Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 27 Desember 2017

Keuntungan dan Kerugian Sistem Injeksi Motor

Keuntungan dan Kerugian Sistem Injeksi Motor

Keuntungan dan Kerugian Sistem Injeksi Motor, Otomo.id
- Pastinya Anda pernah mendengar sebuah sepeda motor memakai sistem bahan bakar injeksi. Mungkin akhir-akhir ini banyak produk sepeda motor terbaru yang memakai sistem injeksi. Namun tak banyak orang mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian sistem Injeksi. Memang dari sistem injeksi tersebut mulai diperkenalkan pada tahun 2000an lalu menggantikan sistem karburasi. Bahkan di kalangan motor balap seperti ajang MotoGP sekalipun sudah menggunakan sistem injeksi.

Penggunaan sistem manual karburator sendiri dinyatakan sudah tak dipakai karena masih memberikan pembakaran tak efisien sehingga sangat cocok jika sebuah sepeda motor menggunakan sistem injeksi. Teknologi komputerisasi di sistem injeksi menjadikan takaran bahan bakar beserta udara terbilang sempurna sehingga dari power motor bisa lebih maksimal bahkan dapat mengatur kadar emsisi gas buangnya.

Jadi tak heran bila sekarang banyak produk motor baru menggunakan sistem injeksi karena ada beragam keuntungannya. Akan tetapi bagi pengendara harus mengamati lebih dalam mengenai keuntungan dan kerugian sistem injeksi karena tak semua pengendara mengetahui apa saja keuntungan sekaligus kerugiannya. Oleh karena itu mari kita simak mengenai kerugian hingga keuntungan yang bisa didapatkan ketika Anda menggunakan motor sistem injeksi.
Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Velg Racing

Keuntungan Memakai Sistem Motor Injeksi

Ada beberapa keuntungan jika Anda mengendarai sepeda motor dengan sistem injeksi bahkan sangat berbeda dengan sistem karburaktor.

1. Sistem Takaran Bahan Bakar Lebih Sempurna
Ada keuntungan pertama performa mesin dan konsumsi bahan bakar akan lebih hemat karena masih menggunakan sistem takaran terkomputerisasi sehingga pencampuran bahan bakar dan udara lebih sempurna bahkan lebih akurat karena sudah diatur menggunakan sensor. Dari sensor tersebut akan membuat komposisi penggunaan bahan bakar semakin sempurna, sehingga lebih irit.

2. Perawatan Lebih Mudah
Banyak kalangan pengendara motor injeksi sudah merasakan keuntungan ketika menggunakan setiap hari yakni dari segi perawatan lebih mudah dan simple. Sepeda motor injeksi sendiri dinilai lebih mudah dan simple dalam segi perawatannya, oleh karena itu dari komponen bahan bakar yang menggunakan sistem injection cleaner saja sehingga tak perlu membongkar pasang setiap sparepart layaknya pemakaian karburator. Dari sini Anda bisa menghemat waktu perawatan bahkan dari servis tak perlu terlalu sering.

3. Lebih Ramah Lingkungan
Dalam ulasan keuntungan dan kerugian sistem injeksi lebih mengacu pada dampak kepada lingkungan. Rata-rata dari penggunaan sistem injeksi motor memang memberi dampak cukup baik terhadap lingkungan, oleh sebab itu kenapa pemerhati lingkungan menyarankan pengguaan sepeda motor injeksi sebagai pilihan utama karena lebih ramah lingkungan. Proses pembakaran bahan bakar lebih sempurna akan memberikan emisi gas lebih kecil, jadi tak heran bila sangat ramah lingkungan dibandingkan sistem karburator.

4. Proses Service Mesin Tak Butuh Waktu Lama
Berikutnya ketika Anda melihat review mengenai keuntungan dan kerugian sistem injeksi adalah dari segi proses perawatan atau service yang tidak membutuhkan waktu lama. Memang dari proses perawatan motor injeksi tak butuh waktu lama sehingga banyak kalangan menilai motor injeksi bebas perawatan bahkan sekedar membersihkan filter udara, klep motor, dan busi saja. Oleh karena itu jika Anda ingin hemat waktu dan biaya perawatan gunakan motor injeksi.

5. Mesin Lebih Mudah Dihidupkan Di Segala Kondisi Cuaca
Mungkin Anda pernah mengalami satu keadaan dimana mesin motor sangat sulit dihidupkan jika memakai tipe karburator, hal tersebut memang menjadi penyakit dari mesin karburator. Akan tetapi Anda tak menjumpai kendala tersebut ketika menggunakan motor bersistem injeksi. Karakteristik dari mesin motor injeksi adalah lebih mudah dinyalakan tanpa melihat cuaca. Jadi baik suhu mesin dingin ataupun panas masih bisa dinyalakan dengan mudah berkat adanya sensor khusus di mesin.

Informasi seputar keuntungan dan kerugian sistem injeksi kini sudah mengacu pada kerugiannya. Jika tadi Anda sudah mengetahui keuntungan dari penggunaan sistem injeksi, maka berikut ini ada beberapa aspek penting yang membuat Anda merasakan kerugian ketika menggunakan motor bersistem injeksi.

Kerugian Sistem Injeksi Motor

Tidak hanya dari keuntungannya saja, Anda masih bisa mendapatkan kerugian ketika menggunakan sistem motor injeksi. Lalu seperti apa kerugian ketika Anda menggunakan motor bersistem injeksi?

1. Teknologi Injeksi Masih Jarang Ditemukan
Masalah utama dari teknologi baru adalah pemerataannya dimana sampai saat ini teknologi injeksi pada sepeda motor masih belum merata, oleh karena itu tak semua tempat service motor bisa melayani perbaikan ataupun perawatan motor injeksi. Jika Anda ingin mendapatkan perawatan maksimal bisa langsung ke bengkel resmi saja karena sudah terdapat berbagai peralatan khusus. Dari spesifikasi mesin motor injeksi tak bisa dibongkar pasang layaknya mesin karburator, maka dari itu kerugian pertama adalah teknologinya yang masih jarang ditemukan di semua daerah.
Baca Juga : Manfaat dan Cara Membedakan Oli Motor Asli Atau Palsu
2. Harga Sparepart Motor Injeksi Lebih Mahal
Sudah jelas dari keuntungan dan kerugian sistem injeksi adalah penggunaan sparepart dimana pada jenis injeksi akan terasa lebih mahal. Motor injeksi memang relatif lebih mahal dibandingkan motor bersistem karburator, sehingga dari perawatan hingga pembelian sparepart harus diperhatikan agar tak dirasa memberatkan biaya. Jika sepeda motor injeksi Anda mengalami kerusakan sebaiknya persiapkan dana lebih besar untuk biasa perawatannya.

3. Masih Sensitif Terhadap KelistrikanSeperti kita tahu dari masalah sistem injeksi motor adalah kelistrikannya. Oleh sebab itu sistem injeksi masih rentan terhadap masalah kelistrikan, sehingga dari semua bagian mesin dikontrol memakai sensor. Saat terjadi kabel putus maka bisa memberi gangguan kinerja pada komponen lainnya.

Mengenai keuntungan dan kerugian sistem injeksi motor sudah bisa Anda pahami, maka dari itu perhatikan lebih detail mengenai aspek kerugian sampai keuntungannya sebelum benar-benar memilih produknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar