Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 25 Desember 2017

6 Cara Agar Motor Matic Kamu Tetap Irit

6 Cara Agar Motor Matic Kamu Tetap Irit

Pengendara sepeda motor jenis matic kini semakin bertambah, bahkan dari pabrikannya sendiri mampu mengeluarkan seri motor matic dengan spesifikasi tinggi. Seperti kita tahu bahwa dari spesifikasi motor matic berbeda seperti motor tipe 4 tak ataupun 2 tak. Maka dari itu masih ada beberapa keluhan bisa didapatkan ketika pengendara motor matic menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari. Bagi Anda pengendara motor jenis matic ternyata ada beberapa cara agar motor matic tetap irit.

Pastinya konsumsi bahan bakar di motor matic memiliki perbedaan seperti motor lainnya, oleh sebab itu bagi pengendara motor matic harus memperhatikan cara-cara berikut ini yang sudah terbukti mampu menghasilkan manfaat terutama dalam menghemat isi dompet saat membeli bahan bakar.

Tips Agar Motor Matic Tetap Irit

Karakteristik dari motor matic sudah pasti berbeda dengan motor lainnya, akan tetapi konsumsi bahan bakar masih bisa dihemat dengan melakukan beberapa cara mudah bahkan Anda sendiri masih belum mengetahuinya. Oleh karena itu langsung saja kita simak seperti apa cara-cara menghemat BBM dari versi motor matic?

1. Jangan Terlalu Lama Dalam Memanaskan Mesin
Kebiasaan memanaskan mesin di pagi hari ataupun sebelum digunakan untuk bekerja memang sangat penting untuk membuat kondisi mesin siap jalan. Akan tetapi dari proses pemanasan mesin terlalu lama bisa berdampak buruk terhadap konsumsi bahan bakar. Pada intinya ketika Anda memanaskan mesin maka konsumsi bahan bakar akan terus berjalan seperti kondisi motor berjalan, oleh karena itu tradisi memanaskan mesin jangan terlalu lama untuk menjaga kondisi mesin tetap awet.
Baca Juga : Cara Tepat Pilih Helm Motor Berkualitas Terbaik
Cara agar motor matic tetap irit adalah dengan membatasi waktu pemanasan mesin motor setidaknya sampai 3-5 menit saja. Akan tetapi ada anjuran dari mekanik motor dimana proses pemanasan mesin maksimal hanya 10 menit saja. Jadi Anda harus berhati-hati dalam memanaskan mesin motor.

2. Frekuensi Pergantian Oli Motor
Berikutnya juga harus menjadi pertimbangan utama bagi pengendara motor matic yakni frekuensi pergantian oli. Pada janga tertentu dimana kondisi oli sudah tak layak pakai maka konsumsi bahan bakar sampai performa power mesin akan semakin berkurang. Oleh sebab itu kenali tanda-tanda dari kualitas oli mesin memburuk diantaranya tarikan motor kurang maksimal. Hingga kinerja karburator kurang baik. Maka dari itu dalam cara agar motor matic tetap irit sebaiknya perhatikan frekuensi Anda mengganti oli mesin.

Pergantian oli motor sebaiknya dilakukan secara rutin setidaknya 2 bulan sekali dengan menentukan kualitas oli terbaik khusus motor matic. Kualitas oli mesin juga sangat dibutuhkan agar tarikan mesin sampai keawetan mesin bisa lebih lama.

3. Perhatikan Putaran Gas Motor
Selanjutnya dari putaran gas motor yang mana mampu berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Jika Anda sering menggeber motor matic secara tiba-tiba bahkan tidak mengindahkan irama gas secara tepat maka konsumsi bahan bakar akan semain boros. Jadi aturlah konsumsi bahan bakar dengan memperhatikan irama putaran gas motor jangan sampai menyentak gas kuat-kuat. Bagi pengendara pemula biasanya belum mengetahui cara satu ini, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

4. Selalu Cek Bagian Filter Angin
Cara agar motor matic tetap irit juga bisa dilakukan dengan mengecek rutin bagian filter angin secara berkala. Kondisi filter angin kotor bisa memberi dampak buruk terhadap sistem pembakaran yang mana akan memberi potensi sumbatan. Rata-rata dari kotornya filter memang diabaikan karena memang dianggap kurang penting dalam mengatur konsumsi bahan bakar. Padahal fungsinya sangat penting untuk membantu sistem pembakaran sehingga lebih irit BBM. Maka dari itu sebisa mungkin bersihkan filter udara secara rutin setidaknya setelah sampai 15.000km.

5. Cek Bagian Pengapian Mesin
Tidak hanya di bagian filter angin saja, Anda juga wajib melihat secara detail bagian pengapian mesin karena memang bagian ini menjadi modal utama dalam mendapatkan konsumsi bahan bakar lebih irit. Selalu cek ataupun lakukan perawatan secara rutin agar proses pengapian bisa berjalan lancar. Jika bagian sistem pengapian bisa berjalan maksimal maka dari penggunaan bahan bakar akan lebih efisien serta normal. Bila Anda tak bisa mengecek manual maka gunakan jasa montir atau manfaatkan layanan service di dealer terdekat.

6. Pakailah Bahan Bakar Beroktan Tinggi
Cara agar motor matic tetap irit selanjutnya adalah menggunakan bahan bakar beroktan tinggi dimana sampai sekarang bisa digunakan untuk menghasilkan sistem lebih irit ketika dikendarai. Pastinya bahan bakar beroktan tinggi akan memberikan proses pembakaran lebih sempurna, bahkan Anda bisa membedakan sendiri ketika menggunakan bahan bakar premium dan pertalite ataupun pertamax dimana akan terasa perbedaannya.

Tidak hanya memberikan efisiensi bahan bakar saja, Anda bisa mendapatkan performa mesin cukup tinggi ketika menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. maka dari itu meskipun dari segi harga terbilang lebih mahal, akan tetapi pada manfaatnya sangat baik untuk menjaga performa mesin tetap stabil bahkan memberikan kesan lebih irit dan ramah lingkungan.
Baca Juga : 5 Motor Matic Murah Kualitas Terbaik di Indonesia
7. Jangan Bawa Beban Berat
Mungkin Anda tidak menyadari dari cara agar motor matic tetap irit satu ini yakni jangan terlalu banyak membawa beban berat. Sampai sekarang beban berat seperti barang-barang yang berukuran besar akan membuat performa mesin semakin berat, sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih besar. Dari cara agar motor matic tetap irit dengan menghindari beban bawaan terlalu berat juga dapat menghdairkan keuntungan lain yakni lebih mudah dalam bermanuver.

Sebagai pengendara motor matic harus bisa mengetahui bahkan menerapkan cara agar motor matic tetap irit. Jika nanti Anda bisa menerapkannya maka biaya pengeluaran untuk membeli bahan bakar bisa lebih efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar