Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 25 Desember 2017

Mengenal Okinawa Praise Skutik Listrik Berharga Murah Asal Negeri Hindustan

Okinawa Praise Skutik Listrik Berharga Murah Asal Negeri Hindustan

Demam skuter matik bertenaga listrik terus berlanjut, hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja tetapi di India pun skuter matik jenis listrik kian digemari oleh konsumen kendaraan roda dua disana. Salah satu prabikan otomotif asal India yang memiliki konsentrasi dalam pembuatan speda motor listrik yakni Okinawa Autotech telah memperkenalkan jagoan baru mereka.

Okinawa Autotech merupakan sebuah perusahaan otomotif roda dua asal India yang telah berdiri sejak tahun 2015 yang lalu dan berkomitmen untuk mengembangkan serta memproduksi sepeda motor jenis skutik listrik. Saat ini perusahaan tersebut baru memiliki dua buah merk motor saja.

Setelah sukses dengan skutik listrik Okinawa Ridge, kini mereka mengeluarkan skutik terbarunya yang bernama Okinawa Praise. Skutik listrik terbaru ini diklaim sebagai skutik bertenaga listrik tercepat yang ada di India. Sepeda motor tersebut mampu berlari dengan kecepatan maksimal mencapai 75 km / jam. Kecepatan tersebut jauh mengungguli Okinawa Ridge yang hanya mampu berlari hingga kecepatan 55 km / jam saja.
Baca Juga : Ini Dia 5 Motor Matic Super Irit
Ketika baterai skutik listrik Okinawa Praise yang menggunakan baterai jenis lead acid tersebut terisis penuh, maka kendaraan ini mampu menempuh jarak skitar 170 km hingga 200 km sekali isi. Tetapi kelemahan skutik listrik pada umumnya juga dimiliki oleh skutik Okinawa Praise ini yaitu pengisian baterai yang memerlukan waktu sangat lama.

Sepeda motor matik bertenaga listrik tersebut memerlukan waktu pengisian selama 6-8 jam agar baterai dapat terisi penuh. Namun demikian, skutik listrik yang memeiliki spesifikasi baterai 72V / 45 Ah VRLA tersebut telah mengadopsi fitur pengisian cepat untuk versi skutik dengan baterai lithium-ion sehingga motor bisa digunakan setelah di charge selama sekitar 2 jam saja.

Desain bodi skutik Okinawa Praise ini terbilang modern , sporty dan enak dipandang. Seperti skutik pada umumnya, bodi motor tersebut terbuat dari bahan plastik dan dibalut warna kuning emas yang dikombinasikan dengan warna hitam sehingga menambah kesan elegan. Selain itu, Okinawa Praise juga menyediakan beberapa macam warna pilihan lainnya.

Dijok bagian belakang telah dilengkapi dengan sandaran sehingga pembonceng bisa duduk dengan lebih nyaman. Untuk lampu depan dan lampu belakang sudah mengadopsi teknologi lampu LED dan skutik ini juga sudah dilengkapi dengan fitur lampu Daytime Running Light (DRL) sehingga dapat memaksimalkan keamanan dari arah depan.

Seperti dikutip dari auto.ndtv yang diterbitkan pada 19 Desember 2017, skutik listrik ini dibekali dengan motor listrik yang memiliki kapasitas mencapai 1000 watt dan bisa menghasilkan tenaga mencapai 2500 watt atau sekitar 3,35 HP. Skutik tersebut memiliki berat yang cukup ringan, yaitu hanya seberat 96 kg saja. Untuk dimensinya, motor Okinawa Praise ini memiliki panjang 1.970 mm, lebar 745 mm, tinggi 1.145 mm, ground clearance 170 mm serta tinggi tempat dudukya mencapai 774 mm.

Sepeda motor ini berdiri diatas roda dengan pelek alloy dan berukuran 90/90 – 12 – tubeless untuk ban depan dan 10 x 3.0 – tubeless untuk ban belakang. Sistem pengereman dari skutik tesebut sudah menggunakan rem cakram depan dan belakang dengan dibekali twin disc brake untuk roda depan serta single disc brake untuk roda belakang.

Untuk menambah kenyamanan dalam berkendara, maka skutik listrik Okinawa Praise tersebut telah menggunakan suspesi depan model telescopic forks dan suspensi belakang menggunakan jenis double shocker with dual tube technology.

Beberapa fitur terkini juga sudah disematkan pada skutik listrik tersebut seperti electronic assist braking system (E-ABS), keyless entry, side stand sensor, anti-theft mechanism serta all-digital instrument cluster. Skutik ini juga menyediakan tempat penyimpanan yang terletak dibawah jok dengan kapasitas mencapai 19,5 liter.

Untuk melengkapai fitur berkendara, maka Okinawa Autotech telah membekali skuter matik terbaru mereka tersebut dengan 3 mode berkendara yaitu Eco, Sporty dan Turbo. Jika pengendara mengaktivkan mode berkendara Eco, maka skutik tersebut hanya akan bisa berlari maksimal dengan kecepatan 35 km/jam saja.

Untuk mode sporty, kecepatan skutik tersebut dibatasi hingga 65 km/jam. Dan ketika pengendara mengaktivkan mode berkendara Turbo, maka skutik Okinawa Praise ini dapat dipacu hingga mencapai kemampuan maksimalnya yaitu sampai menyentuh angka 75 km/jam.

Saat ini Okinawa Praise dibanderol dengan harga sekitar 66,273 Rupee atau sekitar Rp. 14 juta-an. Jika suatu saat skuter matik ini masuk ke tanah air, maka akan bersaing dengan Viar Q1 yang telah lebih dulu menguasai pasar skutik listrik di Indonesia.
Baca Juga : Penjualan Skuter Matic Honda Activa di India Melambung Tinggi
Saat ini skutik listrik Okinawa Praise masih tersedia dengan baterai berjenis lead acid saja. Tetapi mulai awal tahun depan skutik Okinawa Praise yang menggunakan baterai jenis lithium-ion akan segera hadir dengan harga yang sedikit lebih mahal, karena skutik dengan jenis baterai lithium-ion tersebut telah memiliki fitur pengisian cepat dengan lama pengisian hanya 2 jam saja.

Di India, Okinawa Praise belum memiliki rival dikelas yang sama dan bisa dibilang sebagai pemain tunggal, sehingga peluang skutik listrik ini untuk menguasai pasar roda dua India masih terbuka sangat lebar terutama menjadi nomer satu dalam penjualan skutik listrik di negeri Hindustan.

Saat ini perusahaan Okinawa Autotech Pvt. Ltd telah memiliki sebanyak 106 diler yang tersebar di seluruh India. Rencananya, Okinawa Autotech akan menambah diler mereka hingga 150 outlet sampai akhir tahun 2018 mendatang. Dan untuk jangka panjangnya, Okinawa berencana menambah jumlah diler hingga mencapai 500 outlet pada tahun 2020 yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar