Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 30 Desember 2017

Dampak Buruk Memakai Ban Kecil atau Ban Cacing

Dampak Buruk Memakai Ban Kecil atau Ban Cacing

Setiap produk sepeda motor pastinya memiliki ban yang menjadi bagian terpenting dalam sebuah motor. Berbagai macam merk serta ukuran ban disajikan untuk memberi kenyamanan bagi pengendara saat di jalan raya. Tentu saja tampilan ban bisa memberikan kesan berbeda, sehingga dari waktu ke waktu selalu mendapatkan banyak aspek penting yang selama ini tidak bisa didapatkan oleh banyak kalangan.Bagi pengendara sepeda motor pastinya mengenal jenis ban berukuran kecil atau sering disebut ban cacing.

Ternyata ada dampak buruk memakai ban kecil yang beberapa waktu lalu sempat booming di pengendara sepeda motor. Ciri dari ban cacing sendiri sudah bisa terlihat jelas yakni ukurannya lebih kecil dibandingkan ban biasanya kemudian dari segi diameternya juga tidak besar. Meskipun dari segi ukuran lebih kecil, tetapi banyak kalangan khususnya pemodif merasakan dampak baiknya mulai dari mudah bermanuver, hingga lebih dirasa awet dibandingkan ban pada umumnya. Tetapi jangan salah, karena sampai sekarang banyak kalangan masih berpendapat bahwa penggunaan ban kecil atau ban cacing masih bisa menjumpai berbagai masalah yang selama ini belum banyak dipahami oleh pengendara sepeda motor.
Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian Sistem Injeksi Motor

Dampak Buruk Menggunakan Ban Kecil Atau Ban Cacing

1. Resiko Tergelincir Lebih Besar
Pada dampak buruk pertama sudah bisa terlihat yakni resiko tergelincir akan semakin besar terutama saat pengendara melaju dalam kecepatan tinggi. Dari beban ataupun berat motor tidak stabil sehingga dari potensi tergelincir semakin besar karena ban tidak bisa mengimbangi beban motor beserta pengendara. Maka dari itu bahaya pertama ini seringkali menjadi dampak buruk memakai ban kecil sehingga beberapa pengendara lebih baik tidak menggunakannya. Resiko mengalami insiden di jalan berlubang juga lebih besar, sehingga pemakaiannya sekarang mulai ditinggalkan.

2. Meningkatkan Resiko Kerusakan Velg
Berikutnya juga memberikan resiko buruk terhadap kerusakan velg yang selama ini harusnya bisa dihindari. Para pengendara sepeda motor akan merasakan dampak buruk ketika menggunakan ban cacing karena ukurannya terbilang kecil. Dari setiap benturan ataupun getaran tidak bisa diredam secara maksimal oleh velg sehingga ketika berjalan di kondisi penuh lubang ataupun batu bisa memberikan resiko rusak lebih besar bahkan masih bisa tergelincir ketika melintasi jalanan berlubang. Maka dari itu sebaiknya hindari penggunaan ban cacing karena dampak buruknya cukup fatal.

3. Resiko Terkena Tilang Lebih Besar
Seperti kita tahu dari dampak buruk memakai ban kecil juga bisa terjadi terutama meningkatnya resiko terkena tilang. Sampai sekarang dari pihak berwajib tidak membenarkan penggunaan ban cacing sehingga ketika Anda menggunakannya bersiaplah terkena tilang. Rata-rata dari penggunaan ban cacing tersebut dianggap kurang aman bahkan bisa membahayakan pengendara lainnya, sehingga penggunaan ban kecil tidak diperbolehkan sampai sekarang.

4. Membuat Tampilan Motor Tidak Menarik
Meksipun para pecinta modifikasi motor menggunakan ban cacing untuk memberikan tampilan lebih keren, tetapi banyak kalangan menilai bahwa penggunaan ban cacing sendiri tidak sesuai standar bahkan dari segi tampilannya terlihat kurang etis bahkan tidak enak. Jadi bagi pengendara yang menggunakan ban motor bertipe cacing ataupun berukuran kecil bisa melepasnya karena dari tampilan tidak terlalu baik. Sangat penting dalam menggunakan jenis ban standar sesuai aturan sehingga dari segi tampilannya terlihat lebih proporsional dibandingkan memakai ban cacing. Maka dari itu perhatikan kembali dari dampak buruk memakai ban kecil.

5. Menambah Biaya
Banyak kalangan menilai ketika menggunakan ban berukuran kecil bisa memberikan dampak kurang baik terutama bisa menambah biaya yang sekarang ini harusnya bisa ditekan. Perawatan sepeda motor dengan ban cacing memang butuh biaya cukup besar, sehingga dari penggunaannya terus ditinggalkan. Dampak buruk memakai ban kecil memang cukup ekstrim baik dari biaya sampai resiko kecelakaan hingga ditilang. Akan tetapi dari segi biaya masih menjadi prioritas karena Anda harus mengganti ukuran velg yang itu tak murah harganya.
Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Velg Racing

Kelebihan Menggunakan Ban Kecil Atau Ban Cacing

Selain melihat kekurangan ataupun dampak buruk dari penggunaan ban kecil, sebaiknya Anda simak juga seperti apa kelebihan ketika seorang pengendara motor menggunakan ban berukuran kecil atau ban cacing. Maka dari itu mari kita simak sama-sama seperti apa kelebihan ketika memakai ban berukuran kecil atau ban cacing tersebut.

1. Tarikan Lebih Cepat
Ketika sebuah sepeda motor menggunakan ban berukuran kecil atau ban cacing akan memberi tarikan motor lebih ringan. Hal tersebut disebabkan oleh berat serta gaya gesek di aspal terbilang kecil sehingga dari tarikannya lebih ringan. Maka dari itu penggunaan ban berukuran kecil biasa digunakan pada motor-motor race atapun drag race yang identik dengan ukuran ban kecil meskipun dari resiko yang dialami pengendara saat memacu kecepatan motor tinggi bisa terjadi kapan saja.

2. Bagian Rantai dan Gear Lebih Awet
Bagi pengendara mungkin tak sadar bahwa disamping adanya dampak buruk memakai ban kecil namun ada satu keunggulan ketika memakai ban cacing yakni dari segi keawetan rantai beserta gear dianggap lebih baik dibandingkan memakai ban berukuran standar. Banyak kalangan menilai gaya gesek pada gear hingga berbagai macam gesekan rantai terhadap ban membuat keawetannya lebih baik. Maka dari itu dari penggunan ban cacing sendiri sampai sekarang masih banyak dilakukan meskipun hanya sebatas kebutuhan modifikasi saja.

Penggunaan ban berukuran kecil memang tak bisa memberikan manfaat karena sudah dilarang, akan tetapi melihat dampak buruk memakai ban kecil bisa kita lihat bahwa setiap pengendara masih berpotensi mendapatkan keuntungan meskipun tetap saja tak bisa bergerak bebas karena sudah dilarang. Jadi pikirkan kembali jika Anda ingin menggunakan ban berukuran kecil karena dari resikonya sangat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar