Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 29 November 2017

Viar Berkolaborasi Dengan PLN Membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Viar Berkolaborasi Dengan PLN Membangun SPLU

Viar Berkolaborasi Dengan PLN Membangun SPLU, Otomo.id
- Untuk mendukung kesuksesan penjualan dari jajaran sepeda motor listriknya, maka Viar Motor Indonesia memiliki rencana untuk membangun stasiun pengisian bahan bakar listrik. Untuk mensukseskan hal tersebut, maka Viar berinisiatif untuk menggandeng PT. Perusahaan Listrik Negara ( PLN ) Persero.

Viar bersama PLN akan membangun Stasiun Pengisian Listrik Umum ( SPLU ) ditempat – tempat yang strategis. Hal ini dimaksudkan untuk memfasilitasi para pemilik kendaraan listrik agar mudah melakukan pengisian baterai kendaraan mereka. Untuk pengisian daya sepeda motor listrik besutan Viar yaitu Viar Q1 , para pengguna hanya membutuhkan daya maksimal 3 KWH.

Pengisian ulang sepeda motor listrik milik Viar tersebut tergolong relatif murah jika dibandingkan dengan sepeda motor berbahan bakar bensin. Jika setiap 1 KWH memerlukan biaya sekitar Rp. 1500,- maka sepeda motor Viar Q1 hanya membentuhkan biaya pengisisan tidak lebih dari Rp. 5.000,-. Harga tersebut sudah mampu membuat sepeda motor Viar Q1 berjalan menempuh jarak lebih dari 60 km.
Baca Juga : Perbedaan Mobil Hybrid Dengan Mobil Listrik
Sebagai catatan, saat ini sepeda motor Viar Q1 merupakan sepeda motor listrik pertama dan satu – satunya yang dilengkapi dengan STNK serta BPKB resmi sehingga dapat secara legal digunakan di jalan raya Indonesia. Dengan rencana pendirian SPLU tersebut, maka para pemilik kendaraan listrik tidak perlu khawatir jika kehabisan pasokan listrik pada motornya karena akan mudah untuk melakukan pengisian ulang.

SPLU akan dibangun pada lokasi – lokasi yang dianggap strategis seperti ditempat – tempat wisata, dan tempat – tempat ramai lainnya. Saat ini Viar sedang menyempurnakan sepeda motor listrik buatannya agar kapasitas baterainya lebih besar dan lebih tahan lama sehingga dapat melakukan perjalanan dengan jarak yang semakin jauh.

Selain itu, sepeda motor listrik Viar juga akan dirancang agar bisa mengeluarkan suara ketika dipacu lebih dari 20 km/jam. Hal ini dimaksudkan agar kendaraan listrik lebih aman digunakan dijalanan umum yang ramai. Seperti diketahui, sepeda motor listrik memiliki suara mesin yang sangat sunyi dan hampir tidak dapat di dengar oleh pengguna jalan lain ketika dipacu dijalanan.

Saat ini sepeda motor listrik buatan Viar mampu diproduksi hingga 100 unit perbulan. Padahal permintaan masyarakat bisa mencapai 150 – 200 unit tiap bulannya. Oleh karena itu, para peminat sepeda motor yang berharga Rp. 16,7 juta ini harus rela inden hingga waktu satu setengah bulan sebelum mendapatkan sepeda motor idamannya.

Sepeda motor Viar ini bisa dihargai dengan cukup murah karena sebagian besar komponen sepeda motor tersebut telah di produksi secara lokal di Semarang sehingga dapat menekan harga jual. Walaupun produksi lokal, namun kualitasnya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Saat ini PLN sudah memiliki sekitar 542 titik SPLU, dan dengan rencana kerjasama bersama Viar maka jumlah stasiun pengisian tersebut akan terus bertambah. Viar juga berencana untuk meluncurkan aplikasi yang akan dibenamkan pada sepeda motor listrik besutan mereka agar para pengguna mengetahui titik lokasi terdekat keberadaan SPLU tersebut.
Baca Juga : Hyundai Motors Kembangkan Fitur Canggih Bernama Rear Occupant Alert
Untuk pendirian SPLU, pihak PLN memerlukan biaya sekitar Rp. 7 juta tiap unit nya. Dan tahun ini, PLN berencana menambah jumlah SPLU hingga mencapai 1000 unit. Saat ini tingkat kapasitas SPLU baru mencapai 5.500 volt ampere, namun hal ini bisa ditingkatkan hingga 11.000 volt ampere.

Keberadaan sepeda motor listrik sendiri sangat membantu dalam mengurangi efek pemanasan global yang ditimbulkan oleh kendaraan berbahan bakar konvensional. Sehingga kedepannya, kendaraan bertenaga listrik akan menjadi andalan masyarakat untuk menunjang mobilitas mereka sehari – hari menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar