Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 27 Desember 2017

BMW i8 Roadster 2018 Akan Segera Meluncur Kepasaran

BMW i8 Roadster 2018 Akan Segera Meluncur Kepasaran

BMW i8 Roadster 2018 Akan Segera Meluncur, Otomo.id
- Salah satu produsen mobil dunia yaitu BMW , baru – baru ini memperkenalkan mobil andalan mereka dengan nama BMW i8 Roadster. Mobil tersebut merupakan pengembangan dari model yang sudah ada yaitu BMW i8 Coupe . Berbeda dengan versi i8 Coupe yang memiliki 4 buah tempat duduk, BMW i8 Roadster ini hanya dibekali dengan dua tempat duduk saja. Hal ini dikarenakan mobil BMW i8 Roadster tersebut memiliki desain atap lipat.

Atap dari BWM i8 Roadster tersebut dapat dibuka dan ditutup secara elektris hanya dalam waktu 16 detik saja. Dan lebih hebatnya lagi, proses buka tutup atap mobil tersebut bahkan tetap dapat dilakukan dengan baik ketika mobil dalam keadaan dipacu pada kecepatan 31 mil/jam atau sekitar 50 km/jam. Ketika atap mulai diturunkan, maka secara otomatis jendela bagian belakang akan naik sekitar 1,9 inchi. Hal ini berfungsi untuk membantu mengarahkan udara agar dapat mengalir kebelakang dengan sempurna.

Uniknya lagi, atapnya dapat ditutup dalam keadaan vertikal atau di seting dalam keadaan tegak lurus sehingga terdapat ruang kosong dibelakang jok yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan ekstra, dan luas bagasi ekstra tersebut mencapai 133 liter. Atap dari mobil BMW i8 Roaster ini terbuat dari alumunium dan menggunakan proses pencetakan 3d model terbaru.

Baca Juga : Wuling Cortez Siap Menebar Ancaman di Indonesia

Mobil BMW i8 Roadster ini merupakan mobil hybrid yang dibekali dengan baterai jenis lithium-ion berkapasitas 11,6 kwh yang mampu memberikan tenaga kepada motor listriknya untuk menghasilkan tenaga hingga 141 HP dan torsinya mencapai 184 lb-ft atau setara dengan 249 Nm. Motor listrik tersebut di padukan dengan mesin bensin 1.5 liter turbocharged 3 silnder in-line.

Mesin konvensional tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 170 Kw atau sekitar 228 HP dan memiliki torsi sebesar 236 lb-ft atau setara dengan 320 Nm.Mobil ini dipadukan dengan transmisi otomatis enam percepatan dan tenaganya akan disalurkan ke roda belakang. Sedangkan motor listriknya memiliki gearbox otomatis dua percepatan yang berfungsi untuk menggerakkan roda depan.

Baterai yang dimilikinya diklaim oleh BMW mampu menjalankan mobil sejauh 18 mil atau sekitar 28,8 km ketika digunakan dalam mode all-electric. Jarak tersebut meningkat sekitar 3 mil jika dibandingkan dengan model baterai sebelumnya yang hanya mampu menempuh jarak 15 mil saja.

Selain memperkenalkan BMW i8 Roadster, mereka juga memperkenalkan BMW i8 Coupe versi terbaru yang tetap mempertahankan konfigurasi tempat duduk 4 penumpang dengan atap solid tidak seperti pada model BMW i8 Roaster. Untuk kemampuannya ketika dipacu dijalanan, ternyata kedua mobil tersebut tidak memiliki perbedaan yang begitu signifikan karena pada dasarnya kedua mobil tersebut memiliki jenis mesin yang sama dan hanya beda model saja.

BMW i8 Coupe diklaim mampu melaju dari kecepatan 0-60 mil atau sekitar 96 km/jam dalam waktu 4,2 detik. Sedangkan untuk model BMW i8 Roaster mampu melaju dikecepatan yang sama dalam waktu 4,4 detik.

Kecepatan maksimal kedua mobil tersebut dibatasi secara elektronik pada angka 155 mil/jam ( 248 km/jam ). Mobil tersebut diklaim mampu melaju hingga kecepatan 65 mill/jam (104 km/jam) ketika menggunakan motor listriknya saja dan dapat melaju hingga 75 mill/jam (120 km/jam) ketika menggunakan mode eDrive.

Kedua mobil tersebut juga dilengkapi dengan sistem infotainment iDrive dari BMW dan dibekali layar sentuh berukuran 8,8 inchi dan telah tersemat sistem audio kelas dunia besutan Harman Kardon 12 speaker serta memiliki tiga mode mengemudi yaitu comfort, sport serta eco pro. Mobil yang rencananya akan mulai diproduksi dan dijual tahun depan tersebut memiliki banderol harga sebesar 150.000 dolar Amerika untuk model Coupe dan 146.395 dolar Amerika untuk model Roadster.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar