Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 23 Desember 2017

Manfaat Dan Cara Membedakan Oli Motor Asli Atau Palsu

Manfaat Dan Cara Membedakan Oli Motor Asli Atau Palsu

Pengendara motor mungkin sudah menggunakan berbagai macam merk oli untuk memberikan kenyamanan serta perawatan kepada mesin. Rata-rata proses pergantian oli pada sepeda motor bisa mencapai 1 kali dalam kurun 2 bulan ataupun 3 bulan. Sekarang banyak produk oli motor memberikan keunggulan masing-masing mulai dari memberikan efek dingin pada mesin hingga memberikan tarikan motor lebih cepat. Tetapi tahukah Anda bila sekarang ada banyak produk oli palsu masih beredar di pasaran, sehingga Anda wajib tahu seperti apa cara membedakan oli motor agar terhindar dari dampak buruknya.

Seperti kita tahu bahwa dari pergantian oli motor secara rutin bisa memberikan dampak baik terhadap mesin, akan tetapi setiap pengendara belum dipastikan tahu apa saja manfaat terbaik yang bisa didapat ketika Anda melakukan pergantian oli motor secara rutin. Langsung saja kita simak mengenai manfaat kemudian akan kita lanjutkan dengan cara-cara membedakan kualitas oli palsu dan asli.
Baca Juga : Ini Dia Oli Motor Terbaik di Indonesia

Manfaat Ganti Oli Motor Secara Rutin

Ketika Anda sudah menerapkan sistem waktu ganti oli mesin motor secara rutin maka dari dampaknya akan terlihat baik bagi mesin. Berikut ini ada beberapa manfaat bisa didapatkan ketika mengganti oli mesin secara rutin.
1. Bisa Mengurangi Gesekan Pada Mesin Motor
Keuntungan pertama sudah jelas terlihat bahwa dari gesekan pada mesin motor bisa berkurang sehingga nanti berdampak langsung pada tenaga motor. Ketika sebuah motor jarang diganti oli secara rutin maka gesekan mesin akan semakin sering terjadi sehingga tenaga sepeda motor akan semakin berkurang, maka dari itu sebisa mungkin gunakan oli mesin berkualitas terbaik agar gesekan serta keausan motor bisa berkurang.

2. Mendinginkan Mesin
Tidak hanya melihat cara membedakan oli motor saja tetapi Anda wajib tahu mengenai manfaat penggantian oli secara rutin salah satunya mampu mendinginkan mesin secara sempurna. Sudah banyak pengendara sepeda motor merasakan efek baik ketika Anda sering mengganti oli mesin secara rutin sehingga dari performa mesin bisa lebih baik meskipun digunakan menempuh jarak jauh.

3. Pembersih Mesin Motor
Tidak hanya memberikan efek dingin pada mesin saja, Anda masih bisa mendapatkan manfaat terbaik ketika menggunakan oli motor berkualitas terbaik yakni memberishkan mesin motor secara tepat. Ada berbagai macam produk oli menghadirkan manfaat yakni membersihkan mesin secara cepat, maka dari itu gantilah oli motor secara berkala agar kondisi mesin tetap stabil.

4. Sebagai Alat Peredam
Mungkin Anda kurang memahami jika setiap produk oli mesin motor memiliki fungsi sebagai alat peredam. Rata-rata dari produk oli mesin memang memberikan banyak aspek penting salah satunya sebagai alat peredam motor bahkan dari gesekan mesin bisa lebih lembut sehingga dari kondisi motor tidak terlalu banyak mendapatkan getaran.

5. Menghilangkan Karatan Pada Motor
Hal menarik sebelum Anda mengerti tentang cara membedakan oli motor asli dan palsu kenali dulu fungsinya dimana mampu menghilangkan karatan yang sampai sekarang dapat memberikan dampak buruk pada mesin. Karatan pada mesin bisa diakibatkan kualitas oli kurang baik sehingga butuh solusi cepat dan tepat yakni mengganti oli motor secara rutin.

Ada berbagai cara membedakan oli motor yang selama ini bisa memberikan banyak aspek penting di dalamnya. Namun, Anda harus bisa membedakan seperti apa kriteria oli asli dan palsu sehingga nanti akan memberikan manfaat terbaik kepada mesin motor Anda.
Baca Juga : Fungsi Knalpot Sepeda Motor Yang Tidk Kalah Penting

Cara Membedakan Oli Motor Palsu dan Asli

Sebagai pengendara motor wajib mengetahui seperti apa detail dari perbedaan oli palsu dan asli. Maka dari itu perhatikan dari beberapa kriteria berikut ini.

1. Lihat Kemasan Botol
Dari kriteria pertama cobalah lihat dari kemasan botolnya. Rata-rata dari kemasan sudah bisa menandakan bahwa produk tersebut palsu atau asli. Sampai sekarang cara membedakan oli motor sudah bisa didapatkan secara cepat yakni melihat pada segi kemasannya dimana produsen asli tak menggunakan botol kemasan daur ulang di setiap produknya, akan tetapi selalu memberikan ciri produk oli pelumas terbaik miliknya. Sedangkan produk palsu masih cenderung menggunakan kemasan bekas yang didesain ulang menyerupai aslinya.

2. Lihat Dari Label Kemasan
Tidak hanya dari kemasan botol oli saja, dari segi label kemasan juga wajib Anda perhatikan. Pada logo kemasan produk oli asli sudah diberikan hologramic ataupun kode-kode tertentu dimana menjadi satu syarat dari produk oli asli. Sedangkan pada kemasan botol oli bekas juga memperlihatkan tanda berbeda dimana tak ada logo ataupun hologram yang menjadi ciri dari produk asli. Biasanya dari bentuk hologram palsu tidak sama seperti hologram aslinya, jadi Anda bisa melihat lebih detail.

3. Warna Dan Bau Oli
Berikutnya dalam cara membedakan oli motor palsu dan asli bisa terlihat dari warna serta bau oli. Rata-rata dari produk oli bekas memiliki bau menyengat, kemudian dari warnanya juga tidak jernih bahkan terkesan sedikit keruh. Berbeda pada produk oli asli dimana dari segi warna terlihat lebih jernih kemudian baunya juga ciri khas dari sebuah oli.

4. Dari Nomor Identitas Botol Oli
Dari cara membedakan oli motor yang sekarang banyak diandalkan untuk mendapatkan kualitas oli terbaik adalah dari nomor identitas di botol produk. Anda bisa meihat ketersediaan nomor produk sebuah oli asli sehingga nanti bisa terhindar dari produk palsunya.

Sekian banyak produk oli di pasaran masih terdapat kriteria palsu yang menjadi satu momok bagi pemilik sepeda motor. Rata-rata dari produk oli terbaik dan asli sudah memperlihatkan banyak aspek penting di dalamnya termasuk kualitas oli hingga dari sisi kemasannya. Oleh sebab itu Anda wajib mengetahui tentang cara membedakan oli motor yang sekarang sangat dibutuhkan oleh pengendara sepeda motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar