Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 09 Desember 2017

Inilah Mobil Listrik Murah Buatan Wuling Motors

Inilah Mobil Listrik Murah Buatan Wuling Motors

Mobil Listrik Murah Buatan Wuling Motors, Otomo.id
- Wuling Motors yang merupakan produsen mobil asal China ini telah membangun pabrik perakitannya di Indonesia dan baru saja diresmikan pada bulan Juli 2017 yang lalu. Saat ini Wuling Motors juga telah memasarkan salah satu mobil andalan mereka yaitu Wuling Confero S yang berjenis low MPV. Walaupun baru meluncurkan satu produk andalannya di Indonesia, ternyata Wuling Motors telah memproduksi mobil listrik mungil yang berharga murah.

Di China, Wuling Motors berkolaborasi bersama Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) dan juga General Motors (GM) asal Amerika atau biasa disingkat SGMW memproduksi mobil listrik bernama Baojun E100. Mobil listrik tersebut saat ini masih di jual untuk pasar lokal negeri tirai bambu saja. Mobil Baojun E100 ini sekilas mirip dengan Smart ForTwo yang pernah hadir di Indonesia beberapa tahun yang lalu.

Namun sayangnya mobil Smart ForTwo tersebut kurang mendapat respon dari konsumen otomotif Indonesia. Salah satu faktor gagalnya penjualan Smart ForTwo di Indonesai adalah masalah harganya yang mencapai angka lebih dari Rp. 200 juta. Dengan harga tersebut, kendaraan itu dianggap kurang layak untuk dimiliki walaupun telah menyematkan fitur – fitur yang terbilang modern.

Keadaan tersebut bisa dibilang berbeda dengan kendaraan listrik mungil Baojun E100 besutan Wuling Motors. Selain berharga murah, mobil listrik tersebut juga memiliki tenaga yang cukup mumpuni tercatat sebesar 39 HP dan mampu mengeluarkan torsi maksimal hingga 110 Nm. Sumber tenaga Baojun E100 ini berasal dari baterai jenis lithium-ion.

Ketika baterai mobil tersebut terisi penuh, maka Baojun E100 akan mampu berjalan sejauh 155 km sebelum energi listrik pada baterainya habis. Untuk mengisi ulang baterai, mobil ini membutuhkan waktu selama kurang lebih antara 7-8 jam pengisian. Mobil bebas emisi ini diklaim mampu berlari hingga mencapai kecepatan tertinggi 100 km/jam.

Walaupun memiliki dimensi yang kecil, tetapi mobil listrik produksi Wuling Motors tersebut telah dilengkapi berbagai macam fitur atau perangkat kendaraan modern. Sebagai contohnya, mobil listrik ini telah mengadopsi sitem pengereman ABS, memakai electric power steering ( EPS ), electronic brakeforce distribution (EBD), sensor parkir, serta telah memiliki fitur keselamatan ISOFIX.
Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Wuling Confero S Terbaru 2017
Selain yang tersebut diatas, mobil listrik tersebut juga telah dilengkapi dengan perangkat hiburan berupa head unit dengan layar sentuh berukuran 7 inchi dan memiliki fitur wi-fi. Tak ketinggalan, mobil Baojun E100 ini juga telah mengadopsi fitur keyless entry dan merupakan salah satu fitur standar yang banyak digunakan oleh kendaraan mewah saat ini.

Meskipun memiliki berbagai macam fitur unggulan, namun mobil listrik yang telah berseliweran di jalanan negeri China tersebut ternyata dibanderol dengan harga yang cukup murah sekitar Rp. 70 juta-an saja. Tetapi sayangnya mobil tersebut belum dipasarkan di Indonesia. Saat ini pihak Wuling masih menjajaki pasar kendaraan listrik tanah air dan menunggu regulasi Pemerintah tentang keberadaan mobil listrik di tanah air.

Jika suatu saat mobil Baojun E100 ini masuk ke tanah air, kemungkinan harga jualnya juga tetap bisa dipasarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Hal ini bisa dilihat dari harga jual mobil Wuling Confero S yang masih di bawah para pesaingnya di Indonesia, sehingga Baojun E100 dengan segala fiturnya yang mutakhir berpotensi menggoyang keberadaan mobil – mobil LCGC yang saat ini telah membanjiri Indonesia.

Bagi Anda penggemar mobil – mobil keluaran Wuling Motors, maka tunggu saja berbagai kejutan yang akan dibuat oleh Wuling Motors di Indonesia untuk memanjakan dan memuaskan para konsumen setia mereka di tanah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar