Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 25 Desember 2017

Inilah Tesla Semi, Truk Bertenaga Listrik Dengan Kemampuan Jelajah Mencapai 500 Mil

Inilah Tesla Semi, Truk Bertenaga Listrik Dengan Kemampuan Jelajah Mencapai 500 Mil

Salah satu produsen otomotif asal Amerika yaitu Tesla yang gencar memproduksi mobil penumpang bertenaga listrik, kini telah menciptakan sebuah terobosan baru dengan menghadirkan kendaraan niaga berjenis truk yang juga ditenagai oleh listrik. Truk ramah lingkungan ini memiliki nama Tesla Semi yang memiliki berbagai macam keunggulan dan telah mengusung teknologi mutakhir.

Truk tersebut diklaim memiliki performa diatas rata – rata jika dibandingkan dengan truk kebanyakan saat ini yang bertenaga mesin diesel. Tesla menghadirkan truk ini dengan desain bodi yang terlihat ramping dan modern.

Kapasitas baterai pada truk Tesla Semi tersebut menjadi salah satu andalan utama perusahaan dalam menggaet para konsumen truk dunia saat ini. Tesla mengklaim truk buatannya itu mampu berjalan hingga sejauh 500 mil atau sekitar 800 km dalam sekali pengisian baterai.

Dengan daya jelajah sejauh itu, maka para pengendara di Indonesia sebelum melakukan perjalanan jauh dari Jakarta sampai Surabaya misalnya, hanya perlu mengisi baterai sampai penuh sekali saja untuk mengantar mereka sampai tujuan.

Walaupun Tesla Semi merupakan sebuah truk, tetapi kemampuannya dalam berakselerasi juga patut di acungi jempol. Truk ini mampu melaju dari 0 – 100 km/jam hanya dalam waktu 5 detik saja dengan catatan truk tersebut kosong tanpa muatan.

Ketika truk dalam keadaan membawa muatan penuh sekitar 80.000 pound atau kurang lebih sekitar 36 ton , maka truk Tesla Semi ini mampu melaju dari kecepatan 0 – 60 mil hanya dalam waktu 20 detik saja. Dan kecepatan itu masih diatas kemampuan yang dimiliki oleh truk bermesin diesel saat ini.

Truk tersebut memiliki desain tempat duduk pengendara yang unik dan diletakkan ditengah tidak seperti jenis truk lainnya yang menempatkan tempat duduk sopirnya di sebelah kanan atau kiri. Untuk bantuan navigasinya, truk ini telah dibekali dua buah layar digital disebelah kanan dan kiri roda kemudi.

Baca Juga : Hino Meluncurkan Bus RN285 Bertransmisi Otomatis

Selain itu, Tesla semi ini juga sudah dilengkapi fitur Enhanced Autopilot yang merupakan sistem kemudi otomatis. Untuk menambah keamanan dan juga kenyamanan dalam berkendara, truk ini juga sudah dibekali teknologi sistem pengereman otomatis dan juga automatic lane keep assist system yang berfungsi untuk menjaga truk tetap pada jalurnya.

Truk Tesla Semi tersebut dibekali dengan empat buah motor listrik independen yang diletakkan pada masing – masing rodanya. Selain itu, pengendara tidak perlu repot – repot memindahkan gigi transmisi karena truk ini hanya memiliki satu transmisi saja. Sistem pengereman regeneratif yang dimilikinya dapat memberikan fungsi rem tanpa batas.

Tak hanya terbatas itu saja, ternyata truk tersebut masih menyimpan berbagai macam fitur andalan lainnya dan salah satunya adalah anti jackknife yang biasa terjadi pada truk –truk besar lainnya. Jackknife merupakan gejala tergelincirnya truk dan membuat kepala dan badan truk menekuk seperti pisau lipat karena berbagai macam keadaan.

Untuk menghindarai gejala tersebut, maka Tesla Semi akan menggunakan roda belakang independen yang dimilikinya untuk menyesuaikan besaran torsi secara dinamis. Jackknife ditengarai menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan yang terjadi pada truk besar seperti kontainer. Dengan fitur tersebut, maka resiko kecelakaan bisa ditekan sekecil mungkin.

Saat ini Tesla Semi sudah bisa dipesan dengan harga perkiraan mencapai 200.000 dolar Amerika atau sekitar Rp. 2,7 miliar. Namun demikian, truk Tesla Semi tersebut baru akan diproduksi mulai tahun 2019 mendatang. Jadi, bagi Anda yang ingin segera memiliki truk ini harus sedikit bersabar menunggu kedatangannnya sampai beberapa tahun kedepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar