Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Minggu, 26 November 2017

Suzuki Indonesia Tergoda Untuk Bersaing Di Pasar Motor Trail

Suzuki Indonesia Tergoda Untuk Bersaing Di Pasar Motor Trail

Suzuki Indonesia Tergoda Untuk Bersaing Di Pasar Motor Trail
- Setelah hadirnya Honda CFR150L di Indonesia yang merupakan sepeda motor jenis trail berkubikasi 150cc, kini giliran PT. Suzuki Indomobil Sales ( SIS ) yang merupakan Agen Pemegang Merek ( APM ) sepeda motor Suzuki berminat untuk bersaing di pasar motor trail Indonesia. Saat ini kelas yang diminati Suzuki untuk pasar Indonesia adalah kelas 150 cc. Untuk di Indonesia sendiri, selain motor besutan Honda yang baru saja meluncur, sebelumnya pasar sepeda motor trail 150cc dikuasai oleh Kawasaki KLX 150cc.

Sebenarnya untuk sepeda motor trail pihak Suzuki telah memiliki varian DR200S yang merupakan sepeda motor trail berkubikasi 200cc. Tetapi motor ini hanya dipasok untuk kendaraan operasional Kepolisian Republik Indonesia dan tidak dijual untuk masyarakat umum. Suzuki DR200 S tersebut digunakan oleh kesatuan Brimob untuk menggantikan kendaraan operasional yang lama. Kendaraan tersebut masih menggunakan sistem pengkabutan bahan bakar karburator.
Baca Juga : Produsen Mobil Toyota Bersiap Memproduksi Mobil Listrik di China
Walaupun pihak Suzuki telah menyatakan ketertarikan mereka untuk terjun di segmen motor trail 150cc karena dipandang memiliki potensi penjualan yang bagus, tetapi pihak Suzuki Indonesia juga masih mempertimbangkan untuk menjual varian motor trail 200cc bagi masyarakat luas. Hal ini masih menjadi pembahasan internal pihak Suzuki Indonesia.

Seperti yang dikutip dari KompasOtomotif, Kepala Departemen Sales dan Pemasaran SIS , Yohan Yahya mengatakan bahwa segmen sepeda motor trail kelas 150cc di Indonesia memiliki pangsa pasar yang cukup menarik. Dan saat ini pihak Suzuki masih melakukan pengkajian tentang hal tersebut.

Jika melihat pasar kendaraan roda dua khususnya jenis trail, saat ini penjualan sepeda motor jenis tersebut mulai menggeliat dan memiliki potensi untuk berkembang pesat. Meskipun penjualan sepeda motor jenis trail tidak semenarik penjualan kendaraan roda dua berjenis matic, tetapi porsi kecil tersebut tetap layak untuk diperebutkan oleh Suzuki.

Maka dari itu, tak salah jika pihak Suzuki berencana ikut terjun dalam persaingan sepeda motor roda dua jenis trail tersebut. Pada era tahun 1990an, Suzuki pernah terjun kepasar motor trail Indonesia dengan mengandalkan Suzuki TS 125 bermesin dua tak. Tetapi produk tersebut akhirnya dihentikan penjualannya sejak tahun 2005 lalu.

Jika SIS benar – benar ikut terjun kedalam persaingan motor trail 150cc di Indonesia, kemungkinan mereka akan menggunakan mesin Suzuki GSX R 150cc yang terbukti memiliki kemampuan yang mumpuni dan bisa dibilang memiliki spesifikasi di atas rata – rata motor trail 150 cc yang dijual di Indonesia saat ini. Suzuki GSX R 150 menggunakan mesin berkubikasi 147,3 cc dan memiliki tenaga hingga 18,9 PS serta torsi maksimum mencapai 14 Nm. Kemampuan mesin GSX R 150cc tersebut diatas kertas masih unggul jauh bila dibandingkan dengan kemampuan sepeda motor trail 150cc lainnya.
Baca Juga : Sekarang Pengurusan BPKB Bisa Dilakukan Secara Online
Sebagai contohnya, Honda CRF150L yang baru saja dirilis beberapa waktu yang lalu hanya memiliki tenaga maksimum sebesar 12,91 PS dan torsi maksimum sebesar 12,43 Nm. Sedangkan untuk Kawasaki KLX 150cc memiliki tenaga 12 PS dan torsi maksimal sebesar 11,3 Nm. Melihat dari spek tersebut, maka mesin yang diusung Suzuki GSX R 150 jauh lebih unggul. Tetapi, ada kemungkinan bahwa pihak Suzuki akan menghadirkan motor trail 150cc dengan mesin yang benar – benar baru.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang varian motor trail 150cc dari Suzuki dan kapan kepastian motor trail tersebut akan mulai diperkenalkan untuk masyarakat Indonesia, maka kita tunggu saja kabar terbaru dari pihak Suzuki Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar