Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 22 Desember 2017

Cara Tepat Pilih Helm Motor Berkualitas Terbaik

Cara Tepat Pilih Helm Motor Berkualitas Terbaik

Cara Tepat Pilih Helm Berkualitas Terbaik, Otomo.id
- Semua pengendara sepeda motor pastinya tahu akan pentingnya mengenakan helm berkualitas terbaik saat berkendara. Dari tahun ke tahun model dari perangkat pelindung kepala ini mengalami perkembangan dari segi desain sampai fitur keamanannya. Mungkin sekarang Anda belum mengeahui tentang cara tepat pilih helm motor berkualitas terbaik dan sesuai kebutuhan karena belum memperhatikan secara detail mengenai kualitas helm yang dipakai setiap hari.

Banyak kasus pencurian helm karena desain helm kita terbilang keren dan berharga mahal. Oleh sebab itu Anda wajib menggunakan cara-cara tepat agar tak mendapatkan kesalahan dalam menentukan helm berkualitas terbaik sesuai kebutuhan. Helm diciptakan untuk memberi proteksi lebih aman kepada bagian kepala pengendara, akan tetapi sesuai perkembangannya bisa memberikan kenyamanan hingga desain lebih keren sehingga mampu memberi tampilan lebih menarik.

Pastinya Anda belum terlalu memahami tentang cara-cara menentukan helm motor berkualitas terbaik sesuai kebutuhan. Maka dari itu marilah kita simak secara detail mengenai cara tepat pilih helm motor berkualitas.
Baca Juga : Tips Jitu Merawat Motor Baru Agar Tampilannya Tetap Kinclong

Cara Tepat Pilih Helm Motor Berkualitas Terbaik

Sebelum Anda benar-benar memilih sebuah helm berkualitas terbaik cobalah lihat dari beberapa spesifikasi terbaiknya berikut ini.

1. Lihatlah Sertifikat dan Label Helm
Hal pertama yang wajib diperhatikan oleh pengendara sepeda motor sebelum memilih helm adalah dari segi label ataupu sertifikat helm. Biasanya dari label dan sertifikat helm sudah tertera di bagian bawah sisi helm. Oleh karena itu dari adanya label serta seritifikat helm tersebut akan memperlihatkan kualitas helm, tingkat keamanan helm, hingga standar bentuk helm. Anda pasti mengenal standar pembuatan helm di Indonesia atau disebut SNI dan bisa juga dalam sertifikat DOT yang mana sudah menggunakan standar kelas internasional sehingga memberi proteksi secara sempurna.

2. Lihatlah Bobot Helm
Rata-rata dari bentuk helm tertentu memberikan berat berbeda-beda, maka dari itu dari berat helm juga wajib diperhatikan secara detail. Bagi para pengendara sepeda motor sebaiknya leihat dahulu dari segi bobot helm apakah memberikan kenyamanan atau tidak. Maka dari itu dalam tips pilih helm motor berkualitas terbaik akan memperhatikan dari sektor beratnya dimana saat ini memerlihatkan variasi lebih baik. Ada beberapa helm terbaik menggunakan berat cukup besar karena memang digunakan untuk keperluan racing, sedangkan untuk keperluan pengendara biasa memiliki berat lebih ringan.

3. Sesuaikan Ukuran Helm Dengan Kepala Anda
Berikutnya cobalah lihat dari aspek ukuran helm dimana mampu memberi kenyamanan bagi penggunanya. Memang dari segi ukuran dibedakan menjadi empat yakni M, L, XL dan XXL. Oleh karena itu Anda harus memberikan ukuran yang tepat untuk memberikan rasa nyaman. Jangan pilih helm berukuran kecil atau terlalu sempit karena memberi efek kurang nyaman, kemudian jangan juga memilih helm berukuran besar karena tidak memberikan efek nyaman. Pilih helm yang memiliki tekanan lebih baik di bagian kepala atas kemudian bagian kedua pipi Anda.

4. Perhatikan Bagian Kaca Helm atau Visor
Rata-rata sebuah produk helm motor memiliki visor ataupun kaca helm, akan tetapi ada juga yang tak memakai visor. Tips pilih helm motor berkualitas dan sesuai kebutuhan cobalah lihat dari ketersediaan visor yang memiliki desain berbeda-beda. Rata-rata bentuk dari visor memiliki warna transparan hingga lebih berwarna, oleh sebab itu saat Anda lebih sering bepergian di siang hari sebaiknya gunakan visor dengan warna transparan. Kondisikan warna dan bentuk visor dengan kegiatan sehari-hari sehingga nanti tidak memberikan efek buruk saat Anda mengenakannya.

5. Kualitas Kunci atau Pengait di Bagian Leher
Dalam tips pilih helm motor berkualitas dan terbaik bisa dilihat dari aspek ketersediaan kunci atau pengait di bagian leher. Rata-rata dari produk helm berkualitas terbaik sudah banyak memberi fitur kunci bagian leher lebih baik sehingga memberikan kekuatan dan kenyamanan. Bentuk dari kunci ataupun pengait bisa dibedakan menurut harga dan desainnya. Jadi jika Anda tak memiliki budget besar sebaiknya pilih helm sesuai kebutuhan ataupun melihat dari segi bentuk pengaitnya.
Baca Juga : 5 Ban Sepeda Motor Paling Awet, Terlaris di Indonesia
6. Lihat Dari Aspek Kemampuan Mata
Masih ada tips lainnya yang wajib diperhatikan yakni dari aspek kemampuan mata yang mana bisa dilihat dari kemampuan helm yang selama ini belum banyak diperhatikan. Rata-rata model helm flip up ataupun dengan sistem visor buka tutup menjadi pilihan karena menghindari kendala mata terkena debu ataupun air ketika berkendara saat hujan. Jadi Anda bisa pilih helm berdasarkan kemampuan mata serta proteksi lebih baik ke bagian pengelihatan.

7. Hindari Membeli Helm Bekas
Tips pilih helm motor berkualitas berikutnya adalah melihat dari baru atau bekasnya helm. Rata-rata dari produk helm bekas akan memberi dampak kurang baik dari segi bersihnya, kenyamanan bahkan sampai keamanan. Namun saat Anda membeli produk helm baru akan memberi dampak baik yakni lebih nyaman, terjamin keamanannya, kemudian dari desain juga lebih keren. Jadi sebisa mungkin hindari membeli helm bekas.

8. Lihatlah Dari Baut Kaca Helm
Hal terpenting dalam tips pilih helm motor adalah dari sektor baut dimana mampu memberikan kenyamanan pada saat mengendarai motor berkecepatan tinggi. biasanya dari spesifikasi helm khusus berkecepatan tinggi memiliki spesifikasi baut kaca helm lebih kuat. Kecepatan motor mampu memberi dampak buruk pada baut kaca helm, oleh sebab itu sekarang Anda bisa melihat dari sektor baut yang memberikan efek aman kepada pengendara.

Sampai sekarang banyak pengendara memperhatikan dari sektor tips pilih helm motor di atas kemudian jangan lupa dari sektor harga juga wajib dipertimbangkan jangan sampai membeli helm dengan harga terlalu mahal melebihi kemampuan daya beli Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar