Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 13 Desember 2017

McLaren Senna Hadir Sebagai Hypercar Terbaru Tahun 2018 Mendatang

McLaren Senna Hadir Sebagai Hypercar Terbaru Tahun 2018 Mendatang

Pabrikan hypercar McLaren yang memiliki basis di Inggris ini baru saja memperkenalkan sebuah mobil tercanggih buatan mereka. Mobil tersebut mereka juluki McLaren Senna dan langsung menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta otomotif dunia. Nama Senna diambil dari salah satu legenda balap mereka yaitu Ayrton Senna yang pernah berjaya bersama tim balap formula satu McLaren di tahun 80an silam.

Ayrton Senna menjuarai balap formula satu pertamanya pada tahun 1988 dengan mengendarai mobil besutan McLaren. Dan kini untuk mengenang jasa Ayrton Senna yang telah berhasil mengharumkan nama McLaren dikancah otomotif dunia melalui ajang balapan mobil paling bergengsi di muka bumi yaitu formula satu atau F1 tersebut, maka pihak McLaren mengeluarkan hypercar terbaru mereka dengan menamainya McLaren Senna.

Pihak Maclaren menyebutkna bahwa mobil hypercar tersebut dirancang sebagai mobil balap yang siap digunakan untuk menaklukan lintasan balap atau sirkuit, tetapi tetap legal untuk digunakan dijalan raya. Dengan demikian, hypercar Mclaren Senna ini bisa dibilang menjadi salah satu mobil terganas jalan raya yang pernah di ciptakan dimuka bumi.

Baca Juga : Nissan Kick 2018 Hadir Dengan Fitur dan Tampilan Yang Memukau

Mobil tersebut dibekali dengan jantung mekanis berkonfigurasi mesin 4.0 Liter V8 dan memiliki turbocharged ganda. McLaren Senna ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 800 PS dan memiliki torsi puncak sebesar 800 Nm. Selain itu, mobil ini tergolong sangat ringan karena hanya memiliki bobot seberat 1.198 kg saja. Untuk mendapatkan berat yang ringan tersebut, material chasisnya terbuat dari serat karbon yang terkenal ringan dan sangat kuat.

Chasis yang digunakan pada hypercar Mclaren Senna ini merupakan pengembangan dari chasis yang telah digunakan oleh seri McLaren lainnya yaitu McLaren 720S yang sudah terkenal kehebatannya, sehingga pada mobil terbaru McLaren Senna ini telah memiliki kualitas chasis yang terkuat di antara chasis – chasis yang digunakan oleh produk McLaren lainnya.

Dengan DNA balap yang dimiliki oleh mobil McLaren Senna tersebut, maka diharapkan para pemilik mobil ini nantinya akan mersakan pengalaman yang luar biasa ketika memacunya baik dilintasan balap maupun di jalan umum. Mobil ini menggunakan penggerak roda belakang dan memiliki transmisi otomatis 7 percepatan, serta memiliki beberapa pilihan mode berkendara seperti mode comfort, sport, track dan juga race sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi lintasan atau jalanan yang dilalui. Serta yang tak kalah penting adalah untuk menyesuaikan kemampuan dan keberanian pengendaranya.

McLaren Senna Hadir Sebagai Hypercar Terbaru Tahun 2018 Mendatang

Aerodinamis dari mobil ini juga terinspirasi dari mobil McLaren 720S yang telah terbukti mampu memaksimalkan kinerja kendaraan disegala kondisi. Mobil berkapasitas dua orang tersebut memiliki tombol start yang ada di atas kepala pengemudi atau diatap mobil sehingga menampilkan kesan seperti sedang berada didalam kokpit sebuah pesawat jet.

Rencananya, hypercar dari Mclaren ini akan diproduksi terbatas mulai pertengahan tahun depan sebanyak 500 unit. Tetapi walaupun baru akan hadir tahun 2018 mendatang, ternyata edisi terbatas ini telah memiliki daftar pembelinya masing – masing. Hal ini menandakan bahwa mobil – mobil produksi McLaren telah terbukti kualitasnya sehingga mampu menarik peminat dari seluruh dunia untuk berebut memilikinya.

Mobil Mclaren Senna ini memiliki label harga 750.000 poundsterling atau jika di rupiahkan menjadi sekitar Rp. 13,5 miliar rupiah. Harga tersebut dirasa cukup masuk akal, karena selain ada nilai historisnya yang berupa penggunaan nama dari legenda balap dunia Formula satu Ayrton Senna, hypercar terbaru besutan McLaren ini juga telah dibekali mesin performa tinggi yang siap diajak bermanuver di dua lintasan sekaligus, yaitu di lintasan balap maupun di jalan raya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar