industri Modern Cikande – Serang – Banten. Peresmian tersebut di lakukan pada hari selasa kemarin tanggal 28/11/2017 dan pabrik tersebut menempati lahan seluas 20 hektar.

Pabrik otomotif ini sebenarnya sudah mulai di bangun sejak tahun 2015 yang lalu dan telah selesai sejak bulan Mei tahun ini . Pembuatan pabrik ini menghabiskan dana investasi sebesar USD 150 juta atau sekitar Rp. 2 triliun dan rencananya akan ditambah dana investasinya hingga mencapai USD 300 juta untuk pembangunan pabrik mesin dimasa mendatang.
Baca Juga : Viar Berkolaborasi Dengan PLN Membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik
Pabrik Sokonindo ini dibangun dengan mengusung konsep “ Pabrik Unggul ” dan telah memiliki teknologi canggih untuk memproduksi jajaran kendaraan DFSK. Pabrik ini menerapkan lini produksi mereka dengan teknologi otomatisasi tingkat tinggi karena semua proses penting dalam tahapan produksinya telah menggunakan teknologi robot seperti proses pencetakan plat baja, pengelasan, pengecatan, perakitan hingga proses kontrol kualitas produk sebagai salah satu tahapan akhir sebelum kendaraan di distribusikan.

Karena merupakan salah satu pabrik otomotif yang baru mulai di Indonesia, maka Sokonindo saat ini memiliki fokus utama pada kualitas produk yang mereka buat. Dengan semua teknologi tinggi yang mereka miliki, maka kualitas produk mereka akan terjaga dan memiliki standar kualitas internasional. Pabrik otomotif ini ditargetkan mampu memproduksi hingga 50.000 unit kendaraan tiap tahunnya.

Untuk tahap awalnya, Sokonindo berencana akan mengeluarkan dua model yang mereka miliki saat ini yaitu kendaraan angkutan barang atau pick up dengan merek dagang Super Cab serta jenis mobil SUV yaitu SUV Glory 580. Pabrik tersebut termasuk dalam kategori smart factory karena telah memiliki kemampuan produksi dengan tekonologi canggih yang berstandar internasional dan mampu memproduksi kendaraan dengan tingkat presisi yang tinggi sehingga memiliki daya saing yang tinggi juga.

Pabrik ini juga akan memberdayakan para pekerja dari Indonesia hingga mencapai 90%. Untuk tahun ini, pabrik tersebut telah mempekerjakan sebanyak 415 karyawan dan 376 orang karyawannya adalah tenaga kerja dari Indonesia. Tahun ini dan tahun depan, pabrik Sokonindo ini masih beroperasi dengan sistem satu shift saja dan mampu memproduksi hingga 15.000 unit pertahun. Kedepannya, Sokonindo akan menambah karyawan dan akan beroperasi penuh selama 3 shift untuk mengejar target produksi 50.000 unit pertahun. Sokonindo memproyeksikan mulai awal tahun 2019 mereka sudah bisa memproduksi kendaraan secara penuh selama tiga shift dengan jumlah karyawan mencapai 2000 orang karyawan.
Baca Juga : Suzuki Indonesia Tergoda Untuk Bersaing di Pasar Motor Trail
Pihak Sokon akan menjadikan pabrik tersebut sebagai salah satu basis produksi global mereka, sehingga kedepannya mereka juga akan melakukan ekspor keluar negeri. Untuk target awalnya, Sokonindo berencana melakukan ekspor ke negara – negara ASEAN sebelum melanjutkan ekspor mereka kenegara – negara yang lain di berbagai belahan dunia.

Sejatinya, pabrik ini merupakan pabrikan gabungan atau joint venture dengan Pt. Kaisar Motorindo. Pabrik ini telah melakukan proses perakitan untuk mobil pick up Super Cab bermesin diesel 1.3 liter turbo dan mesin diesel 1.5 liter yang mulai dilakukan pada bulan mei yang lalu. Dengen peresmian yang baru saja dilakukan tersebut, hal ini dijadikan sebagai penanda oleh pihak Sokon untuk memulai perakitan mobil mereka yang berjenis Sport Utility Vehicle ( SUV ) dengan kapasitas 7 penumpang. SUV glory tersebut rencananya akan diluncurkan mulai kuartal pertama tahun depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar