Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Minggu, 19 November 2017

Suzuki Intruder 155cc Telah Hadir Di India, Akankah Masuk Pasar Indonesia ?

Suzuki Intruder 155cc Telah Hadir Di India, Akankah Masuk Pasar Indonesia ?

Pabrikan sepeda motor Suzuki baru – baru ini telah menghadirkan motor andalan baru mereka untuk meramaikan persaingan pasar kendaraan roda dua India. Motor yang berjenis cruiser tersebut mereka beri nama Suzuki Intruder yang mengusung mesin 155cc dan bisa dibilang versi mini dari motor Suzuki Intruder M1800R yang telah hadir lebih dulu. Desain motor Suzuki Intruder 155cc tersebut terbilang cukup futuristik dan memiliki ukuran yang cukup bongsor.

Walaupun hanya memiliki kubikasi mesin yang relatif kecil untuk sebuah motor cruiser, tetapi motor ini memiliki bobot kosong yang cukup berat mencapai 148kg. Namun demikian, pihak Suzuki telah merancang motor tersebut tetap memiliki tenaga yang terbilang mumpuni untuk digunakan melibas jalanan. Suzuki Intruder 155cc ini tercatat memiliki tenaga maksimal hingga 14,8 PS pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsinya bisa mencapai angka 14 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm, serta memiliki ukuran bore x stroke = 56 mm x 62,9 mm.

Baca Juga : Produsen Mobil Toyota Bersiap Memproduksi Mobil Listrik di China

Sepertinya pabrikan motor Suzuki masih percaya diri dengan membekali kendaraan tersebut dengan sistem pengabutan bahan bakar karburator dan bukannya menggunakan teknologi injeksi yang lebih modern. Motor bermesin satu silinder ini menggunakan transmisi 5 percepatan dan memiliki tampungan bahan bakar hingga 11 liter. Motor ini juga telah dilengkapi dengan speedo meter full digital yang memiliki tampilan modern serta mudah dibaca.

Untuk perangkat pengeremannya sudah menggunakan rem cakram depan dan belakang serta telah mengadopsi teknologi ABS. Motor ini menggunakan ban bertapak lebar untuk ban belakang yaitu berukuran 140/60R – 70 , dan untuk ban depan telah memakai ukuran 100/80 – 70. Untuk menambah kesan modern, motor ini telah menggunakan teknologi LED untuk lampu belakangnya dan menggunakan lampu ukuran 35/35 W untuk lampu depan.

Motor Suzuki Intruder 155cc ini memiliki ukuran dimensi mencapai 2.130 mm untuk panjangnya, lebar 805 mm dan memiliki ketinggian mencapai 1.095 mm. Suspensi depan telah mengusung jenis telescopic fork berukuran 41 mm dan bagian belakang dibekali suspensi model monoshock swing arm.

Motor tersebut dikalim irit bahan bakar dan mampu berjalan hingga 44 km/liter untuk jalanan luar kota dan sekitar 42 km/liter jika digunakan dijalanan perkotaan yang lebih padat kendaraan. Di India, motor Suzuki intruder 155cc ini akan memiliki lawan tangguh di segmen yang sama. Di kelas motor cruiser dibawah 250cc, Bajaj Avenger 220cc cruiser telah merajai jalanan India dengan kemampuan diatas Suzuki Intruder 155cc.

Bajaj Avenger 220cc cruiser tersebut memiliki tenaga yang lebih besar mencapai 19 PS dan memiliki torsi maksimum hingga 17,5 Nm. Selain itu, motor Bajaj tersebut dijual dengan harga yang lebih murah bila di bandingkan dengan Intruder 155cc.

Baca Juga : GAIKINDO Menyiapkan Pameran Otomotif Khusus Kendaraan Niaga 2018

Namun demikian, nama besar Suzuki tetap layak diperhitungkan dalam menghadapi para pesaingnya di India serta beberapa fitur Intruder 155cc yang mengesankan yang tidak dimiliki oleh Bajaj Avenger 220cc cruiser. Motor Suzuki intruder tersebut dibanderol dengan harga mencapai 1 Lakh atau jika dirupiahkan memiliki harga sekitar Rp. 20 jt-an. Apakah penjual motor Suzuki Intruder 155cc tersebut akan mampu memenuhi ekspektasi Suzuki India, kita akan lihat perkembangan penjualannya sampai beberapa bulan kedepan.

Di Indonesia sendiri motor tersebut telah menjadi perbincangan hangat dan cukup dinantikan kehadirannya. Tetapi sepertinya sampai saat ini masih belum terdengar kabar bahwa pihak Suzuki Indonesia ingin mendatangkan motor tersebut ke Indonesia. Hal ini bisa di bilang lumrah karena Suzuki Intruder 155cc merupakan motor baru dan di Indonesia sendiri jenis motor cruiser memiliki pangsa pasar yang cukup kecil. Selain itu, kemungkinan pihak Suzuki masih mempelajari pasar sebelum menghadirkan motor ini ke tanah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar