Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 19 Desember 2017

Daftar Sepeda Motor Terlaris Bulan November 2017

Daftar Sepeda Motor Terlaris Bulan November 2017

Menjelang tutup tahun, ternyata hasil penjualan sepeda motor di Indonesia mengalami tren yang kurang bagus. Menurut data dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor selama bulan November mengalami penurunan jika dibandingkan dengan penjualan bulan Oktober yang lalu.

Penjualan pada bulan November tahun ini tercatat sebanyak 550.303 unit sepeda motor, dan total penjualan tersebut mengalami penurunan sekitar 29.249 unit jika dibandingkan dengan bulan Oktober yang lalu.

Masih seperti bulan – bulan sebelumnya, penjualan sepeda motor pada bulan November ini tetap didominasi oleh jenis skutik. Honda BeAT merupakan penyumbang terbesar penjualan sepeda motor untuk bulan November dengan perolehan penjualan sebanyak 188.446 unit kendaraan. Jumlah tersebut mengalami penurunan penjualan sebanyak 10.317 unit jika dibandingkan dengan bulan Oktober.

Meskipun mengalami penurunan, ternyata jumlah penjualan Honda BeAT tersebut masih jauh diatas para pesaing terdekatnya. Sebut saja seperti Honda Scoopy eSP, walaupun motor matik ini berada pada posisi kedua tetapi total penjualannya jauh tertinggal dari pada Honda BeAT.

Untuk bulan November ini, Honda Scoopy eSP hanya mampu membukukan penjualan sebanyak 62.929 unit kendaraan. Jumlah penjualan tersebut mengalami penurunan sebanyak 778 unit jika dibandingkan dengan bulan Oktober lalu.
Baca Juga : 5 Motor Matic Murah Kualitas Terbaik di Indonesia 2017

Daftar Sepeda Motor Terlaris November 2017

Untuk mengetahui lebih lanjut daftar sepeda motor terlaris selama bulan November, silahkan simak ulasan singkat berikut ini.

1. Honda Beat
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kali ini Honda Beat hanya mampu terjual sebanyak 188.446 unit kendaraan. Jumlah tersebut menyumbang sekitar 34,24 persen dari total penjualan sepeda motor nasional selama bulan November.

2. Honda Scoopy eSP
Kali ini Honda Scoopy eSP mampu berada diperingkat ke dua dengan total penjualan sebanyak 62.929 unit. Dan jumlah tersebut sama dengan 11,43 persen dari total penjualan sepeda motor selama bulan November 2017 ini.

3. Honda vario 125 eSP
Di urutan ketiga, Honda Vario 125 eSP mampu membukukan penjualan yang terpaut tidak terlalu jauh dengan Scoopy. Untuk bulan November ini, Honda Vario 125 eSP mampu mencatatkan penjualan sebanyak 61.180 unit kendaraan.

4. Honda Vario 150 eSP
Salah satu varian Vario lainnya, yaitu Honda Vario 150 eSP menguntit di urutan ke empat dengan perbedaan penjualan yang cukup jauh bila dibandingkan dengan Vario 125 eSP. Untuk Honda Vario 150 eSP ini hanya mampu terjual sebanyak 46.263 unit kendaraan saja.

5. Yamaha NMax
Setelah posisi empat besar dikuasai oleh Honda, kini giliran pasukan Yamaha berada diperingkat ke lima yang diwakili oleh Yamaha NMax. Sepeda motor matik bertubuh besar ini mampu terjual sebanyak 29.328 unit selama bulan November.

6. Yamaha Mio
Sepeda motor matik keluaran Yamaha yang lainnya yaitu Yamaha Mio berada pada posisi ke enam dengan total penjualan sebanyak 25.166 unit kendaraan.

7. Yamaha Aerox 
Yamaha Aerox 155 berhasil menduduki peringkat ke tujuh dengan torehan penjualan keseluruhan mencapai 17.632 unit kendaraan.

8. Yamaha Fino
Sepeda motor matik Yamaha Fino yang bergaya retro ini berada di peringkat ke delapan dengan membukukan penjualan sebanyak 16.258 unit kendaraan.

9. Honda Revo
Setelah gempuran sepeda motor matik yang mampu menguasai urutan pertama sampai ke delapan, kini giliran sepeda motor bebek Honda Revo memposisikan dirinya pada urutan ke sembilan dengan total penjualan sebanyak 15.933 unit kendaraan.

10. Honda Supra
Diurutan selanjutnya, sepeda motor bebek besutan pabrikan Honda yaitu Honda Supra mampu bereda di peringkat ke sepuluh dengan memperoleh penjualan sebanyak 11.815 unit kendaraan selama bulan November yang lalu.

11. Honda Vario 110 eSP
Di posisi ke sebelas kembali muncul sepeda motor matik Honda Vario 110 FI eSP yang mampu membukukan penjualan sebanyak 10.808 unit kendaraan.

12. Honda CB 150 R Street Fire
Akhirnya sepeda motor jenis sport berhasil muncul pada urutan ke dua belas. Posisi ini diwakili oleh Honda CB 150 R Steet Fire dengan jumlah penjualan selama bulan November mencapai 8.633 unit kendaraan.

13. Honda Verza
Diposisi ke tiga belas ada sepeda motor jenis sport murah dari pabrikan Honda, yaitu Honda verza dengan total penjualan sebanyak 6.353 unit sepeda motor.
Baca Juga : Ini Dia 5 Motor Matic Paling Paling Unik dan Keren 2017
14. Honda CBR 150 R
Honda CBR 150 R yang merupakan jenis sepeda motor sport firing ini mampu menduduki peringkat ke empat belas dengan total penjualan sebanyak 4.942 unit kendaraan.

15. Yamaha MX King
Sebagai penutup pada daftar sepeda motor terlaris kali ini, hadir sepeda motor besutan Yamaha yaitu sepeda motor Yamaha MX King yang berada pada peringkat ke lima belas dan berhasil membukukan penjualan selama November sebanyak 4.131 unit sepeda motor.

Itulah daftar lima belas besar sepeda motor terlaris untuk bulan November 2017 ini. Dan ternyata, dari daftar tersebut hanya di huni oleh 2 pabrikan saja yaitu Honda dan Yamaha yang sama – sama berasal dari Jepang. Dengan demikian, pabrikan sepeda motor lainnya yang tergabung sebagai anggota AISI seperti Suzuki ,Kawasaki maupun TVS harus bekerja keras agar penjualan jajaran sepeda motor mereka mampu bersaing dengan para rivalnya.

Untuk sekedar diketahui, penjualan sepeda motor Suzuki melorot hampir sebesar 50 persen jika dibandingkan dengan bulan Oktober. Untuk penjualan selama November ini, pihak Suzuki hanya mampu menjual kendaraan roda dua mereka sebanyak 3.617 unit saja. Sedangkan TVS tercatat mampu menjual kendaraannya sebanyak 91 unit selama bulan November.

Dengan demikian, total penjualan sepeda motor di Indonesia selama periode Januari sampai November tahun 2017 ini tercatat sebanyak 5.470.107 unit kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar