Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 08 November 2017

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Kopling Mobil?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Kopling Mobil?

Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Kopling Mobil, Otomo.id
- Tidak ada kerangka waktu atau jarak tempuh yang ditetapkan di mana Anda perlu mengganti kopling mobil. Anda mungkin berpikir kopling Anda baik-baik saja jika Anda hanya mengendarai mobil di sekitar kota. Namun, jika Anda memiliki banyak pemberhentian dan permulaan, ini bisa menghabiskan kopling Anda lebih dari sekadar pembalap yang menghabiskan lebih banyak waktu di jalan terbuka.

Waktu yang tepat untuk mengganti kopling mobil Anda adalah saat mobil Anda mulai memberi tahu Anda tanda-tanda khusus. Satu-satunya cara untuk mengenali tanda tentang kopling yang aus adalah dengan mendengarkan dan memperhatikan kendaraan Anda. Pada artikel kali ini akan membantu Anda mengetahui kapan Anda harus mengganti kopling mobil Anda.

Apa Itu Kopling?

Kopling adalah salah satu komponen mobil yang menghubungkan poros dan memungkinkan untuk mengubah jumlah daya yang dipasok ke mesin . Kesalahpahaman yang umum terjadi adalah di mobil otomatis tidak memiliki cengkraman, tapi ini tidak akurat. Hanya pedal kopling yang absen di kebanyakan mobil otomatis. Sistem kopling masih ada di mesin mobil, hanya cara kerjanya saja yang berbeda.

Baca Juga : Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Busi Kendaraan

Mobil otomatis umumnya memiliki dua jenis kopling. Salah satunya adalah automatic torque converter (ATC). Ini adalah saat putaran roda (torsi) meningkat sampai pada titik dimana secara otomatis akan melibatkan kopling dan perlengkapan ganti. Yang lainnya adalah sistem dual-clutch yang masing-masing memiliki kopling untuk gigi gabus ganjil. Banyak menggunakan electrohydraulics untuk menjadikannya salah satu jenis sistem kopling yang paling bagus yang bisa Anda dapatkan. Banyak juga yang memiliki dayung di sisi lingkar kemudi yang memungkinkan Anda mengganti roda gigi pada mobil semi otomatis.

Di dalam mobil manual , yang banyak disebut kopling hanyalah kopling pedal , sebenarnya bukan kopling itu sendiri. Mobil manual mengharuskan pengemudi untuk melibatkan kopling dengan menekan pedal. Pengemudi akan tahu kapan harus mengganti dengan mengawasi putaran dan kecepatan mobil. Cengkraman sering aus karena disalahgunakan, jadi pengemudi harus berhati-hati membuat perubahan gigi semulus mungkin.

Tanda-Tanda Mobil Butuh Kopling Baru

Kopling kering adalah jenis kopling yang menggunakan gesekan untuk mengubah roda gigi dan merupakan yang paling umum. Bila cakram dari kopling kering tipis, Anda akan melihat goresan saat memilih gigi. Jika ini terjadi, berarti disk gagal memenuhi fungsinya dengan benar untuk mentransmisikan daya dari kotak roda gigi ke roda penggerak . Banyak cengkraman juga memiliki peredam untuk mencoba menghentikan getaran mobil agar tidak merusak kopling saat berganti.

Cengkeraman basah adalah yang dimandikan dalam pelumas untuk membuat transisi lebih halus. Karena ini, mereka cenderung bertahan lebih lama dari cengkeraman kering. Namun, mereka dipikirkan beberapa orang untuk kehilangan kekuatannya terhadap cairan tersebut. Anda bisa mengatakan kopling basah salah dengan kualitas pelumasnya. Jika ada potongan sesuatu di dalamnya, kemungkinan karena kopling yang salah. Begitu pula jika cairan berbau terbakar itu adalah tanda kopling yang dikenakan terlalu kuat.

Tanda yang jelas bahwa kopling harus diganti adalah ketika kita mencoba menyalip atau saat naik bukit, kita berakselerasi dan motor meningkatkan putaran tapi kecepatan tidak naik seperti seharusnya. Begitu pula jika kopling sudah aus, revs tidak akan beres secepat yang seharusnya, terutama pada roda gigi yang lebih tinggi.
Jika Anda memiliki kopling hidrolik, Anda mungkin harus memastikan tidak ada udara dalam sistem hidrolik. Jika ada udara di sistem, bisa menimbulkan masalah saat menggeser gigi . Flush out sistem atau, jika Anda tidak merasa nyaman, mintalah montir Anda untuk melakukannya untuk Anda.

Salah satu tanda yang paling jelas adalah saatnya mengganti kopling Anda, terjadi saat Anda berganti di antara roda gigi. Jika kopling tergelincir , Anda akan melihat adanya kelancaran saat bergeser dari satu gigi ke gigi lainnya. Anda bahkan mungkin mendengar suara goresan atau kesulitan dalam memilih roda gigi meskipun Anda berada pada tingkat putaran yang sesuai untuk perubahan gigi.

Mendiagnosis kopling tergelincir jelas dalam beberapa kasus, namun jauh lebih sulit untuk menentukan pada orang lain. Terkadang disertai suara bising, tapi seringkali nuansa pedal kopling (di stick shift manual cars) yang bisa menunjukkannya sudah saatnya kopling tetap terjepit atau diganti.

Baca Juga : Mesin Bensin Atau Mesin Diesel, Mana Yang Kamu Pilih?

Bila Anda melepaskan kopling, seharusnya ada sekitar 1 gerakan di pedal sebelum kopling terlepas. Jika tidak, atau jika Anda merasa sensitif pada pedal kopling, kemungkinan akan terlalu banyak bekerja. Jika Anda mengemudi Di jalan terbuka atau jalan raya, Anda mungkin tidak memperhatikan koplingnya. Akan lebih jelas saat berkendara di daerah di mana Anda harus sering mengganti peralatan. Dari sudut pandang fisik, rute pedal kopling yang luar biasa pendek memberi isyarat bahwa cakram mulai usang

Kita bisa melakukan tes untuk memeriksa tingkat pemakaian kopling . Hal ini relatif sederhana, bagaimanapun, tidak boleh dilakukan sesering mungkin karena cek itu sendiri berkontribusi untuk memperpendek umur komponen. Begitu Anda menghidupkan mesin dan roda gigi di posisi ketiga, pelan-pelan angkat kaki dari kopling dan tekan akselerator. Hal ini dikenal sebagai mendapatkan titik gigitan, seperti yang Anda lakukan saat memulai dengan gigi pertama . Karena mobil berada di gigi ketiga, mobil harus macet. Namun, jika mobil butuh sedikit waktu untuk warung, kemungkinan Anda sudah memiliki kopling usang.

Berapa Lama Kopling Bertahan?

Seperti yang saya katakan diatas tadi bahwa tidak ada jarak tempuh atau kerangka waktu yang ditetapkan untuk mengganti kopling . Hal ini karena tergantung dari daftar variabel yang berbeda. Ini bisa meliputi:
  • Kualitas pengemudi, Mobil manual stick shift tidak mudah dikendalikan seperti otomatis. Jika roda gigi berubah sembarangan atau pada putaran yang salah, akan membuat kopling lebih cepat.
  • Cairan kopling rendah, pastikan Anda memeriksa cairan kopling Anda untuk melihat apakah berada pada tingkat dan kualitas yang tepat.
  • Usia mobil, seperti kebanyakan suku cadang mobil, semakin tua, semakin kecil kemungkinannya akan bertahan lama.
  • Area mobil digerakkan, di iklim yang lebih panas, cairan kopling akan memanas, menipis dan menjadi kurang efisien.
Secara umum, kopling mobil harus berlangsung antara 30.000 dan 100.000 mil. Namun, tergantung pada variabel di atas, cengkraman bisa bertahan lebih atau kurang jarak tempuh. Jika Anda khawatir dengan kopling dan perhatikan tanda-tanda ini, Anda perlu mengganti kopling Anda, lalu bawa ke mekanik untuk mendapatkan pendapat kedua.

Mengganti kopling bukanlah tugas yang mudah, jadi pergilah ke profesional atau dapatkan bantuan dari seseorang yang tahu apa yang mereka lakukan. Ini mungkin sedikit mahal, tapi kopling murahan atau asal-asalan bisa mengakibatkan kegagalan mesin yang meningkatkan kemungkinan kecelakaan, terutama pada kecepatan tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar