Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 23 Desember 2017

Mobil Terbang Switchblade Produksi Samson Motors Siap Mengudara Tahun Depan

Mobil Terbang Switchblade Produksi Samson Motors Siap Mengudara

Dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi khususnya didunia otomotif, maka banyak produsen otomotif berlomba - lomba mengembangkan kendaraan dengan dilengkapi berbagai macam fitur dan teknologi mutakhir , dan salah satunya adalah Samson Motors.

Samson Motors yang merupakan produsen otomotif asal Amerika ini telah mengembangkan sebuah mobil masa depan yang tidak hanya bisa jalan di darat saja, tetapi uniknya mobil besutan mereka juga dapat mengudara layaknya pesawat terbang.

Mobil terbang yang memiliki nama Switchblade tersebut diklaim sebagai mobil sport terbang pertama didunia. Mobil terbang ini didesain untuk menampung dua orang dan memiliki 2 tempat duduk berdampingan serta memiliki bagasi yang mampu mengangkut barang bawaan hingga 25 kg.

Samson Switchblade tersebut mengusung mesin 1,6 liter V4 bertenaga 190 HP dan berpendingin cairan. Mobil terbang yang memiliki 3 roda ini mampu terbang setinggi 13.000 kaki atau setara dengan 3,9 km di atas permukaan tanah.

Seperti yang dikutip dari situs resmi Samson Motors, Switchblade mampu dipacu dijalan raya dengan kecepatan maksimum mencapai 200 km/jam. Dan ketika diajak terbang, maka mobil tersebut bisa melesat jauh lebih cepat lagi dengan kecepatan maksimum diudara mencapai lebih dari 300 km/jam.

Switchblade memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 114 liter dan memiliki tipe oktan 91 atau kalau di Indonesia mobil ini wajib memakai bahan bakar setara pertamax. Dengan tampungan bahan bakar sebanyak itu, maka mobil ini bisa diajak bermanuver sejauh 724 km. Ketika berada di darat, maka sayap dari mobil ini bisa dilipat sehingga dapat digunakan dijalanan umum.

Dan ketika akan melakukan penerbangan, maka sayap dan ekor pesawat bisa dibentangkan. Mobil terbang ini tidak bisa diterbangkan secara vertikal seperti helikopter, sehingga memerlukan landasan pacu dengan jarak yang memadai untuk menerbangkannya.

Ketika didarat, Switchblade memiliki panjang 5,1 meter dan akan bertambah panjang menjadi 6,2 meter ketika ekornya membuka sehingga siap untuk digunakan melakukan penerbangan. Lebar kendaraan ini mencapai 1,8 meter, tinggi 1,5 meter dan memiliki rentang sayap selebar 8,2 meter. Bagi para pemiliknya nanti wajib memiliki dua lisensi berkendara, salah satunya adalah SIM seperti kelengkapan yang wajib dimiliki untuk menjalankan kendaraan darat.

Samson Switchblabe telah dilengkapi berbagai macam fitur mutakhir seperti radio navigasi, ELT (Pemancar Lokasi Darurat), kamera video untuk memonitor keadaan belakang kendaraan , turn-by-turn ground GPS, pemutar mp3, kaca kokpit (instrumen penerbangan), dasbor dengan kelengkapan seperti layar digital selebar 7 inchi Dynon Skyview, Mini iPad, Dynon radio dan transponder, AOA (Angle Of Attack) gauge, kompas dan Dynon intercomm.

Samson Switchblade juga dilengkapi dengan parasut sebagai fitur keamanan standar penerbangan. Samson Motors yang berbasis di Oregon Amerika Serikat ini mengklaim telah siap meluncurkan kendaraan terbang Switchblade tersebut mulai tahun 2018 mendatang dan siap dikirim kepada para konsumen pada akhir 2018. Mobil sport terbang tersebut memiliki tiga model utama, yaitu model snowbird, aurora dan yang terakhir adalah model trek.

Samson Switchblade dibanderol dengan harga yang sangat bersaing yaitu sekitar 120.000 dolar Amerika, jika di rupiahkan akan setara dengan Rp. 1,62 miliar. Mengingat mobil Switchblade ini merupakan mobil yang mampu berjalan didarat dan juga terbang di udara, maka banderol harga tersebut dinilai cukup murah untuk sebuah kendaraan masal yang revolusioner.

Agar diperbolehkan melakukan penerbangan, maka pengendara atau sang pilot wajib mengantongi lisensi penerbangan layaknya seorang pilot pesawat terbang. Jadi bagi Anda yang ingin menerbangkan kendaraan ini, segeralah mengurus lisensi penerbangan dan mulai rasakan sensasi menjadi seorang pilot pribadi tahun depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar