Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Minggu, 17 Desember 2017

9 Tips Jitu Rawat Motor Baru Agar Tampilannya Tetap Kinclong

Tips Jitu Rawat Motor Baru Agar Tampilannya Tetap Kinclong

9 Tips Jitu Rawat Motor Baru Agar Tampilannya Tetap Kinclong, Otomo.id
- Kebutuhan alat transportasi berupa sepeda motor hingga sekarang masih terus bertambah mengingat dari spesifikasi sampai perawatannya juga terbilang murah. Sebuah sepeda motor baru tentu saja mendapatkan spesialisasi terutama dari tampilan sampai kemampuan mesinnya yang masih original, sehingga pemiliknya harus merawat kebersihannya agar tampilan sampai kualitas mesin tetap terjaga. Ada beberapa tips jitu rawat motor baru untuk mendapatkan tampilan motor tetap bersih dan kinclong.

Memang dalam kondisi tertentu bisa memberikan dampak kurang baik terhadap tampilan motor salah satunya cuaca baik dalam musim hujan ataupun musim panas. Perawatan motor memang perlu diperhatikan setiap pengendara terutama pada bagian-bagian tertentu diluar jangkauan tangan saat membersihkan manual. Bila selama ini Anda masih belum mengetahui cara-cara terbaik dalam membersihkan motor baru agar tampilannya tetap bersih dan kinclong, berikut ini ada beberapa tips tepat agar tampilan motor Anda tetap kinclong setiap hari.
Baca Juga : Cara Menyesuaikan Katup Mesin Motor

Tips Merawat Motor Baru

1. Lakukan Servis Secara Rutin
Tidak hanya memberi perawatan pada bagian mesin saja, melakukan sevis rutin akan memperlihatkan kesan lebih menarik yakni tampilan motor dan kondisi bodi tetap terkontrol. Setidaknya lakukan servis selama 1 bulan sekali untuk bisa mendapatkan perawatan maksimal untuk bagian mesin hingga bodi lainnya. Rata-rata dari setiap dealer akan memberi pelayanan terbaik yang nantinya membersihkan motor secara gratis. Dari situlah tampilan motor baru anda akan tetap kinclong dan terlihat baru setiap hari.

2. Cuci Motor Secara Rutin 1 Kalli Selama 4 Hari
Masih ada tips jitu rawat motor baru agar tampilannya tetap kinclong dan bersih yakni dengan mencuci motor secara rutin setidaknya 1 kali selama 4 hari. Aktivitas mencuci motor secara rutin akan membersihkan semua bagian kerak motor hingga sistem pembuangan penuh yang sampai sekarang penuh dengan kerak karbon. Perlu diingat dalam proses mencuci motor harus gunakan produk shampoo khusus yang dapat memperlihatkan hasil maksimal dan sudah dipercaya mampu memberi efek bersih kepada semua bagian motor tanpa ada efek samping.

3. Selalu Cek Volume Air Aki
Tampilan motor baru yang selalu bersih dan kinclong tidak hanya pada bodi luarnya saja, tetapi bisa dari bagian dalam tepatnya di bagian aki motor. Sampai sekarang bagian aki menjadi satu cara terbaik untuk memperlihatkan efek bersih kepada motor hingga pengendara merasa aman. Rata-rata dari kondisi air aki yang tak mendapatkan perawatan akan memberi dampak pada kondisi aki sehingga tampilannya menjadi kotor. Tentu berbeda pada aki motor yang mendapatkan perawatan berupa pengisian secara rutin maka tampilannya akan semakin bersih.

4. Cucilah Motor Setelah Kehujanan
Tips jitu rawat motor baru juga bisa dilakukan setelah motor terkena guyuran air hujan. Perlu Anda ketahui bahwa dari kandungan air hujan sangat buruk pada beberapa bagian motor terutama bagian terbuat dari besi. Bahkan jika Anda tak membersihkan motor setelah terkena guyuran air hujan, dari bagian bodi akan mendapatkan dampaknya. Warna bodi lambat laun akan memudar sehingga memberi tampilan kurang menarik. Begitu juga dari bagian sparepart motor terbuat dari besu yang bisa mendapat efek kurang baik berupa karat. Oleh karena itu dibutuhkan upaya pembersihan motor setelah diguyur hujan menggunakan shampoo khusus pembersih motor.

5. Selalu Gunakan Bahan Bakar Sesuai Spesifikasi Kendaraan
Tidak banyak pengendara motor tahu mengenai tips jitu rawat motor baru yakni selalu menggunakan bahan bakar sesuai spesifikasi motor Anda. Seperti kita tahu dalam sebuah sepeda motor pasti memperlihatkan banyak aspek terutama dari segi spesifikasi bahan bakar yang harus digunakan. Bagian komponen mesin akan mendapatkan dampak buruk jika Anda tak menyesuaikan jenis bahan bakar berdasarkan tingkat RON. Menggunakan bahan bakar sesuai spesifikasi mesin akan memberi manfaat terutama menghindari munculnya kerak karbon di bagian mesin ataupun ruang pembakaran bahkan sering terdapat pada bagian head.

6. Rutin Ganti Pelumas Kendaraan
Masih ada tips jitu rawat motor baru agar tampilannya tetap kinclong yakni dengan mengganti pelumas kendaraan secara rutin. Sebaiknya dalam memilih pelumas kendaraan harus sesuai dengan tipe mesin ataupun kendaraan sehingga nantinya fungsi pelumas akan tetap maksimal dalam menjaga kebersihan mesin. Setidaknya ganti pelumas 2 bualn sekali agar performa mesin hingga kebersihannya tetap terjaga.
Baca Juga : 5 Ban Sepeda Motor Paling Awet, Terlaris di Indonesia
7. Selalu Cek Bagian Sparepart Memakai Baut
Salah satu komponen paling sering mendapatkan perawatan agar tampilan motor tetap kinclong adalah baut. Sebagai satu alat pengunci sparepart, kondisi baut harus tetap bersih dan jauh dari karat. Tampilan baut berkarat juga mengangu estetika motor sehingga terlihat lebih kotor. Akan tetapi cek juga dari posisi baut apakah tetap kencang atau tidak. Jika tak ingin ribet merawat baut yang jumlahnya cukup banyak sebaiknya bawa motor ke bengkel ataupun mekanik terdepat agar mendapat penanganan terbaik.

8. Hindari Mengangkut Beban Berlebihan
Jika Anda memiliki kebiasaan mengangkat beban berat pada motor, sebaiknya hindari atau kurangi karena berdampak kurang baik bagi bodi motor. Salah satu tips jitu rawat motor baru satu ini memang sulit diterapkan karena kita tahu kebutuhan motor masih sering digunakan untuk berbagai keperluan seperti pengangkut barang sampai pemindah barang jarak dekat. Maka dari itu hindari mengangkut beban berlebih karena dampaknya kurang baik terhadap bodi dan shock motor.

9. Selalu Gunakan Spare Part Asli
Terakhir sebaiknya Anda selalu menggunakan spare part motor asli yang mana masih memberikan manfaat terbaik ditambah lagi mampu memberikan keawetan kepada fungsi spare partnya. Oleh karena itu dalam tips jitu rawat motor baru dari segi komponen motor harus memakai kualitas asli agar fungsinya bisa lebih awet.

Berbagai macam tips jitu dalam merawat motor baru agar performa dan tampilan bodinya tetap terlihat seperti baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar