Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 29 Desember 2017

Mengenal Emflux Model 1 Motor Sport Bertenaga Listrik Racikan India

Mengenal Emflux Model 1 Motor Sport Bertenaga Listrik Racikan India

Salah satu perusahaan strat up yang berasal dari India yaitu Emflux Motors telah berhasil menciptakan sebuah kendaraan sport roda dua bertenaga listrik. Emflux Motors merupakan perusahaan otomotif yang berkonsentrasi pada pengembangan kendaraan listrik dan didirikan oleh tiga orang. Mereka adalah Varun Mittal yang merupakan CEO dari perusahaan tersebut, kemudian untuk jabatan Kepala Desain diduduki oleh Vinay Raj Somasekhar , serta Ankit Khatry sebagai Pimpinan Unit Operasional.

Perusahaan yang memiliki basis di Bengaluru India ini baru berdiri tahun 2016 silam. Dan selang satu tahun setelah pendiriannya, Emflux Motors memperkenalkan kandidat pertama mereka Emflux Model 1 yaitu sebuah motor sport bertenaga listrik. Dan hebatnya lagi, motor tersebut merupakan motor sport listrik pertama buatan India.

Sepeda motor mereka tersebut rencananya akan dihadirkan pada ajang Delhi Auto Expo yang akan berlangsung pada tahun 2018 mendatang. Emflux Model 1 dibekali dengan baterai jenis lithium ion besutan Samsung. Baterai tersebut bertugas untuk menggerakkan motor induksi AC yang dilengkapi dengan sistem pendingin cairan.
Baca Juga : Mengenal Okinawa Praise Skutik Listrik Berharga Murah Asal India
Motor listriknya tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 50 kW atau sekitar 67 HP serta memiliki torsi puncak sebesar 84 Nm pada putaran mesin 8.400 RPM. Untuk akselerainya, kemampuan superbike ini layak untuk di acungi jempol. Untuk berlari dari 0-100 km/jam, Emflux Model 1 hanya membutuhkan waktu 3 detik saja dan kecepatan tertingginya mencapai 200 km/jam.

Ketika baterainya terisi penuh, maka motor tersebut dapat berjalan sejauh 200 km. Emflux Model 1 juga telah dilengkapi sistem pengisian cepat, sehingga daya baterainya dapat terisi hingga 80 persen hanya dalam waktu 36 menit saja. Sistem pengisian cepat ini tentu saja sangat membantu bagi mereka yang memerlukan mobilitas tinggi karena tak akan kehilangan banyak waktu untuk mengisi baterai.

Untuk menunjang kemampuannya sebagai sepeda motor listrik cerdas, superbike atau motor sport Emflux Model 1 ini juga telah disematkan fitur – fitur modern dan berkelas. Motor ini dibekali dengan display layar sentuh berukuran 7 inchi , sistem navigasi yang berbasis GPS, mobile app, real time vehicle diagnostics, auto updates serta tersedia konektivitas bike to bike.

Untuk perangkat pengeremannya, motor ini menggunakan sistem pengereman besutan Brembo dan telah mendukung sistem pengereman regeneratif. Selain itu, teknologi dual ABS besutan Continental pun telah hadir pada superbike Emflux Model 1 ini. Suspensi depannya menggunakan produk dari Ohlins model upside down dan suspensi belakang menggunakan single side swingarm monoshock.

Emflux Model 1 diperkirakan akan memiliki harga jual sekitar INR 5.5 lakh atau sekitar Rp. 116 juta-an per unitnya. Motor ini rencananya hanya diproduksi secara terbatas sebanyak 199 unit kendaraan saja.

Selain motor dengan spesifikasi standar, para konsumennya juga bisa memesan motor Emflux Model 1 dengan penyesuaian pilihan warna, bahan jok dan lain – lain. Untuk kedepannya Emflux Motors juga akan memperkenalkan Emflux Model 2 yang merupakan versi naked sport dengan dua varian, yaitu Emflux Model 2 yang mampu menempuh jarak 150 km dan 220 km.

Ketika peluncurannya pada tahun 2018 mendatang, kemungkinan motor sport Emflux Model 1 tersebut akan berganti nama . Motor Emflux Model 1 ini nantinya akan bersaing dengan motor sport konvensional bermesin bensin yang telah hadir lebih dulu seperti Ninja 650cc, Benelli TNT 600i dan juga Hyosung GT650R.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar