Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 20 Desember 2017

Ini Dia TVS Apache RR 310, Motor India Berdarah Eropa

Ini Dia TVS Apache RR 310, Motor India Berdarah Eropa

TVS dan BMW Motorrad telah menjalin kerjasama yang cukup lama untuk mengembangkan bisnis mereka di dunia otomotif terutama kendaraan roda dua. Tahun 2016 lalu, TVS dan BMW Motorrad memamerkan sepeda motor hasil kolaborasi mereka dengan nama TVS Akula.

Sepeda motor jenis sport fairing tersebut awalnya ditunjukkan ke publik hanya sebagai sepeda motor konsep hasil racikan kedua perusahaan. Tapi setelah menunggu cukup lama, akhirnya motor TVS Akula tersebut telah masuk ke lini produksi masal dan berubah nama menjadi TVS Apache RR 310.

Sepeda motor sport berdarah Eropa tersebut mengusung mesin berkubikasi 312.2 cc dengan pendingin cairan yang ditopang oleh rangka teralis. Sepeda motor Apache RR 310 ini merupakan versi fairing dari sepeda motor BWM G310R yang telah lebih dulu meluncur kepasaran.
Baca Juga : Suzuki Intruder 155cc Telah Hadir di India, Akankah Masuk Pasar Indonesia
Sepeda motor yang memiliki aura balap tersebut menggunakan mesin satu silinder dan dibekali dengan 4 katup. Walaupun hanya dibekali silinder tunggal, namun sepeda motor TVS Apache RR 310 ini mampu menyemburkan tenaga yang cukup garang. Tercatat motor ini memiliki tenaga puncak mencapai 34 BHP di putaran 9.700 RPM dan mampu mengeluarkan torsi mencapai 27.3 Nm pada putaran 7.700 RPM.

Sepeda motor yang memiliki model sporty dan beraura balap ini juga dibekali dengan bobot motor yang tidak terlalu berat yaitu hanya sekitar 170 kg saja. Ketika di ajak berakselerasi, sepeda motor TVS Apache RR 310 ini mampu berlari dari diam sampai mencapai kecepatan 60 km/jam hanya dalam waktu 2,9 detik saja dan kecepatan maksimalnya diklaim berada pada angka 160 km/jam.

Speedometernya sudah full digital dan memiliki desain yang unik yaitu memanjang keatas atau memiliki desain vertikal dan berbeda dengan desain speedometer sepeda motor lainnya yang rata – rata melebar kesamping atau horisontal.

Sepeda motor Apache RR 310 ini memiliki dimensi panjang 2001 mm, lebar 786 mm, tinggi 1135 mm, wheelbase 1365 mm, ground clearance 180 mm dan tinggi tempat duduk 810 mm. Untuk model tempat duduknya memiliki desain terpisah.

Lampu utama dari TVS Apache RR 310 ini sudah menggunakan desain Bi-LED projector 30 watt. Dan untuk lampu belakangnyapun juga sudah dijejali dengan fitur lampu LED 4 W. Motor tersebut dibekali tampungan bahan bakar sebanyak 11 liter dan konsumsi bahan bakarnya diklaim mampu mencapai 19 km per liternya.

Ini Dia TVS Apache RR 310, Motor India Berdarah Eropa

Untuk menambah kesan soprty, maka sepeda motor ini juga telah dilengkapi dengan suspensi depan jenis inverted cartridge telescopic fork dan model monoshock untuk suspensi belakang. Sepeda motor yang memiliki 6 gigi percepatan ini telah menggunakan pengereman model cakram depan belakang dengan ukuran 300 mm untuk depan dan 240 mm dibagian belakang , serta telah dilengkapi dengan fitur ABS.
Baca Juga : Spesifikasi dan Harga BMW R Nine T Urban GS Terbaru 2017
Untuk urusan roda, sepeda motor TVS Apache RR 310 tersebut menggunakan pelek alloy berukuran 17 inchi. Dan ukuran ban belakangnya 110/70-R17 M/C 54H tubeless serta menggunakan ban belakang berukuran lebar 150/60-R17 M/C 66H tubeless. Untuk saat ini, sepeda motor Apache RR 310 tersebut masih tersedia untuk pasar India saja dengan dua pilihan warna merah dan hitam.

Kedepannya sepeda motor Apache RR 310 ini akan diekspor ke berbagi negara di dunia termasuk Indonesia. Saat ini motor tersebut dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 2 lakh, atau jika dirupiahkan akan memiliki harga sekitar Rp.43 juta-an. Di India, sepeda motor Apache RR 310 ini akan bersaing dengan Bajaj Dominar 400cc dan juga KTM RC 390.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar